Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:06 WIB | Selasa, 01 Oktober 2024

60 Korban Tuduh Pelecehan Seksual Oleh Mantan Bos Harrods Al-Fayed

Mohamed al-Fayed. (Foto: dok. AFP)

LONDON, SATUHARAPAN.COM-Sekitar 60 perempuan telah maju untuk menuduh bahwa mereka telah dilecehkan secara seksual oleh mantan pemilik Harrods, Mohamed al-Fayed, kata pengacara yang mewakili mereka pada hari Jumat (27/9).

Sebuah dokumenter BBC pekan lalu menayangkan klaim oleh para perempuan bahwa al-Fayed, yang meninggal tahun lalu pada usia 94 tahun, memperkosa dan melakukan pelecehan seksual terhadap mereka selama ia memiliki department store mewah tersebut.

Tuduhan tersebut menjadikan miliarder Mesir tersebut sebagai tokoh penting terbaru yang bergabung dalam daftar orang-orang kaya dan berkuasa, seperti produser Hollywood, Harvey Weinstein, yang dipermalukan oleh tuduhan pelecehan seksual.

"Responsnya sungguh luar biasa," kata pengacara dalam sebuah pernyataan. "Kami dapat mengonfirmasi bahwa kami sekarang mewakili 60 korban sebagai bagian dari klaim kami, dan masih banyak lagi yang akan datang."

Tim hukum mengatakan bahwa sejak mengumumkan hal tersebut ke publik menyusul pengungkapan di televisi, mereka telah dihubungi oleh orang-orang dari seluruh dunia.

“Klaim kami semakin mendunia... Kami menduga bahwa ke mana pun Mohamed al-Fayed pergi, pelecehan akan terjadi,” bunyi pernyataan tersebut. “Sayangnya, hal ini terbukti benar.”

“Kami sekarang memiliki bukti kredibel tentang pelecehan di properti dan bisnis al-Fayed lainnya, termasuk Fulham Football Club.”

Jaksa penuntut Inggris mengatakan bahwa mereka telah dua kali menerima bukti terhadap al-Fayed.

Pola Pelecehan

Pada tahun 2008, Fayed dituduh melakukan kekerasan seksual terhadap seorang gadis berusia 15 tahun dan Crown Prosecution Service (CPS) meninjau bukti pada tahun 2009.

Pada tahun 2013, ia dituduh memperkosa seorang perempuan, sebuah klaim yang diselidiki pada tahun 2015.

Dalam kedua kasus tersebut, CPS, yang memutuskan penuntutan di Inggris dan Wales, mengatakan tidak ada "prospek hukuman yang realistis" dan tidak mengajukan tuntutan terhadap pimpinan Harrods.

Para pengacara mengatakan mereka akan terus menanggapi pertanyaan dari calon korban atau saksi dan menyerukan "proses yang independen dan transparan untuk mengevaluasi dan mengadili klaim-klaim ini."

Para perempuan yang mereka wakili, kata mereka, telah "kehilangan kepercayaan pada Harrods dan proses mereka."

Direktur pelaksana Harrods, Michael Ward, mengatakan pekan ini mantan bosnya memimpin "budaya kerahasiaan, intimidasi, ketakutan akan hukuman, dan pelecehan seksual yang beracun."

Namun, ia mengatakan bahwa ia tidak "menyadari tindak pidana dan pelecehan yang dilakukannya" dan mengungkapkan "rasa ngeri pribadinya atas pengungkapan tersebut."

Para penuduh Al-Fayed mengatakan bahwa penyerangan tersebut terjadi di apartemennya di London dan propertinya di Paris, termasuk hotel Ritz. Tuduhan tersebut mencakup pola berulang dari para perempuan yang menjalani proses seleksi untuk posisi yang dekat dengan al-Fayed.

Setelah dipilih, mereka menjadi sasaran pemeriksaan ginekologi "invasif", yang hasilnya dibagikan kepada al-Fayed. Para perempuan tersebut mengatakan bahwa ketika mereka mencoba untuk mengeluhkan pelecehan yang mereka alami, mereka diancam oleh staf keamanan senior, diturunkan jabatannya, dan menjadi sasaran tuduhan palsu hingga mereka "tidak punya pilihan" selain meninggalkan Harrods.

Al-Fayed menjual Harrods kepada cabang investasi dana kekayaan negara Qatar dengan harga yang dilaporkan sebesar £1,5 miliar (US$2,2 miliar). Ia juga memiliki Klub Sepak Bola Fulham. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home