Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 11:21 WIB | Kamis, 22 Januari 2015

WHO: Tidak Ada Kasus Polio Baru dalam Setahun di Suriah

Seorang petugas kesehatan memberikan vaksinasi polio untuk seorang bayi di Damaskus, 20 November 2013 (Foto: voaindonesia.com)

BEIRUT, SATUHARAPAN.COM - Suriah selama satu tahun terakhir tidak melaporkan adanya kasus polio, ungkap Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Rabu (21/1), setelah kampanye imunisasi besar-besaran yang dipicu oleh kemunculan penyakit itu di negara yang tengah dilanda perang tersebut.

Badan itu mengatakan, wabah tersebut tampaknya sudah dapat dikendalikan di Suriah setelah dorongan imunisasi bagi jutaan anak di seluruh Timur Tengah.

“ Ini merupakan tanda yang sangat menggembirakan,  Suriah kembali mendapat status bebas polio, “ kata Chris Maher, manajer pemberantasan polio WHO, kepada AFP.

Dia mengatakan bahwa pencapaian tersebut tidak menjamin bahwa Suriah bebas polio, namun hal tersebut menunjukkan bahwa imunisasi massal tersebut berhasil.

WHO mengonfirmasi wabah polio di Suriah pada akhir 2013, melaporkan sedikitnya 10 kasus penyakit tersebut pada anak dengan tingkat kelumpuhan akut.

Pengumuman tersebut , memicu keprihatinan global dan mendorong upaya antarlembaga dan internasional untuk memvaksinasi jutaan anak di seluruh Timur Tengah.

“ Hingga saat ini, 27 juta anak telah diimunisasi di delapan negara - Suriah, Irak, Lebanon, Yordania, Mesir, Turki, Iran dan Palestina, “ kata WHO.

Maher mengatakan, antara 2,7 hingga tiga juta anak di Suriah sudah diimunisasi selama kampanye di beberapa area yang dikontrol pemberontak, pemerintah dan ekstremis.

Kami secara konsisten sudah menjangkau 85 persen anak di Suriah dalam 12 bulan terakhir,” katanya. (AFP/Ant)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home