Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:03 WIB | Selasa, 28 Mei 2024

Anggota NATO Yang Berbatasan Dengan Rusia Setuju Bangun “Dinding Drone”

Pekerja membangun posisi pertahanan baru di dekat perbatasan Rusia di wilayah Kharkiv Ukraina pada Rabu 17 April 2024. (Foto: dok. AP)

LITHUANIA, SATUHARAPAN.COM-Lithuania mengatakan bahwa negara Baltik dan lima anggota NATO lainnya yang bertetangga dengan Rusia telah setuju untuk membangun “dinding drone” untuk mempertahankan perbatasan mereka dari “provokasi.”

Rencana penggunaan kendaraan udara tak berawak untuk perlindungan disepakati karena kekhawatiran keamanan di kawasan di tengah perang Rusia di Ukraina.

Menteri Dalam Negeri Lithuania, Agne Bilotaite, mengumumkan rencana tersebut setelah melakukan pembicaraan dengan rekan-rekannya dari negara-negara Baltik lainnya, Estonia dan Latvia, serta Finlandia, Norwegia, dan Polandia.

“Ini adalah hal yang benar-benar baru, tembok drone yang membentang dari Norwegia hingga Polandia, dan tujuannya adalah menggunakan drone dan teknologi lainnya untuk melindungi perbatasan kita,” katanya kepada kantor berita BNS.

“Tidak hanya dengan infrastruktur fisik, sistem pengawasan, tetapi juga dengan drone dan teknologi lainnya, yang memungkinkan kita melindungi diri dari provokasi negara-negara yang tidak bersahabat dan mencegah penyelundupan,” katanya.

Selain mengerahkan drone untuk memantau perbatasan, negara-negara tersebut juga akan menggunakan sistem anti drone untuk menghentikan UAV musuh. Bilotaite tidak memberikan kerangka waktu untuk rencana tersebut. (BNS/AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home