Loading...
INDONESIA
Penulis: Nuke Ernawati 09:25 WIB | Senin, 05 Agustus 2013

Agar Mudik Menyenangkan, Ini Tipsnya

Mudik, momen yang banyak ditunggu orang. Seperti kebiasaan setiap tahun, mudik dengan menggunakan mobil tetap menjadi pilihan favorit karena memudahkan mobilitas di kampung halaman.

SATUHARAPAN.COM - Lebaran sebentar lagi, senang rasanya. Menyambut kemenangan di hari nan Fitri, paling tepat memang bersama sanak saudara. Mudik adalah jawabannya. Kembali ke kampung halaman saat Lebaran setelah bekerja keras selama setahun di perantauan memang sesuatu yang indah. Ritual tahunan ini, hampir dilakukan mayoritas rakyat Indonesia.

Bila Anda akan melakukan mudik dengan mengendarai mobil pribadi, tentunya sudah siap dengan risiko macet di jalan. Karena sekali lagi, mudik sudah menjadi ritual tahunan di Indonesia. Jalur-jalur padat kendaraan itu terutama di sepanjang Pulau Jawa dan Sumatra. Nah, sebagai pengendara, Anda tentunya harus siap baik, mental maupun fisik dalam melakukan perjalanan untuk berkumpul orangtua dan sanak saudara ini. Berikut tips yang dapat membuat Anda dan keluarga, bisa melakukan mudik dengan senang:

 

Persiapan Mental:

  1. Berdoa. Menyerahkan diri kepada Tuhan dan memohon penyertaannya dalam perjalanan, adalah "bahan bakar utama" mudik Anda.
  1. Mengemudilah dengan santai, tanpa target dan jangan membayangkan seberapa macet perjalanan dan sebagainya.
  1. Sesekali mengobrol dengan anggota keluarga di dalam mobil dan usahakan topik obrolan yang lucu dan membuat hati riang,
  1. Usahakan ada satu orang yang terjaga menemani pengemudi. Jangan biarkan pengemudi sendirian terjaga, sementara yang lainnya tidur.
  1. Bernyanyilah atau bersiul akan mengurangi rasa stres karena penat mengemudi.
  1. Istirahatlah bila mengantuk atau setiap 6 jam. Jadi usahakan ada pengemudi pengganti. Batas toleransi mengemudi terus menerus adalah 6 jam. Istirahat selama sejam adalah untuk memulihkan mental dan fisik.

Persiapan Fisik:

1. Persiapkan kondisi mobil Anda dengan matang. Maksudnya, sebelum berangkat untuk menempuh jarak jauh, cek dulu kelengkapan fisik kendaraan, apakah AC sudah dalam kondisi mantap untuk mendinginkan kabin, kemudian mesin, ban dan sebagainya. Bila perlu, bawa kendaraan Anda untuk servis terlebih dahulu.

2. Cucilah mobil Anda. Ini penting, bukan saja supaya kendaraan enak dilihat tetapi kebersihan kabin terutama akan membuat Anda sekeluarga akan menjadi nyaman dan tidak stres saat berjam-jam berada di dalam mobil.

3. Agar tidak bosan dan perjalanan menjadi menyenangkan, tekuk atau copot salah satu jok mobil Anda sehingga, ada ruang lapang yang cukup bagi satu orang, untuk rebah. Perjalanan yang menjemukan selama berjam-jam akan menimbulkan badan pegal dan ingin berbaring. Jok mobil memang bisa direbahkan, tetapi tentunya tidak sampai 180 derajat. Nah, bila Anda memergunakan sedan dan anggota keluarga seluruhnya ada 4, maka ambillah kasur untuk menyumpal jarak antara jok belakang dan depan. Kasur ini akan memerluas jok belakang sehingga anak Anda bisa tidur secara berbaring. Saat mereka ingin duduk pun tetap bisa. Bila Anda mempergunakan mobil MPV atau SUV, Anda lebih mudah berkreasi menata kabin mobil untuk mudik ini.

4. Tempatkan barang bawaan hanya di bagasi saja, jangan di dalam kabin mobil. Mudik pasti membawa sejumlah barang bawaan dan oleh-oleh. Usahakan barang-barang ini ditempatkan di bagian bagasi saja. Jangan di dalam mobil karena akan membuat sumpek. Sumpek di kabin akan memengaruhi pengemudi dan juga semua yang ada di dalam mobil. Ujung-ujungnya adalah stres.

5. Sediakan kantong plastik untuk sampah, dan buanglah sampah-sampah manakala berhenti di toilet atau hendak mengisi bensin. Sampah yang menumpuk di dalam kabin mobil, hanya akan memberikan aroma tak sedap dan bikin sumpek, yang membuat suasana kabin mobil jadi tak nyaman.

6. Bawalah CD musik favorit keluarga, atau film yang disukai keluarga, bila mobil Anda dilengkapi DVD player dan sebagainya.

7. Jangan biarkan anak-anak Anda membaca buku selama perjalanan dengan mobil. Membaca dalam keadaan bergetar dan goyang, hanya akan membuat pusing. Bila sudah pusing dan tidak enak badan, pasti akan memengaruhi perjalanan mudik Anda.

8. Istirahat bila sudah merasa lelah. Bentuk istirahat ini bisa berupa berbaring selama 15 menit, tidur selama 30 menit atau berolahraga ringan selama 10 menit. Olahraga ringan bisa membuat tubuh segar karena akan memperlancar peredaran darah. Selain itu, cucilah muka atau mandi untuk memberikan kesegaran.

9. Kalau bisa, jadikan mudik ini sebagai wisata, jadi singgahlah di setiap kota yang dilewati, sekadar untuk menjajal kuliner-nya, membeli kerajinan khas-nya atau mungkin berenang. Lebih baik lagi apabila Anda sekeluarga, meluangkan waktu menginap semalam di salah satu kota yang dilewati, sebelum sampai ke kota tujuan. Hal ini tidak saja memulihkan stamina, tetapi juga menjadikan perjalanan mudik menjadi menyenangkan. Selamat mudik.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home