Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 18:42 WIB | Senin, 30 September 2024

AS Umumkan Bantuan Militer Senilai U$375 Juta untuk Ukraina

Gambar yang diambil pada 25 Januari 2022 menunjukkan palet amunisi, senjata, dan peralatan lainnya saat karyawan menurunkan pesawat dengan bantuan keamanan baru AS yang diberikan kepada Ukraina di bandara Boryspil, Kiev. (Foto: dok. AFP)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken, mengumumkan bantuan militer senilai US$375 juta untuk Ukraina pada hari Rabu (25/9), dalam sebuah paket yang mencakup peluncur roket presisi HIMARS, amunisi tandan, dan kendaraan taktis ringan.

"Amerika Serikat berkomitmen untuk membela Ukraina dari agresi brutal Rusia," kata Blinken dalam sebuah pernyataan, seraya menambahkan Washington akan "mengerahkan bantuan baru ini secepat mungkin."

Paket tersebut mencakup "amunisi dan dukungan" untuk HIMARS, amunisi cluster dan artileri, kendaraan lapis baja dan ringan artileri, senjata ringan dan senjata "anti-lapis baja" seperti rudal Javelin dan TOW serta roket anti-tank AT-4.

Di bawah Presiden Joe Biden, Amerika Serikat telah memberikan sekitar US$175 miliar dalam bentuk bantuan militer dan ekonomi ke Ukraina sejak invasi Rusia pada Februari 2022.

Paket terbaru tersebut juga mencakup "suku cadang, peralatan tambahan, layanan, pelatihan, dan transportasi."

Pemilihan umum Amerika Serikat pada tanggal 5 November dapat mengubah pendukung militer utama Kiev.

Donald Trump, yang kembali mencalonkan diri sebagai presiden, telah menyebut pemimpin Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, sebagai "penjual terhebat di Bumi."

"Setiap kali Zelenskyy datang ke Amerika Serikat, dia membawa pulang US$100 miliar," kata Trump pekanini, dengan mengklaim "kita terjebak dalam perang itu kecuali saya menjadi presiden."

Blinken dalam pernyataannya menegaskan kembali dukungan Washington terhadap Kiev, seraya menambahkan bahwa “Amerika Serikat dan koalisi internasional yang telah kami bentuk akan terus mendukung Ukraina.” (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home