Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 15:57 WIB | Senin, 30 September 2024

Jenazah Pemimpin Hizbullah, Hassan Nasrallah, Telah Ditemukan

IDF: Pimpinan Hizbullah, Hassan Nasrallah, Tewas Dalam Serangan di Beirut
Jenazah Pemimpin Hizbullah, Hassan Nasrallah, Telah Ditemukan
Seorang perempuan membaca Al Quran di depan reruntuhan bangunan yang diratakan pada 27 September oleh serangan Israel yang menargetkan dan menewaskan pemimpin Hizbullah, Hassan Nasrallah, di lingkungan Haret Hreik di pinggiran selatan Beirut, pada hari Minggu, 29 September 2024. (Foto: AFP)
Jenazah Pemimpin Hizbullah, Hassan Nasrallah, Telah Ditemukan
Pemimpin Hizbullah, Sheik Hassan Nasrallah, berbicara kepada khalayak ramai dalam penampilan publik yang langka selama Ashura, yang menandai kematian Imam Hussein dari Syiah Islam, di pinggiran kota Beirut, Kamis, 14 November 2013. (Foto: dok. AP/Bilal Hussein)
Jenazah Pemimpin Hizbullah, Hassan Nasrallah, Telah Ditemukan
Infografis IDF yang diterbitkan pada 28 September 2024 menunjukkan rantai komando Hizbullah. (Foto: dok. IDF/Pasukan Pertahanan Israel)
Jenazah Pemimpin Hizbullah, Hassan Nasrallah, Telah Ditemukan
Orang-orang memeriksa kehancuran di lingkungan Haret Hreik di pinggiran selatan Beirut, setelah serangan Israel terhadap markas besar Hizbullah pada hari Jumat, 27 September, yang meratakan beberapa bangunan, pada 28 September 2024. (Foto: AFP/Anwar Amro)

BEIRUT, SATUHARAPAN.COM- Jenazah pemimpin Hizbullah, Hassan Nasrallah, telah ditemukan dari lokasi serangan udara Israel di pinggiran selatan Beirut dan masih utuh, sumber medis dan sumber keamanan mengatakan kepada Reuters pada hari Minggu (29/9).

Meskipun pernyataan Hizbullah pada hari Sabtu (28/9) yang mengonfirmasi kematian Nasrallah tidak mengatakan bagaimana tepatnya dia dibunuh atau kapan pemakamannya akan dilakukan, kedua sumber tersebut mengatakan tubuhnya tidak memiliki luka langsung dan tampaknya penyebab kematiannya adalah trauma tumpul akibat kekuatan ledakan.

Kematian Nasrallah sejauh ini merupakan pukulan paling signifikan dalam dua pekan yang menghancurkan bagi Hizbullah, di mana kelompok itu menderita serangan mematikan terhadap ribuan perangkat komunikasi nirkabel yang digunakan oleh para anggotanya.

Israel juga meningkatkan serangan udara yang telah menewaskan beberapa komandan dan menghantam sejumlah wilayah di sebagian besar Lebanon.

Hizbullah mengonfirmasi pada hari Minggu (29/9) bahwa pemimpin senior Ali Karaki tewas dalam serangan Israel di pinggiran selatan Beirut yang juga menewaskan pemimpin kelompok itu, Hassan Nasrallah.

Israel mengatakan telah menewaskan Nasrallah dalam serangan udara di markas besar Hizbullah di pinggiran selatan Beirut pada hari Jumat (27/9). Hizbullah mengonfirmasi bahwa Nasrallah telah tewas pada hari Sabtu (28/9).

Kelompok yang didukung Iran itu mengatakan dalam pernyataannya pada hari Minggu (29/9) bahwa Karaki telah menjadi komandan front selatan sejak tahun 1982. Dikatakan bahwa Karaki berpartisipasi dalam konfrontasi utama melawan Israel pada tahun 2000, Juli 2006 dan baru-baru ini ia secara langsung bertanggung jawab memimpin front selatan dalam mendukung Gaza di tengah perang Israel-Gaza yang sedang berlangsung.

Israel Umumkan Kematian Nasrallah

Pemimpin lama Hizbullah, Hassan Nasrallah, dan komandan tinggi kelompok teror lainnya tewas dalam serangan udara besar-besaran Israel di markas bawah tanah mereka di ibu kota Lebanon, Beirut, Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengumumkan hari Sabtu (28/9)

pagi saat Israel berusaha secara dramatis mengakhiri konflik yang telah berlangsung selama setahun.

Hizbullah mengonfirmasi kematiannya beberapa jam kemudian.

Pengumuman itu muncul saat militer Israel meningkatkan serangan udaranya terhadap aset Hizbullah di Beirut dan daerah lain di Lebanon, beberapa jam setelah Nasrallah diserang di markas utama kelompok teror itu, yang menyebabkan sebagian ibu kota Lebanon diselimuti asap dan debu.

Israel telah melenyapkan sebagian besar pimpinan paling senior kelompok teror Hizbullah dalam beberapa pekan terakhir.

Dalam sebuah pernyataan, IDF mengatakan bahwa selain Nasrallah, komandan Front Selatan Hizbullah, Ali Karaki — yang selamat dari upaya pembunuhan baru-baru ini — juga tewas dalam serangan Jumat (27/9) sore itu, bersama dengan komandan tinggi lainnya dalam kelompok teror itu.

Nasrallah menjadi sasaran puluhan bom penghancur bunker yang dijatuhkan oleh jet tempur Pasukan Israel saat berada di markas utama Hizbullah di pinggiran selatan Beirut, benteng Hizbullah yang dikenal sebagai Dahiyeh.

Markas besar itu terletak di bawah tanah, di bawah bangunan tempat tinggal di Dahiyeh, kata IDF, kemudian mengumumkan bahwa nama operasi itu disebut "Tatanan Baru."

"Serangan itu dilakukan saat petinggi Hizbullah berada di markas mereka dan terlibat dalam koordinasi kegiatan teror terhadap warga Negara Israel," kata militer.

Juru bicara Angkatan Darat, Letnan Kolonel Nadav Shoshani, mengatakan serangan udara yang menargetkan Nasrallah didasarkan pada pelacakannya selama bertahun-tahun, bersama dengan "intelijen waktu nyata."

Ia mengatakan Israel mengonfirmasi kematian tersebut melalui berbagai jenis intelijen, meskipun ia menolak menjelaskan lebih lanjut.

Hizbullah mengonfirmasi kematiannya pada hari Sabtu sore. “Sayyed Hassan Nasrallah, Sekretaris Jenderal Hizbullah, telah bergabung dengan rekan-rekannya yang hebat dan syahid yang telah dipimpinnya selama sekitar 30 tahun,” kata Hizbullah dalam sebuah pernyataan.

Kelompok tersebut mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka akan melanjutkan pertempuran melawan Israel “untuk mendukung Gaza dan Palestina, dan untuk membela Lebanon dan rakyatnya yang teguh dan terhormat.”

Hizbullah yang berkuasa telah melanjutkan serangan roket ke Israel utara, serta menembakkan rudal balistik ke Tel Aviv dan roket jarak jauh ke Tepi Barat.

Kepala Staf IDF, Letnan Jenderal Herzi Halevi, setelah pembunuhan Nasrallah mengatakan Israel akan menjangkau siapa pun yang mengancam negara dan warganya.

“Ini bukan akhir dari peralatan yang ada. Pesannya sederhana, kepada siapa pun yang mengancam warga Negara Israel, kami akan tahu cara menjangkau mereka,” katanya. Shoshani mengatakan sebagian besar persenjataan Hizbullah masih utuh meskipun Israel melakukan serangan gencar selama seminggu terakhir, dan bahwa Israel akan terus menargetkan kelompok tersebut.

"Ini bukan ancaman yang telah hilang," katanya. Shoshani mengatakan "aman untuk berasumsi" bahwa Hizbullah akan membalas.

Namun, ia mengatakan Israel berharap serangan itu "akan mengubah tindakan Hizbullah" dan mengubah arah perang.

Nasrallah menjadi sekretaris jenderal Hizbullah pada tahun 1992 di usianya yang baru 35 tahun, wajah publik dari kelompok yang dulunya samar yang didirikan oleh Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran pada tahun 1982 untuk melawan Israel.

Pengaruh regionalnya telah terlihat selama hampir setahun konflik yang dipicu oleh perang Gaza, saat Hizbullah memasuki pertikaian dengan menembaki Israel dari Lebanon selatan untuk mendukung sekutu Palestina-nya, Hamas. Hizbullah mulai menembakkan roket ke Israel pada 8 Oktober, sehari setelah pembantaian Hamas di Israel selatan yang menewaskan 1.200 orang dan menyandera 251 orang.

Serangan Terus Berlanjut

Setelah serangan terhadap markas besar Hizbullah pada hari Jumat (27/9) malam, IDF meminta warga sipil Lebanon di dekat beberapa gedung di Dahiyeh untuk segera mengungsi. Menurut militer, lokasi tersebut digunakan oleh Hizbullah untuk menyimpan rudal antikapal.

Kolonel Avichay Adraee, juru bicara IDF berbahasa Arab, menerbitkan peta di samping pengumuman tersebut, yang meminta warga sipil untuk menjauhkan diri setidaknya 500 meter dari gedung-gedung tersebut,

“Anda berada di dekat properti Hizbullah, dan demi keselamatan Anda dan keselamatan orang-orang yang Anda cintai, Anda wajib segera mengungsi dari gedung-gedung tersebut dan menjauh darinya hingga jarak tidak kurang dari 500 meter,” kata Adraee.

Dalam konferensi pers hari Jumat malam, Juru Bicara IDF Laksamana Muda Daniel Hagari memperingatkan, "Dalam beberapa jam mendatang kami akan menyerang kemampuan strategis yang ditempatkan Hizbullah di bawah tanah, di bawah tiga bangunan di jantung Dahiyeh."

"Selama bertahun-tahun, Hizbullah membangun dan mengembangkan serangkaian (rudal) pantai-ke-laut, yang berasal dari Iran," kata Hagari, merujuk pada serangan INS Hanit tahun 2006, yang menewaskan empat pelaut. "Nasrallah sendiri mengancam fasilitas vital dan strategis Israel di laut dan dekat pantai."

"Kami sekarang akan mengungkap bagaimana (Hizbullah) menempatkan senjata strategis di bawah bangunan sipil di jantung Dahiyeh," lanjutnya.

"Rudal-rudal ini merupakan ancaman nyata bagi jalur pelayaran dunia dan fasilitas strategis Negara Israel. Dalam waktu dekat, kami akan menyerang senjata-senjata di bawah bangunan-bangunan itu. Intensitas ledakan senjata-senjata di bawah bangunan-bangunan itu, akan menyebabkan kerusakan pada bangunan-bangunan itu dan dapat menyebabkan keruntuhannya," imbuh Hagari.

Beberapa saat kemudian, gedung-gedung tempat penyimpanan rudal anti kapal, bersama dengan beberapa lokasi Hizbullah lainnya di pinggiran selatan Beirut terkena serangan.

Menurut militer, serangan tersebut menghancurkan enam gudang tempat penyimpanan dan perawatan rudal lintas pantai-ke-laut, menghancurkan puluhan rudal anti kapal. Rudal tersebut dapat digunakan dalam hitungan menit dari lokasi tersebut, kata IDF.

IDF mengetahui bahwa Hizbullah memiliki rudal C-704 dan C802 buatan China, serta rudal Ghader buatan Iran, yang memiliki jangkauan hingga sekitar 200 kilometer.

Rudal-rudal tersebut disimpan, dioperasikan, dan dirawat oleh unit elite kecil Hizbullah, yang oleh IDF digambarkan sangat berpengalaman. Anggota unit misterius yang ikut serta dalam serangan terhadap INS Hanit milik Angkatan Laut Israel pada tahun 2006, yang menewaskan empat pelaut, masih bertugas, kata sumber militer.

Serangan terus berlanjut di Beirut sepanjang malam, menyusul perintah evakuasi lainnya, dengan IDF pada pagi hari mengatakan bahwa mereka telah menyerang lokasi "strategis Hzbullah" di ibu kota Lebanon, termasuk fasilitas produksi senjata, gedung tempat senjata disimpan, dan markas besar.

Kementerian Kesehatan Lebanon mengatakan bahwa rumah sakit di pinggiran selatan Beirut akan dievakuasi setelah serangan besar Israel di daerah tersebut, mendesak rumah sakit di daerah yang tidak terkena dampak untuk berhenti menerima kasus yang tidak mendesak.

Sebuah pernyataan kementerian meminta rumah sakit yang tidak terpengaruh oleh serangan Israel untuk "berhenti menerima kasus yang tidak mendesak hingga akhir minggu depan untuk memberi ruang bagi pasien dari rumah sakit di pinggiran selatan Beirut yang akan dievakuasi karena perkembangan agresi". Kementerian Kesehatan tidak segera memberikan informasi terbaru tentang jumlah korban serangan.

IDF juga mengatakan jet tempur menyerang puluhan target di Lembah Beqaa dan di Lebanon selatan pada malam hari dan Sabtu (28/9) pagi, termasuk gedung tempat senjata disimpan dan peluncur roket yang ditujukan ke Israel.

“Kami akan terus beroperasi untuk secara tepat menghancurkan kemampuan ofensif Hizbullah. Hizbullah telah secara strategis menanamkan senjata di wilayah sipil, yang membahayakan warga sipil Lebanon dan melukai warga sipil Israel,” kata IDF dalam sebuah pernyataan.

“Perang kami adalah dengan Hizbullah, bukan dengan rakyat Lebanon,” tambah militer, menggemakan pernyataan yang telah digunakannya ketika menggambarkan operasinya di Gaza — bahwa perang yang menghancurkan itu bukan dengan warga sipil Gaza, melainkan Hamas, yang melakukan serangan pada 7 Oktober.

Dalam konferensi persnya pada Jumat (27/9) malam, Hagari memperingatkan bahwa militer tidak akan mengizinkan pengiriman senjata apa pun ke kelompok teror Hizbullah, termasuk melalui bandara internasional Beirut.

"Kami tidak akan mengizinkan pengiriman senjata ke kelompok teror Hizbullah, dengan cara apa pun. Kami mengetahui pengiriman senjata Iran ke Hizbullah, dan kami (akan) menggagalkannya," katanya.

"Pesawat Angkatan Udara kini berpatroli di area bandara Beirut. Hingga saat ini, Lebanon, berbeda dengan Suriah, telah bertindak secara bertanggung jawab selama bertahun-tahun dan tidak mengizinkan pengiriman senjata melalui bandara sipil," lanjut Hagari.

"Kami umumkan, kami tidak akan mengizinkan pesawat musuh yang membawa senjata mendarat di bandara sipil di Beirut. Ini adalah bandara sipil, untuk penggunaan sipil, dan harus tetap seperti itu," tambahnya.

Roket dan Rudal Hizbullah

Pada Sabtu (27/9) pagi, Hizbullah melancarkan beberapa serangan roket dan rudal ke Israel, tanpa ada laporan korban luka.

Dalam serangan pertama, sepuluh roket ditembakkan dari Lebanon ke Galilea Atas. Militer mengatakan bahwa tidak semua roket dicegat oleh sistem pertahanan udara Iron Dome, tetapi tidak ada laporan kerusakan atau korban luka.

Sementara itu, satu roket jarak jauh yang ditembakkan dari Lebanon memicu sirene di beberapa permukiman Tepi Barat, termasuk Beit El, Ofra, Talmon, dan Neria.

IDF mengatakan roket itu menghantam area terbuka, dan menurut media Palestina, pecahan peluru mendarat di kota Huwara, menyebabkan kerusakan.

Kemudian pada pagi harinya, lima roket ditembakkan ke Israel utara dan memicu sirene di sejumlah kota di Galilea, Lembah Jezreel, dan Wadi Ara. IDF mengatakan sebagian besar dari lima roket itu dicegat oleh pertahanan udara.

Lima roket lainnya diluncurkan dari Lebanon ke Lembah Jezreel, yang memicu sirene di beberapa kota di sebelah timur Haifa. IDF mengatakan beberapa roket tersebut dicegat oleh pertahanan udara.

Sekitar 13 roket lainnya ditembakkan ke daerah Safed, beberapa di antaranya dicegat, menurut militer.

Pada hari Sabtu, dua rudal permukaan-ke-permukaan juga ditembakkan dari Lebanon, salah satunya mendarat di laut lepas pantai Tel Aviv dan yang kedua ditembak jatuh oleh pertahanan udara di atas Israel utara.

Insiden kedua memicu sirene di banyak kota di Israel utara. Tidak ada laporan tentang cedera atau kerusakan besar dalam serangan tersebut.

Hizbullah mengaku bertanggung jawab atas tembakan roket pada dini hari di Israel utara, tetapi kelompok teror itu tampaknya telah meleset dari sasaran yang dituju.

Dalam sebuah pernyataan, yang pertama pada hari Sabtu, kelompok teror itu mengatakan telah meluncurkan rentetan roket Fadi-1 ke Kibbutz Kabri di Galilea Barat. Meskipun Hizbullah mengklaim demikian, tidak ada sirene yang berbunyi di Kabri sebelum pengumuman tersebut, dan tidak ada roket yang diarahkan ke sana.

Sementara itu, IDF mengumumkan hari Sabtu pagi bahwa serangan udara Israel baru-baru ini di Lebanon menewaskan komandan unit roket dan rudal Hizbullah di Lebanon selatan dan komandan lainnya.

Muhammed Ismail, komandan unit roket dan rudal Hizbullah di Lebanon selatan, wakilnya Hussein Ismail, dan komandan lainnya tewas dalam serangan itu. Militer tidak merinci kapan atau di mana serangan itu terjadi.

Komandan roket dan rudal Hizbullah bertanggung jawab atas berbagai serangan terhadap Israel di tengah perang, termasuk tembakan rudal balistik hari Rabu di Tel Aviv, menurut IDF.

Hizbullah telah menembakkan ratusan roket ke Israel sejak pertempuran meningkat, menyebabkan beberapa orang cedera dan kerusakan di beberapa kota, tetapi jauh lebih sedikit dari yang diantisipasi sebelumnya.

IDF pada tahun-tahun sebelumnya menilai bahwa Hizbullah berpotensi dapat meluncurkan ribuan roket per hari ke negara itu selama perang skala penuh, yang menyebabkan ratusan korban. Namun dalam 11 bulan terakhir pertempuran di perbatasan utara, kemampuan Hizbullah perlahan-lahan "terkikis", menurut militer.

Sebelum pembunuhan Nasrallah, IDF mengatakan bahwa dalam 10 hari terakhir, sejak mengalihkan fokusnya ke Lebanon, mereka telah membuat pencapaian signifikan, termasuk membunuh komandan tinggi Hizbullah, melenyapkan pimpinan Pasukan Radwan elite kelompok teror itu, dan menyerang ribuan lokasi tempat Hizbullah menyimpan senjata.

Namun IDF menekankan pada hari Jumat (27/9), beberapa jam sebelum serangan di Beirut, bahwa "masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan, dan kita tidak bisa berhenti di sini."

Juga pada hari Jumat, IDF mengatakan telah menyelesaikan mobilisasi dua brigade cadangan — brigade Etzioni dan Alon — yang dikirim ke Israel utara untuk memperkuat pasukan di sana, di tengah kemungkinan serangan darat.

Sejak 8 Oktober 2023 — hanya sehari setelah teroris pimpinan Hamas menyerbu Israel selatan, menewaskan 1.200 orang dan menculik 251 orang — Hizbullah telah menyerang komunitas Israel dan pos militer di sepanjang perbatasan sebagai bentuk solidaritas dengan kelompok teror Palestina, yang juga disponsori oleh Iran.

Sejauh ini, pertempuran tersebut telah mengakibatkan 26 kematian warga sipil di pihak Israel, serta kematian 22 tentara dan cadangan IDF. Ada juga beberapa serangan dari Suriah, tanpa ada yang terluka.

Setelah lebih dari 11 bulan kekerasan lintas batas yang menghindari perang habis-habisan, pertempuran telah meningkat dalam beberapa hari terakhir, dengan ratusan roket ditembakkan ke Israel dan serangan udara intensif IDF di lokasi Hizbullah di Lebanon, serta serangan terarah yang telah menewaskan sejumlah pemimpin kelompok teror tersebut.

Pertempuran meningkat setelah pekan lalu, kabinet keamanan Israel memperbarui tujuan resminya untuk perang yang sedang berlangsung dengan Hamas di Gaza dengan memasukkan tujuan untuk memungkinkan penduduk di utara kembali dengan selamat ke rumah mereka setelah mengungsi akibat serangan Hizbullah.

Hizbullah telah menyebutkan 513 anggotanya yang tewas selama pertempuran yang sedang berlangsung, sebagian besar di Lebanon tetapi beberapa juga di Suriah. Sebanyak 88 anggota lainnya dari kelompok terorisKelompok militan, seorang tentara Lebanon, dan puluhan warga sipil juga tewas. Angka-angka ini belum diperbarui secara konsisten sejak Israel memulai serangan barunya minggu ini. (ToI/Al Arabiya/Kantor Berita)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home