Loading...
DUNIA
Penulis: Sotyati 11:51 WIB | Kamis, 30 Januari 2014

Ahli IAEA Kunjungi Tambang Uranium Iran

Ahli IAEA di Fasilitas Nuklir Natanz di bagian selatan Iran. (Foto: AFP/Kazem Ghane)

TEHERAN, SATUHARAPAN.COM - Para ahli Badan Energi Atom Internasional (IAEA) pada Rabu (29/1) untuk pertama kalinya dalam sembilan tahun mengunjungi tambang uranium Gachin di Iran, kata para pejabat Teheran.

Para ahli menyatakan kepuasan mereka seusai mengunjungi berbagai tempat di tambang yang terletak di Iran bagian selatan tersebut, seperti diungkapkan Mohammed Amiri, pejabat dari Badan Energi Atom Iran, yang dikutip kantor berita IRNA.

Ia mengatakan, kunjungan itu berlangsung lima jam, sementara juru bicara badan tersebut, Behrouz Kamalvandi, sebelumnya mengatakan kunjungan itu dilakukan oleh tiga ahli.

Para ahli IAEA meninggalkan Iran pada malam harinya, namun tidak ada informasi spesifik yang diberikan dari kunjungan yang dilakukan tanpa adanya sorotan media itu.

Kunjungan mereka ke tambang di Iran selatan - yang terlarang untuk IAEA sejak 2005 - termasuk dalam lingkup perjanjian kerangka kerja yang disepakati Teheran bersama pengawas nuklir PBB pada November silam.

Sebagai bagian dari tahap pertama kesepakatan itu, para ahli PBB mengunjungi pabrik air berat di Reaktor Arak di Provinsi Markazi pada 8 Desember, dengan semua “tujuan teknis” IAEA terpenuhi, kata badan yang berbasis di Wina tersebut. (AFP/Ant/tehrantimes.com)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home