Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 15:49 WIB | Senin, 05 Desember 2022

Arab Saudi Calon Tunggal Tuan Rumah Piala Asia 2027

Ini juga menunjukkan Arab Saudi memiliki ambisi besar untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030.
Abdulrahman Al-Aboud dari Arab Saudi bereaksi pada akhir pertandingan sepak bola grup C Piala Dunia antara Arab Saudi dan Meksiko, di Stadion Lusail di Lusail, Qatar, Kamis, 1 Desember 2022. (Foto: dok. AP/Ebrahim Noroozi)

KUALA LUMPUR, SATUHARAPAN.COM-Arab Saudi kini menjadi satu-satunya kandidat tuan rumah turnamen sepak bola Piala Asia 2027 setelah federasi sepak bola India menarik pencalonannya pada hari Senin (5/12).

Mempersiapkan pencalonan turnamen selama sebulan dapat membuat Arab Saudi menunjukkan ambisinya menjadi tuan rumah sepak bola kepada FIFA, yang sedang mencari penawar untuk Piala Dunia tahun 2030 dan edisi mendatang dari Piala Dunia Klub yang telah diubah.

Konfederasi Sepak Bola Asia mengatakan tawaran Arab Saudi akan menjadi satu-satunya yang diajukan kepada anggota kongres untuk disetujui. Itu akan terjadi pada pertemuan 1 Februari mendatang di Manama, Bahrain.

Tidak ada alasan yang diberikan untuk penarikan India, meskipun federasi sedang dalam kekacauan dan sempat diskors oleh FIFA tahun ini sebelum menggelar Piala Dunia Putri U-17 pada bulan Oktober.

Arab Saudi belum pernah menjadi tuan rumah Piala Asia, yang telah dimenangkannya tiga kali sejak perhelatan perdananya pada tahun 1956. Gelar terakhir diraih pada tahun 1996.

Menjadi tuan rumah edisi 2027 dibentuk menjadi kontes blockbuster ketika Arab Saudi, Qatar, Iran, India, dan Uzbekistan awalnya mengajukan tawaran lebih dari dua tahun lalu.

Tuan rumah Piala Dunia Qatar dianugerahi edisi 2023 pada Oktober setelah China mengembalikan hak tuan rumah, dengan alasan pandemi COVID-19. Turnamen itu diperkirakan akan diundur hingga Januari 2024.

Piala Asia 2027 akan menjadi yang keempat dari lima edisi yang diselenggarakan di kawasan Teluk Arab. Qatar juga menjadi tuan rumah pada 2011 dan Uni Emirat Arab menggelar turnamen 2019.

Qatar, yang menjadi tuan rumah Piala Dunia yang sedang berlangsung, sudah dua kali menggelar Piala Asia.

Arab Saudi memulai kampanye Piala Dunia mereka dengan kemenangan mengejutkan 2-1 atas Argentina, tetapi tidak maju ke babak sistem gugur setelah kekalahan beruntun dari Polandia dan Meksiko di Grup C. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home