Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 19:31 WIB | Selasa, 01 Oktober 2024

580 Anggota DPR dan 152 Anggota DPD Dilantik, Dibentuk Delapan Fraksi

580 Anggota DPR dan 152 Anggota DPD Dilantik, Dibentuk Delapan Fraksi
Anggota DPR RI periode 2024-2029 tertua dari Partai Demokrat Zulfikar Achmad (kiri) didampingi anggota DPR termuda dari Partai Gerindra Annisa MA Mahesa (kanan) memimpin rapat paripurna perdana di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024). (Foto-foto: Antara)
580 Anggota DPR dan 152 Anggota DPD Dilantik, Dibentuk Delapan Fraksi
Pengambilan sumpah pelantikan angghota DPR RI dan DPD.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Sebanyak 580 Anggota DPR RI dan 152 Anggota DPD RI yang terpilih berdasarkan Surat Keputusan KPU RI tentang hasil Pemilu Legislatif 2024 untuk periode 2024-2029, dilantik pada hari  Selasa ( 1/10) ini di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta.

Anggota DPR yang dilantik bertambah dari 575 menjadi 580 orang, sedangkan Anggota DPD RI bertambah dari 136 menjadi 152 orang. Adapun partai politik yang lolos itu yakni PDIP, Partai Golkar, Partai Gerindra, PKB, Partai NasDem, PKS, Partai Demokrat, dan PAN.

Rapat Paripurna DPR RI pada hari Selasa menetapkan delapan fraksi DPR RI untuk masa keanggotaan 2024--2029.

Delapan fraksi tersebut adalah fraksi PDI Perjuangan, fraksi Partai Golkar, fraksi Partai Gerindra, fraksi Partai NasDem, fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, fraksi Partai Keadilan Sejahtera, fraksi Partai Amanat Nasional, dan fraksi Partai Demokrat.

"Dapat disetujui untuk menjadi fraksi-fraksi yang sah di DPR RI masa keanggotaan 2024-2029 beserta susunan kepengurusan fraksi, saya minta pendapat, setuju? Terima kasih," kata Ketua DPR RI sementara, Guntur Sasono, yang dijawab setuju secara serempak di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta.

Pada kesempatan itu, dia juga mengingatkan agar fraksi yang belum mengungkapkan daftar pimpinan dalam Rapat Paripurna untuk segera menyampaikan-nya. Berikut susunan fraksi di DPR RI periode 2024-2029:

  1. Fraksi PDI Perjuangan (belum menyampaikan susunan fraksi)
  2. Fraksi Partai Golongan Karya (Ketua: Muhammad Sarmuji,Sekretaris: Mukhtarudin,Bendahara: Sari Yuliati)
  3. Fraksi Partai Gerindra (Ketua: Budisatrio Djiwandono, Sekretaris: Bambang Haryadi, Bendahara: Novita Wijayanti)
  4. ​​​Fraksi Partai NasDem (Ketua: Victor Bungtilu Laiskodat, Sekretaris: Ahmad Sahroni, Bendahara: Nafa Urbach)
  5. ​​​​​​​Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (Ketua: Jazilul Fawaid, Sekretaris: Anggia Erma Rini, Bendahara: Rano Alfath)
  6. ​​​​​​​Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (Penasehat: Hidayat Nur Wahid, Ahmad Heryawan, Mohamad Sohibul Iman, Ketua: Jazuli Juwaini, Wakil Ketua I: Sukamta, Wakil Ketua II: Amin, Wakil Ketua III: Netty Prasetiyani, Wakil Ketua IV: Ecky Awal Mucharam, Wakil Ketua V: Adang Daradjatun, Sekretaris: Ledia Hanifa, Wakil Sekretaris: Habib Idrus Salim Aljufri, Bendahara: Kurniasih Mufidayati, Wakil Bendahara: Ismail)
  7. ​​​​​​​Fraksi Partai Amanat Nasional (belum menyampaikan susunan fraksi)
  8. Fraksi Partai Demokrat (Ketua: Edhie Baskoro Yudhoyono).

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home