Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Sabar Subekti 10:22 WIB | Sabtu, 14 September 2024

Anjing Brasil Jadi Bintang Footvolley, Mengajari Pengunjung Pantai Cara Bermain

Anjing Brasil Jadi Bintang Footvolley, Mengajari Pengunjung Pantai Cara Bermain
Anjing border collie bernama Floki bermain footvolley, gabungan sepak bola dan bola voli, di pantai Leblon di Rio de Janeiro, Minggu, 8 September 2024. (Foto-foto: AP/Bruna Prado)
Anjing Brasil Jadi Bintang Footvolley, Mengajari Pengunjung Pantai Cara Bermain
Pelatih Gustavo Rodrigues merayakan poin bersama anak didiknya, anjing border collie bernama Floki, saat mereka bermain footvolley, gabungan sepak bola dan bola voli, di Pantai Leblon di Rio de Janeiro, Minggu, 8 September 2024.

RIO DE JANEIRO, SATUHARAPAN.COM-Pantai-pantai utama Rio de Janeiro ramai dengan keramaian di akhir pekan yang cerah. Namun, aktivitas hampir terhenti di satu hamparan pasir. Orang-orang mengangkat telepon mereka untuk merekam prestasi atletik yang belum pernah mereka saksikan sebelumnya, atau bahkan bayangkan.

Bagaiana permainannya? Footvolley, gabungan sepak bola dan bola voli pantai. Atletnya? Seekor anjing border collie berusia tiga tahun bernama Floki.

Floki memicu rasa heran di antara para penonton, karena ia bertahan dengan kuat dalam permainan yang bahkan manusia pun kesulitan untuk menguasainya.

Aturan footvolley pada dasarnya sama dengan bola voli pantai, tetapi dengan net yang sedikit lebih rendah dan, seperti sepak bola, pemain dilarang menggunakan tangan dan lengan. Floki melompat dari pasir untuk menendang bola dengan mulutnya. Ia telah menjadi sensasi internet di Brasil, dengan ratusan ribu pengikut di Instagram dan TikTok.

Pemilik Floki, Gustavo Rodrigues, adalah pelatih footvolley, tetapi bersumpah bahwa ia tidak merencanakan ini. Ia menginginkan American Bully, jenis yang jelas-jelas kurang lincah. Floki datang ke dalam kehidupan Rodrigues dan dengan cepat menunjukkan potensinya ketika, pada usia dua bulan, ia mulai melompat mengejar balon ulang tahun.

Rodrigues memulai Floki dengan apa yang disebut "altinha," di mana sekelompok orang yang berdiri dalam lingkaran menendang bola sepak selama mungkin. Pada tahun 2023, Floki memulai debutnya dalam permainan footvolley yang jauh lebih kompleks dan kompetitif — hobi yang dinikmati oleh beberapa bintang sepak bola Brasil setelah mereka pensiun, termasuk pemenang Piala Dunia, Ronaldinho dan Romário.

Pemain footvolley membutuhkan ketenangan, kelincahan, koordinasi, pengaturan waktu, dan kemahiran. Menutupi lapangan di antara dua orang saja berarti berlari cepat maju mundur di atas pasir lembut di bawah terik matahari. Itu bukan hal yang mudah, tetapi Floki memang berbakat alami. Satu bintang telah lahir.

“Ia melakukan hal-hal yang bahkan tidak dilakukan oleh beberapa pemain profesional — seperti mengatur posisi di lapangan,” kata Rodrigues, 26 tahun. “Terkadang bola berpindah dari satu sisi (lapangan) ke sisi lain, dan ia tidak membelakanginya. Ia berbalik ke arah bola untuk selalu memukulnya dengan lurus.”

Jelas bahwa pemain berenergi tinggi ini sangat menyukai permainan ini. Bahkan saat beristirahat di bawah naungan bar caipirinha di pantai, ia sangat fokus pada aksi pertandingan di lapangan sebelah.

Saat bermain, ia menggonggong pada Rodrigues agar mengoper bola kepadanya dan tampaknya setidaknya memahami aturan dasar. Kadang-kadang, alih-alih mengoper kembali ke Rodrigues untuk sentuhan ketiga dan terakhir yang diharapkan lawan, ia sendiri yang mengoper bola melewati net untuk mencetak poin. Kemudian, ia melompat ke pelukan Rodrigues untuk merayakannya.

Salah satu penonton yang terpesona pada hari Minggu adalah Luiza Chioli, yang telah melakukan perjalanan ke Rio dari Sao Paulo. Ia sudah mengenal Floki yang terkenal dari TikTok, tetapi tidak menyangka akan duduk di kursi barisan depan untuk menontonnya sambil menyeruput gin dan toniknya.

“Melihat media sosial, kami pikir itu hanya potongan, bahwa mereka menggunakan rekaman terbaik,” kata Chioli, 21 tahun. “Tetapi kami melihat ia bermain, tampil sepanjang waktu, melakukannya dengan sangat baik. Itu sangat keren.”

Seiring bertambahnya jumlah pengikut Floki, kemitraan dan kesepakatan dukungan pun berdatangan. Rodrigues dan Floki tinggal di ibu kota pedalaman Brasilia, tetapi sering bepergian ke Rio — kiblat footvolley — dan negara bagian Brasil lainnya untuk memamerkan keterampilannya, tampil di bagian pemasaran, dan membuat konten media sosial yang dimonetisasi.

Hari Minggu-nya dimulai dengan bermain selama hampir satu jam bersama mantan juara footvolley, Natalia Guitler, yang dijuluki Ratu Pantai. Di sela-sela upaya untuk memfilmkan Floki yang melakukan trik kepadanya, dia berlarian untuk minum air atau berenang di laut. Pada akhirnya, Floki dan dia sama-sama berebut untuk mencari tempat berteduh.

"Kita mati," katanya sambil jatuh ke pasir di sebelah Floki yang terengah-engah. Seseorang memberikannya ponsel untuk melihat klip terbaik untuk Instagram-nya, tempat dia memiliki hampir tiga juta pengikut.

"Aku dan sahabatku @dog_altinha bermain footvolley," tulisnya di unggahan berikutnya yang memperlihatkan reli panjang mereka, dan termasuk tendangan sepedanya melewati net.

Setelah beristirahat dan sesi footvolley lainnya, Floki menuju ke pantai yang lebih terpencil untuk melakukan pemotretan pemasaran untuk Farm, perancang busana yang telah menjadi contoh gaya tropis Rio yang sejuk, baik di Brasil maupun di luar negeri.

Kemudian Floki muncul di Instagram mempromosikan merek es loli anjing, mengunyah sendiri es loli rasa pisang, dan memberikan demonstrasi altinha kepada para pengunjung mal. Jalan-jalan sorenya di sepanjang jalan setapak tepi pantai Copacabana memperlihatkan dia berusaha keras melepaskan tali kekang, masih jelas meluap dengan energinya yang tak terbatas.

Dengan berakhirnya gempuran pemasaran akhir pekan mereka di Rio, Rodrigues dan Floki akan kembali ke Brasilia, di mana kesibukan mereka sebagai influencer menjadi hal yang tidak penting dibandingkan kesibukan bermain di pertandingan kompetitif. Mereka menang sekitar satu dari tiga pertandingan, kata Rodrigues, dan lawan-lawan mereka selalu berusaha keras untuk menang, tidak ingin dikalahkan oleh anjing.

“Itu menimbulkan perbincangan, dan orang-orang mengolok-olok,” katanya. “Tidak ada yang suka kalah darinya, jadi orang-orang bermain dengan sepenuh hati melawan kami.”  (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home