Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 19:24 WIB | Sabtu, 31 Desember 2022

Airlangga: Hasil Evaluasi Bulan Januari, PPKM Masih Berlanjut

Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. (Foto: dok. Satuharapan.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM- Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) masih akan berlanjut hingga pemerintah selesai melakukan evaluasi.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto hari Rabu (28/12) di Jakarta mengatakan, "Nanti 1-2 hari kita evaluasi."  Airlangga menyampaikan hal tersebut Rapat Terbatas terkait PPKM yang dipimpin Presiden Joko Widodo.

"Nanti diumumkan sendiri oleh Presiden," kata Airlangga, dikutip Antara.

Jokowi sebelumnya mengatakan kajian dari seluruh menteri koordinator dan menteri kesehatan mengenai kemungkinan dihentikannya PPKM akan selesai pada akhir Desember dan selanjutnya akan dihasilkan keputusan.

Kajian tersebut termasuk sero survei yaitu kajian bertujuan untuk melihat jumlah populasi penduduk di Indonesia yang sudah memiliki antibodi terhadap virus SARS-CoV-2.

"Hasil kajian masih minggu ketiga bulan Januari," kata Airlangga. Dan tentang apakah PPKM akan dihentikan pada akhir Desember 2022 atau berlanjut hingga 2023, belum ada kepastian. "Nanti kita tunggu saja, tunggu harinya," kata Airlangga.

Kasus COVID-19 di Indonesia telah menurun, laporan harian Satgas Penanganan COVID-19 menunjukkan angkanya di bawah seribu.

Namun demikian, situasi di luar masih mengkhawatirkan, terutama di China yang angka kasus baru COVID-19 cukup tinggi, sementara negara itu sedang membuka pembatasan yang memungkinkan penduduknya melakukan perjalanan ke luar negeri selama libur akhir tahun dan libut Imlek.

Sayangnya China sendiri tidak terbuka tentang data kasu infeksi COVID-19, sehingga sejumlah negara, termasuk Malaysia dan Jepang, dan mungkin Amerika Serikat mewajibkan tes negatif COVID-19 bagi pendatang dari China.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home