8 Monumen Ikon Hubungan Antaragama
SATUHARAPAN.COM – Delapan monumen ini menjadi simbol dialog dan hubungan antaragama. Ini adalah bangunan atau struktur yang dibuat untuk memperingati orang, peristiwa, atau ikatan sosial yang memiliki arti penting dalam hal meningkatkan hubungan antara agama Islam, Kristen, dan Yahudi.
Huffingtonpost.com, Selasa (3/2) mencatat delapan monumen ini ada di Benua Asia, Afrika, Eropa, dan Amerika Utara, di negara-negara seperti Israel, Turki, India, Mesir, dan Amerika Serikat. Monumen menerangkan tokoh-tokoh kunci sepanjang sejarah, serta peristiwa-peristiwa penting yang telah membentuk Yahudi, Kristen, dan Islam selama 1.000 tahun terakhir.
Gereja Makam Kudus, Yerusalem
The Church of the Holy Sepulchre (Gereja Makam Kudus) adalah tempat ziarah paling dihormati di dunia Kristen. Gereja itu berdiri di Kota Tua Yerusalem. Gereja Makam Kudus dibangun di lokasi yang dipercaya sebagai tempat penyaliban, makam, dan kebangkitan Yesus Kristus. Gereja ini punya juru kunci dua keluarga Muslim Palestina—Nuseibeh dan Joudeh—selama lebih dari 1.000 tahun.
Makam Kudus memiliki kerumitan tersendiri karena dikelola oleh lima denominasi Kristen yang berbeda: Katolik Roma, Ortodoks Yunani, Ortodoks Armenia, Koptik dan Ortodoks Siria, dan Ortodoks Ethiopia. Pada beberapa kesempatan selama bertahun-tahun, faksi-faksi Kristen ini bertengkar satu sama lain tentang siapa yang mengontrol ruang dalam gereja. Keluarga Nuseibeh dan Joudeh membantu menjaga perdamaian antara kelompok-kelompok yang bersaing.
Patung Maimonides di Kawasan Yahudi, Cordoba, Spanyol
âDi Lapangan Tiberiadus di Wilayah Yahudi Cordoba, Spanyol, berdiri patung Moses Maimonides, seorang filsuf Yahudi yang besar yang dikenal sebagai pemimpin intelektual di bawah kekuasaan Islam.
Antara 711 dan 1085, Pemerintah Muslim Spanyol melanjutkan masyarakat harmonis di bawah prinsip convivencia yang secara harfiah dapat diterjemahkan sebagai “hidup harmonis bersama-sama” atau “saling bertoleransi”. Kebijakan menjadi lambang “Masa Emas Yahudi” dengan Maimonides adalah bintangnya.
Maimonides adalah pakar paling terbaik, menghasilkan teks Yahudi kunci seperti “Mishneh Taurat”, teks 14-volume pada hukum Yahudi, dan karyanya yang paling terkenal, “Panduan untuk yang Bingung", tentang keseimbangan antara agama dan pengetahuan sekuler. Kepakarannya tidak hanya dipengaruhi oleh Plato dan filsafat Yunani, tetapi juga Al-Ghazali dan pikiran Sufi.
Patung Maimonides melambangkan toleransi dan saling mengagumi antara Muslim dan Yahudi. Patung ini juga berfungsi sebagai penghubung antara pemikiran Kristen dan Yahudi. Karya hidupnya di Spanyol mengingatkan kita akan kekuatan dalam kata besar Yahudi “tikkun olam,” “untuk menyembuhkan dunia yang retak.”
Tri-Faith Center, Omaha, Nebraska
âTri-Faith Initiative, sebuah organisasi lintas agama di Omaha, Nebraska, baru-baru ini mengembangkan rencana untuk membangun Tri-Faith Center. Konsepnya adalah untuk “membangun sebuah tempat ibadah Yahudi, pusat Islam, dan gereja Episkopal, semua pada satu properti dan dihubungkan oleh jalan setapak yang bertemu di tri-faith center. Ini dimaksudkan untuk mendorong pendidikan dan pemahaman.” Para arsitek sengaja membangun struktur ini saling berdampingan untuk mendidik masyarakat tentang pentingnya dialog antaragama.
Menurut website Initiative, Tri-Faith Center “akan menyambut orang-orang dari semua agama dan akan menjadi model untuk ko-eksistensi damai yang dibangun di atas janji Amerika akan kebebasan beragama dan keinginan kita semua untuk saling memahami.”
Berita terbaru menunjukkan bahwa Initiative terancam menjadi “Bi-Faith”—atau hanya Kristen dan Yahudi—masih ada harapan untuk penciptaan Tri-Faith Center. Proyek ini menunjukkan bahwa tiga agama bisa belajar “untuk hidup bersama dalam damai tanpa mempermudah iman siapa pun.”
Makam Jalaludin Rumi, Konya, Turki
Bangunan ini megah, yang berfungsi baik sebagai museum dan petilasan adalah tempat peristirahatan Jalaluddin Rumi, penyair mistik Sufi Muslim abad ke-13 yang populer disebut sebagai Rumi.
Puisi luhur indah Rumi sering menyinggung pluralisme dan cinta kemanusiaan dengan berfokus pada betapa kelompok-kelompok seperti Yahudi, Kristen, dan Muslim memiliki banyak kesamaan. Filosofi hidupnya tercermin dalam baris berikut:
Siapa pun Anda, silakan datang
Meskipun Anda mungkin
Kafir, tak beragama, atau penyembah api, silakan datang
Persaudaraan kita tidak akan kehilangan harapan
Meskipun Anda telah rusak
Bertobat ratusan kali, silakan datang.
Tema memayungi dalam puisi Rumi adalah cinta abadi-Nya tidak hanya untuk umat Islam, tetapi untuk seluruh umat manusia. Dalam puisinya “Cinta adalah Guru”, ia menggambarkan dirinya sebagai orang yang “dikuasai sepenuhnya oleh kasih.” Puisi lain, “Aku Anak Cinta”, menyatakan, “Cinta adalah agama saya dan iman saya ... Tuhan saya adalah cinta.” Jelas Rumi tidak membatasi kasih sayang sekadar kepada orang-orang terdekat dengannya.
Setiap tahun pada 17 Desember, peziarah dari seluruh dunia turun atas kuil ini untuk merayakan kehidupan mistikus besar ini. Dalam melakukan ini, peziarah menjembatani dunia Islam dan Barat pada periode ini di tengah ketidakpercayaan yang besar dan kekerasan.
Sinagoga Bradford Reformasi, Bradford, UK
Sinagoga Bradford Reformasi berada di jalan Yorkshire Tandoori, Toko Pakaian Al-hijab dan Jamia Shan-E-Islam Educational Centre. Dibangun pada 1880, sinagoga telah lama berada di bawah ancaman penutupan, tetapi beberapa organisasi Muslim di kota baru-baru ini mengangkat sejumlah besar uang untuk menyelamatkan komunitas Yahudi kecil ini.
Zulfi Karim, Sekretaris Dewan Masjid Bradford, memelopori kampanye penggalangan dana. Dia sekarang menyebut Rudi Leavor, rabi sinagoga itu, sebagai “kakak”. Karim menambahkan, “Sinagoga ini membuat saya bangga bahwa kita dapat melindungi tetangga kita dan pada saat yang sama melestarikan bagian penting dari warisan budaya Bradford.”
Upaya Muslim untuk menyelamatkan rumah ibadat menghancurkan mitos bahwa orang-orang Yahudi dan Muslim adalah musuh abadi. Tidak ada yang bisa lebih penting daripada tindakan kebaikan mengingat permusuhan Yahudi-Muslim telah meningkat di seluruh dunia selama beberapa tahun terakhir.
Hagia Sophia, Istanbul, Turki
Hagia Sophia, sebuah bangunan besar yang berarti “Kebijaksanaan Suci”, terletak di jantung Kota Istanbul, dan telah menjadi gereja atau masjid sejak pembentukannya oleh Kaisar Bizantium Justinian pada 537.
Pada saat pembangunannya, gereja didedikasikan untuk Logos, Kebijaksanaan Allah, atau pribadi kedua dari Tritunggal Kudus. Bangunan, yang diubah menjadi masjid setelah Konstantinopel (Istanbul modern) ditaklukkan oleh Ottoman Turki pada 1453, menginspirasi arsitek Muslim yang kemudian melanjutkan untuk merancang beberapa masjid paling mengagumkan di Istanbul.
Hagia Sophia tidak lagi menjadi tempat ibadah, melainkan “museum antaragama” yang menampilkan seni dan peninggalan dari Kristen dan sejarah yang mulia Islam. Bangunan mewakili bagaimana kedua agama besar ini selamanya terkait dengan satu sama lain.
Parlemen Turki baru-baru ini memperkenalkan RUU yang akan mengubah status Hagia Sophia dari sebuah museum, yang telah sejak tahun 1935, untuk masjid. Mengubah Kebijaksanaan Suci dari monumen interfaith menjadi masjid “bisa makin merenggangkan hubungan pemerintah Turki rakyat minoritas Kristennya.”
Biara Saint Catherine, Gunung Sinai, Mesir
Salah satu komunitas Kristen tertua di dunia, Biara Saint Catherine di Gunung Sinai, Mesir adalah rumah bagi perjanjian Nabi Muhammad tempat ia menjamin perlindungan bagi biarawan Kristen dan kebebasan beragama. Biara ini, yang adalah Situs Warisan Dunia UNESCO, merupakan simbol toleransi dan dialog antara Kristen dan Muslim.
John Andrew Morrow, dalam bukunya “Perjanjian Nabi Muhammad dengan Kristen Dunia”, menyediakan perincian tentang asal-usul dan pentingnya perjanjian ini. Morrow mencatat dalam bukunya, Nabi Muhammad berharap bahwa umat Islam akan masuk ke ikatan solidaritas spiritual dengan non-Muslim di tengah-tengah mereka.
Saint Catherine baru-baru ini menjadi berita karena Ahmed Ragai Attiya, seorang jenderal Mesir, menyerukan pembongkaran beberapa gereja dan biara. Tindakan ini akan menjadi pengkhianatan yang mengerikan pesan perdamaian Nabi Muhammad dan niat baik untuk orang-orang Kristen di seluruh dunia.
Ibidat Khana, Fatehpur Sikri, India
Akbar Agung, Kaisar Mughal pada pertengahan-ke-akhir abad ke-16, membangun Ibidat Khana, atau “Rumah Penyembahan” di Kota Fatehpur Sikri, India. Tujuan asli dari Khana adalah untuk melayani umat Islam karena mereka terlibat dalam diskusi dan debat mengenai Islam.
Namun, saat peristiwa ini terbentuk, Akbar menjadi frustrasi dengan perdebatan kecil dalam struktur. Karena marah dengan umat Islam yang membahas praktik keagamaan dan Allah melalui spektrum Islam yang sempit, Kaisar Mughal mengubah Khana menjadi bangunan tempat orang dari semua agama bisa berkumpul untuk berpartisipasi dalam dialog antaragama. Seorang sejarawan menyebutnya gedung tempat “Kebijaksanaan dan perbuatan akan diuji ... Mereka yang berdiri di atas kebenaran memasuki aula penerimaan.”
Ibidat Khana menjadi simbol warisan Akbar Agung. Sejarawan Muhammad Abdul Baki mengatakan bahwa Akbar “akan mengakui tidak ada perbedaan antara (agama), objeknya yang menyatukan semua orang dalam ikatan umum perdamaian.”
Meskipun Ibidat Khana tidak ada lagi ada, perjalanan ke dasar Kekaisaran Mughal di Fatehpur Sikri tetap dapat meningkatkan semangat dalam memuji Allah.
Tentang interfaith, Anda bisa baca juga:
- 14 Momen Religi 2014 yang Beri Pengharapan 2015
- Orang Kristen, Muslim, Yahudi, Bersatu di Kebun Kopi
- Pemuda Kristen, Muslim, Yahudi Upayakan Keadilan Iklim
- Pemimpin Muslim - Kristen 5 Negara Afrika Sepakati Deklarasi Perdamaian
- Youth Interfaith Camp: Menyimpul Generasi Duta Damai
- Kisah Keluarga Muslim Juru Kunci Makam Yesus Kristus
Jaktim Luncurkan Sekolah Online Lansia
JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur meluncurkan Sekolah Lansia Onl...