Loading...
INSPIRASI
Penulis: Trisno S Sutanto 11:22 WIB | Jumat, 12 April 2013

Jalan Cinta

POSTER itu sederhana, tapi pesannya sungguh menyentuh. Sepasang kekasih yang sudah uzur sedang berjalan sembari berpelukan menyusuri trotoar pertokoan. Tangan kiri si kakek memegang tongkat yang membantunya berjalan, sementara tangan kanannya mendekap erat bahu kekasih di sebelahnya. Dan tertulis pesan ini: Falling in love is easy. But staying in love is very SPECIAL.

Tak seorang pun tahu dari mana kalimat anonim itu berasal. Tapi pesannya benar: Orang memang dengan mudah untuk  "jatuh cinta", dan kerap pada pandangan pertama yang membuat mabok kepayang, saat panah asmara menembus hati dua sejoli. Tetapi mempertahankan dan menghidupi "jalan cinta" memang butuh usaha spesial.

Di sini, pesan poster yang beredar luas di dunia maya tanpa hak cipta, mendapat greget lain, bahwa urusan cinta bukan soal luapan sesaat, seperti seseorang yang tergelincir lalu "jatuh cinta". Saya kira gambaran cinta seperti itu, yang celakanya sangat sering dilukiskan lewat novel dan film, hanyalah romantisme picisan yang perlahan pesonanya akan hilang bersama lalunya waktu. 

Sebaliknya cinta, jika memang sungguh-sungguh, adalah suatu petualangan bersama mengarungi kehidupan. Suatu perjalanan yang harus dihidupi, dihayati, diteguhkan, dan dijalani setiap saat "sampai ajal memisahkan kita". Dan untuk itu tidak dibutuhkan romantisme picisan, melainkan komitmen guna menjalaninya.

Anda siap?

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home