Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 14:19 WIB | Rabu, 20 Desember 2023

Yordania Serang Kelompok Penyelundup Narkoba dan Senjata di Perbatasan dengan Suriah

Narkotika disita dari penyelundupan kelompok yang didukung Iran di Suriah ke Yordania berhasil. Yordania gunakan drone untuk menyerang persembunyian penyelundup. (Foto: dok. Ist)

AMMAN, SATUHATAPAN.COM-Yordania pada Senin (18/12) melancarkan beberapa serangan udara di Suriah di sepanjang perbatasannya dengan negara tetangganya di utara terhadap tempat persembunyian penyelundup narkoba yang didukung Iran sebagai pembalasan terhadap operasi penyelundupan skala besar, kata sumber intelijen regional.

Tentara mengatakan pada hari Senin (18/12) bahwa mereka menggagalkan rencana puluhan penyusup dari Suriah yang terkait dengan milisi pro Iran, yang melintasi perbatasannya dengan peluncur roket, ranjau anti-personil, dan bahan peledak.

Stasiun penyiaran negara al-Mamlaka mengatakan tentara meledakkan sebuah kendaraan yang berisi bahan peledak ketika mereka menentang operasi bersenjata lintas batas terbesar untuk menyelundupkan senjata dan obat-obatan dalam beberapa tahun terakhir.

Para pejabat Yordania, seperti halnya sekutu Barat mereka, mengatakan bahwa kelompok Hizbullah Lebanon yang didukung Iran dan milisi yang menguasai sebagian besar wilayah selatan Suriah berada di balik peningkatan penyelundupan narkoba dan senjata.

“Yordania tahu negara yang mendukung hal ini. Iranlah yang mensponsori milisi-milisi ini. Ini adalah tindakan militer yang bermusuhan terhadap Yordania di wilayahnya,” kata Samih Maayteh, mantan menteri yang diberi pengarahan oleh para pejabat mengenai perkembangannya.

Iran dan Hizbullah mengatakan tuduhan tersebut adalah bagian dari rencana Barat terhadap negara tersebut. Suriah membantah terlibat dengan milisi dukungan Iran yang terkait dengan tentara dan pasukan keamanannya. (Reuters/ Al Arabiya)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home