Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 14:51 WIB | Jumat, 30 Agustus 2024

Anggota Tim Jurnalis Inggris Tewas oleh Rudal Rusia di Ukraina Timur

Anggota Tim Jurnalis Inggris Tewas oleh Rudal Rusia di Ukraina Timur
Penasihat keselamatan Reuters, Ryan Evans, berswafoto saat bekerja dengan tim peliputan berita di dekat perbatasan dengan Gaza di Be'eri, Israel selatan, 8 Februari 2024. (Foto: dok. Ryan Evans/Reuters via AP)
Anggota Tim Jurnalis Inggris Tewas oleh Rudal Rusia di Ukraina Timur
Sebuah traktor membersihkan puing-puing setelah serangan Rusia di hotel Sapphire di Kramatorsk, wilayah Donetsk, Ukraina, pada hari Minggu, 25 Agustus 2024. (Foto: AP/Evgeniy Maloletka)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Seorang penasihat keselamatan Inggris yang bekerja dengan tim jurnalis Reuters tewas ketika rudal Rusia menghantam sebuah hotel di kota Kramatorsk, Ukraina, kantor berita tersebut mengonfirmasi.

Ryan Evans, 38 tahun, menginap di Hotel Sapphire bersama rekan-rekannya di wilayah Donetsk timur Ukraina ketika hotel itu terkena rudal Rusia Sabtu malam. Dua anggota lain dari enam orang kru Reuters dirawat di rumah sakit karena luka-luka.

Pejabat setempat mengatakan hotel tersebut terkena rudal balistik Iskander-M Rusia, yang menyebabkan para wartawan mengalami luka akibat ledakan, gegar otak, dan luka di tubuh.

Reporter Associated Press di lokasi kejadian menggambarkan hotel tersebut sebagai "puing-puing," dengan ekskavator digunakan untuk membersihkan puing-puing beberapa jam setelah serangan.

Selain hotel, sebuah gedung bertingkat di dekatnya juga hancur, kata Gubernur daerah Donetsk, Vadym Filashkin.

Wilayah Kharkiv di Ukraina timur juga menjadi sasaran tembakan Rusia, yang mengakibatkan banyak warga sipil terluka, tulis Gubernur daerah Oleh Syniehubov di aplikasi perpesanan Telegram pada hari Minggu (25/8).

Di wilayah Chuhuiv, Kharkiv, lima orang terluka, termasuk seorang anak laki-laki berusia empat tahun dan seorang anak perempuan berusia 14 tahun, setelah dua rumah terkena serangan Rusia.

Di kota Kharkiv, delapan orang terluka ketika sebuah rumah dua lantai dibakar oleh serangan Rusia.

Sementara di Rusia, lima orang tewas dalam penembakan Ukraina di wilayah perbatasan Belgorod, kata para pejabat pada hari Minggu (25/8).

Dua belas orang lainnya terluka di desa Rakitone, Rusia, 38 kilometer dari perbatasan Ukraina, termasuk seorang gadis berusia 16 tahun yang dilaporkan dalam kondisi kritis, kata Gubernur daerah Vyacheslav Gladkov pada hari Minggu. Seorang pria lain juga tewas dalam serangan pesawat nirawak terpisah di desa perbatasan Solovevka, tulisnya kemudian di media sosial. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home