Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 09:15 WIB | Jumat, 06 Desember 2013

15 Kutipan Terbaik dari Nelson Mandela

Mandela di hadapan pendukungnya pada 25 Februari 1990, beberapa hari setelah ia bebas dari penjara. (Foto: AFP)

CAPE TOWN, SATUHARAPAN.COM –  Nelson Mandela, mantan presiden Afrika Selatan dan pemenang Hadiah Nobel Perdamaian, telah wafat. Sepanjang hidupnya yang panjang, 95 tahun, Mandela menginspirasi hidup banyak orang. Berikut ini adalah kumpulan kutipan yang merefleksikan semangatnya :

1) “Kesulitan menjadi penghalang bagi beberapa orang, tapi malah jadi pendorong bagi orang lain. Tidak ada kapak yang cukup tajam untuk memotong semangat seorang pendosa untuk terus mencoba, seseorang yang dipersenjatai dengan harapan bahwa ia akan bangkit bahkan sampai kesudahannya.”

2) “Sesuatu akan selalu tampak mustahil sampai hal tersebut selesai dikerjakan.”

3) “Jika saya punya waktu lebih, saya akan melakukan hal yang sama lagi. Jadi, tidak setiap laki-laki berani menyebut dirinya laki-laki.”

4) “Saya menyukai teman-teman yang memiliki pikiran bebas karena mereka cenderung membuat Anda melihat masalah dari semua sudut.”

5) “Pemimpin sejati harus siap mengorbankan semua untuk kebebasan rakyat mereka.”

6) “Perhatian mendasar bagi orang lain dalam kehidupan individu dan masyarakat akan beriringan untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik. Kami begitu bersemangat memimpikan itu.”

7) “Setiap orang mampu bangkit dari keadaan mereka dan mencapai sukses jika mereka mendedikasikan dan bergairah dengan hal-hal yang mereka lakukan.”

8) “Pendidikan adalah senjata paling ampuh yang dapat Anda gunakan untuk mengubah dunia.”

9) “Saya belajar bahwa keberanian bukanlah ketiadaan rasa takut, tetapi kemenangan atasnya. Orang pemberani bukanlah orang yang tidak merasa takut, tapi dia yang menang atas rasa takut itu.”

10) “Untuk menjadi bebas tidak hanya untuk membuang rantai seseorang, tetapi untuk hidup dengan cara yang menghormati dan meningkatkan kebebasan orang lain.”

11) “Kebencian seperti meminum racun dan kemudian berharap racun itu akan membunuh musuh-musuh Anda.”

12) “Memimpin dari belakang—dan membiarkan orang lain percaya bahwa mereka berada di depan.”

13) “Jangan menilai saya dengan keberhasilan saya, nilailah saya dengan berapa kali saya jatuh dan bangkit lagi.”

14) “Saya sangat benci diskriminasi ras dan segala manifestasinya.  Saya telah berjuang melawan itu semua selama hidup saya. Saya melawannya sekarang, dan akan melakukannya sampai akhir hayat saya.”

15) “Seorang kepala yang baik dan hati yang baik selalu kombinasi yang tangguh.” (usatoday)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home