Loading...
SAINS
Penulis: BPK PENABUR Jakarta 14:03 WIB | Senin, 19 Juni 2023

Wajib Disimak! Strategi Jitu Masuk Universitas Luar Negeri

Cecilia Gisella Suryadi, Siswa SPK SMAK PENABUR Kelapa Gading (Foto : BPKPENABURJakarta)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM, BEST Students, apakah kalian memiliki mimpi untuk melanjutkan kuliah ke luar negeri? Kalau iya, kalian perlu menyimak sharing dari Cecilia Gisella Suryadi, peserta didik SPK SMAK PENABUR Kelapa Gading yang berhasil mewujudkan impian untuk berkuliah di luar negeri. 

Bagi Gisella, menyusun perencanaan merupakan sebuah tahap penting untuk mencapai tujuan, karena itu dari jauh-jauh hari Ia sudah menetapkan strategi. Berikut strategi jitu ala Gisella yang membuatnya berhasil menerima beberapa tawaran dari universitas luar negeri:

1. Menentukan jurusan kuliah

“Pertama-tama aku menentukan jurusan apa yang akan aku ambil ketika berkuliah nanti. Saat bersekolah aku sangat senang belajar bisnis dan ekonomi, jadi aku memutuskan mengambil jurusan business management.” ujar Gisella.

2. Membuat daftar universitas tujuan

Setelah menentukan jurusan yang dituju, Gisella membuat daftar universitas luar negeri yang memiliki kualifikasi terbaik untuk program yang diminatinya.

“Aku mencatat apa saja ketentuan yang harus dipenuhi dan aku berupaya untuk memenuhinya, sehingga peluang masuk universitas semakin besar.” tutur Gisella.

3. Bergabung dengan NCUK menjadi salah satu pilihan

SPK BPK PENABUR Jakarta telah bekerja sama dengan NCUK, program pra kuliah yang didirikan beberapa universitas ternama di Inggris dan berkolaborasi dengan 45 universitas di dunia.

“Gisella bergabung dengan NCUK dan memulai International Foundation Year (IFY) learning sejak September 2022. Kemudian, pada Januari 2023 Ia menjalankan midterm dan apply  Universities & Colleges Admissions Service (UCAS)  application menggunakan prediksi nilai.” jelas Vita Kusumastuti, Head of Foreign Language Section dan PENABUR International Foundation with NCUK Academic Manager. Vita menambahkan dari program NCUK, Gisella mendapatkan tawaran dari berbagai universitas luar negeri. 

4. Berkoordinasi dengan pihak sekolah 

Gisella menyadari bahwa dukungan dari sekolah akan memudahkan jalan mewujudkan impiannya. Untuk itu Gisella aktif berkoordinasi dengan pihak sekolah. 

“Sekolah mengadakan kelas tambahan. Guru-guru memberiku banyak materi dan latihan soal untuk membantu menyelesaikan tugas (kecuali Matematika) serta ujian dari NCUK dengan mengikuti modul silabus yang ada.” tutur Gisella.

Gisella mengikuti final test pada Mei 2023 dan hasilnya diumumkan 1 Juni 2023. Dari hasil tes tersebut Gisella mendapatkan penawaran dari University of Manchester, University of Bristol, University of Exeter, dan University of Warwick.  Di antara pilihan-pilihan tersebut, Gisella memutuskan melanjutkan kuliah di University of Manchester, “Aku menyukai  management program yang mereka tawarkan.” ujar Gisella.

Gisella berpesan kepada peserta didik yang ingin melanjutkan kuliah di luar negeri untuk selalu rajin belajar dan mendapatkan nilai yang bagus. Kemudian, mengikuti berbagai kompetisi maupun organisasi di sekolah yang sejalan dengan jurusan juga menjadi hal tak kalah penting.

“Jadi, kita memiliki kualitas lain di samping nilai yang bagus dan dapat ditunjukkan kepada admission committee.” ucap Gisella.

Tertarik masuk universitas luar negeri seperti Gisella? Pastikan langkahmu di arah yang tepat bersama SPK SMAK PENABUR Kelapa Gading. Berlokasi di Jl. Boulevard Bukit Gading Raya A5-8, Kelapa Gading, Jakarta Utara, SPK SMAK PENABUR Kelapa Gading menawarkan berbagai program untuk mempersiapkan kalian berkuliah di luar negeri.

Segera daftarkan dirimu dan raih kesempatan mendapatkan cashback Rp. 500.000,- dalam program Last Minute Call selama Juni 2023. Hubungi sekolah BPK PENABUR Jakarta tujuan anda atau klik link berikut ini https://psbjakarta.bpkpenabur.or.id/  untuk pendaftaran siswa baru.

 

Editor : Eti Artayatini


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home