Loading...
SAINS
Penulis: Melki 05:15 WIB | Rabu, 21 Agustus 2024

WHO: Vaksinasi Terarah Mpox Ketimbang Vaksinasi Massal

ilustrasi penanganan Mpox. Anadolu/PY

JENEWA, SATUHARAPAN.COM - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan "vaksinasi terarah" dalam upaya melawan cacar jenis mpox, alih-alih vaksinasi massal di wilayah di mana virus tersebut terdeteksi, dengan alasan bahwa menghentikan penyebaran mpox lebih mudah daripada menangani COVID-19.

“Vaksinasi massal tidak direkomendasikan; ini sangat penting. Vaksinasi harus benar-benar terarah di tempat di mana virus menyebar,” kata juru bicara WHO Margaret Harris dalam wawancara eksklusif dengan Anadolu dikutip Selasa (20/8).

Dia mencatat bahwa penyebaran cepat virus ini telah menarik perhatian global dan mengatakan bahwa virus mpox memiliki dua jenis genetik: Clade 1 dan Clade 2.

Harris menyatakan keprihatinan atas jenis baru virus ini, Clade 1b, yang muncul tahun lalu, dengan mengatakan: “Inilah yang kami khawatirkan karena virus ini menyebar sangat cepat. Ini juga memiliki tingkat kematian yang cukup tinggi, terutama di kalangan anak-anak.”

Dengan menekankan bahwa salah satu kekhawatiran utama adalah penyebaran virus yang cepat, dia mengatakan bahwa virus ini menyebabkan lebih banyak kasus pada 2024 dibandingkan dengan 2023, dan bahwa tahun lalu telah mencatat lebih banyak kasus mpox daripada sebelumnya.

Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa untuk sementara jumlah kasus mpox meningkat di bagian timur Republik Demokratik Kongo. Virus tersebut juga menyebar ke Burundi, Rwanda, Uganda, dan Kenya.

“Kami melihat tingkat kematian yang lebih tinggi, sekitar 3 persen dan di kelompok yang sangat rentan, seperti anak-anak kecil, lebih tinggi dari itu," katanya.

"Kami sangat khawatir tentang dampaknya terhadap anak-anak kecil. Sekarang penting untuk memahami bahwa populasi yang terkena dampak penyebaran ini adalah orang-orang yang terlantar akibat konflik. Mereka berada dalam situasi yang sangat genting,” katanya.

Menunjukkan bahwa orang dengan infeksi cacar dan HIV lebih mungkin mengalami bentuk mpox yang lebih parah, Harris mengatakan bahwa mereka memiliki risiko kematian yang lebih tinggi.

Dia mencatat bahwa tidak ada pengobatan khusus untuk virus mpox dan tidak ada obat antivirus untuk melawannya, tetapi pengobatan simptomatik efektif.

Juru bicara WHO mengatakan bahwa orang yang terinfeksi penyakit ini akan mengembangkan ruam kulit, menekankan perlunya pengobatan untuk mencegah infeksi lainnya.

Dia menyarankan bahwa mereka yang terinfeksi virus mpox akan mengalami demam dan membutuhkan obat penurun panas serta pereda nyeri.

Dia menekankan pentingnya pasien menerima perawatan medis dan dapat mengisolasi diri selama proses ini.

Dengan mencatat bahwa vaksin yang dikembangkan untuk cacar efektif melawan mpox, Harris mengatakan: “Vaksin ini direkomendasikan untuk orang-orang yang diketahui telah terpapar".

Disarankan mereka mendapatkannya dalam waktu empat hari setelah terpapar pada seseorang yang diketahui mengidap mpox.

“Kelompok lain yang harus divaksinasi adalah petugas kesehatan di daerah di mana terdapat pandemi yang sedang berlangsung, untuk melindungi mereka. Ada beberapa kelompok lain yang berisiko lebih besar,” paparnya.

Eropa Utara, AS, dan Jepang memiliki sumber daya yang baik untuk stok vaksin, katanya, menambahkan bahwa mereka saat ini bekerja sama erat dengan negara-negara yang memiliki stok dan produsen untuk meningkatkan produksi dan memastikan bahwa stok ini mencapai wilayah yang membutuhkan.

Dia mengatakan mpox adalah virus aktif yang dapat dengan mudah dihentikan, selama mereka yang terkena diidentifikasi, kontak yang baik dengan mereka dijaga, dan langkah-langkah isolasi diterapkan.

Dia menegaskan bahwa tidak perlu lockdown karena wabah ini, tetapi diperlukan pengawasan yang baik untuk menentukan siapa yang sakit dan diagnostik laboratorium yang baik.

Menyarankan orang agar tidak khawatir seolah-olah menghadapi situasi seperti COVID-19, Harris menekankan bahwa virus ini berbeda dan menyebar dengan cara yang berbeda.

“COVID-19 menyebar terutama melalui udara. Yang satu ini menyebar terutama melalui kontak fisik yang sangat dekat. Menghentikan semua hal yang Anda lakukan untuk kontak fisik sebenarnya lebih mudah daripada ketika Anda memiliki sesuatu yang menyebar melalui udara,” katanya.

“Namun, kami tidak ingin ini menyebar ke seluruh dunia dan menjadi pandemi, karena, sekali lagi, itu akan memberikan tekanan pada sistem kesehatan. Itu adalah alasan untuk menyatakan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional untuk mencegah pandemi.

“Tentu saja, itulah sebabnya kami memiliki perjanjian pandemi yang sedang kami selesaikan dan coba sepakati sehingga setiap kali kami menghadapi situasi seperti itu, kami memiliki sistem yang dapat bekerja dengan sangat cepat dan menghentikan ancaman menjadi pandemi,” tambahnya.

Harris menunjukkan bahwa Pakistan dan Swedia telah melaporkan kasus mpox, menyoroti pentingnya kedua negara ini dalam mendeteksi dan melaporkan kasus dengan cepat.

Dia juga menekankan pentingnya semua negara melaporkan kasus secara transparan, karena transparansi ini berkontribusi pada perjuangan melawan penyakit tersebut.

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home