Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 09:19 WIB | Rabu, 10 Juli 2013

Barack Obama Sampaikan Salam Menyambut Bulan Ramadhan Kepada Seluruh Umat Muslim

Presiden Amrika Serikat, Barack Obama. (huffingtonpost.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Presiden Amerika Serikat, Barack Obama atas nama masyarakat Amerika Serikat dan pribadi menyampaikan pesan selamat kepada seluruh umat Muslim di Amerika dan seluruh dunia yang saat ini melaksanakan ibadah Puasa di bulan Ramadhan. Obama menyampaikan pesan selamat secara resmi melalui Gedung Putih. Selain itu Obama juga langsung menyampaikan pesan selamat melalui Twitter pribadinya.

"Saya berharap umat Islam di seluruh Amerika & di seluruh dunia diberkahi dengan kebahagiaan bersama keluarga, perdamaian & pengertian," - Presiden Obama #Ramadhan," tulis Obama di akun Twitter miliknya.

Berikut pesan resmi Barack Obama yang dikeluarkan Gedung Putih, seperti dikutip dari situs resminya:

Atas nama rakyat Amerika - termasuk masyarakat Muslim di lima puluh negara bagian - Saya ingin menyampaikan harapan terbaik bagi umat Islam di Amerika dan di seluruh dunia. Ramadhan Kareem.

Ramadan adalah bulan di mana Muslim percaya bahwa Alquran diturunkan kepada Nabi Muhammad, dimulai dengan sebuah kata sederhana - iqra. Oleh karena itu saat warga Muslim merenungkan kebijaksanaan dan bimbingan yang datang dengan iman, dan tanggung jawab bahwa manusia memiliki satu sama lain, dan kepada Tuhan.

Seperti banyak orang dari keyakinan yang berbeda yang telah mengenal Ramadhan melalui masyarakat dan keluarga kami, saya tahu bahwa ini merupakan saat yang bahagia - saat keluarga berkumpul, berbuka puasa bersama teman, dan berbagi makanan. Tapi saya juga tahu bahwa Ramadan merupakan masa untuk pengabdian dan perenungan - saat warga Muslim berpuasa sepanjang hari dan melakukan shalat tarawih di malam hari, membaca dan mendengarkan seluruh Al Qur'an sepanjang bulan.

Tradisi ini mengingatkan kita pada prinsip-prinsip yang kita yakini bersama, serta peran Islam dalam memajukan keadilan, kemajuan, toleransi, dan martabat semua umat manusia.

Misalnya, puasa adalah konsep yang dianut oleh banyak agama - termasuk iman Kristen saya sendiri - sebagai cara untuk membawa orang lebih dekat kepada Allah, dan pada mereka yang ada di antara kita namun yang kekurangan. Dan dukungan yang diberikan warga Muslim kepada orang lain mengingat tanggung jawab untuk memajukan kesempatan dan kemakmuran bagi rakyat. Bagi kita semua harus ingat bahwa dunia yang ingin kita bangun - dan perubahan yang kita ingin buat - harus dimulai dari dalam hati kita sendiri, dan masyarakat kita sendiri.

Musim panas ini, orang di seluruh Amerika telah melayani dalam komunitas mereka - mendidik anak, merawat orang sakit, dan mengulurkan tangan kepada mereka yang telah jatuh pada masa-masa sulit. Organisasi berbasis agama, termasuk banyak organisasi Islam, telah berada di garis depan dalam berpartisipasi di musim panas ini. Dan di masa penuh tantangan, ini adalah semangat tanggung jawab yang harus kita pertahankan dalam bulan-bulan dan tahun-tahun mendatang.

Di luar Amerika, kami juga bertekad menepati tanggung jawab kami untuk membangun sebuah dunia yang lebih damai dan aman. Itulah sebabnya kami bertanggung jawab mengakhiri perang di Irak. Itulah mengapa kita mengisolasi ekstremis kekerasan sementara memberdayakan orang-orang di tempat-tempat seperti Afghanistan dan Pakistan. Itulah sebabnya kami pantang menyerah dalam dukungan kami untuk solusi dua-negara yang mengakui hak Israel dan Palestina untuk hidup dalam perdamaian dan keamanan. Dan itulah sebabnya Amerika akan selalu membela hak-hak universal semua orang untuk menyatakan pikiran mereka, mempraktikkan agama mereka, memberikan kontribusi sepenuhnya kepada masyarakat dan memiliki keyakinan dalam aturan hukum.

Semua upaya ini adalah bagian dari komitmen Amerika untuk terlibat umat Islam dan negara-negara mayoritas Muslim atas dasar kepentingan bersama dan saling menghormati. Dan pada saat pembaruan ini, saya ingin menegaskan kembali komitmen saya untuk sebuah awal baru antara Amerika dan umat Islam di seluruh dunia.

Seperti yang saya katakan di Kairo, awal yang baru ini harus ditanggung dalam upaya yang berkelanjutan untuk mendengarkan satu sama lain, untuk belajar dari satu sama lain, untuk menghormati satu sama lain, dan untuk mencari kesamaan. Saya yakin sebuah bagian penting dari usaha ini adalah mendengarkan dan dalam dua bulan terakhir, kedutaan Amerika di seluruh dunia telah mengulurkan tangan bukan hanya kepada pemerintah, tetapi langsung kepada orang-orang di negara-negara mayoritas Muslim. Dari seluruh dunia, kami telah menerima curahan umpan balik tentang bagaimana Amerika bisa menjadi mitra mewakili aspirasi rakyat.

Kami telah mendengarkan. Kami telah mendengar Anda. Dan seperti Anda, kami memusatkan perhatian pada tindakan nyata yang akan membuat perbedaan dari waktu ke waktu - baik dari segi isu politik dan keamanan yang telah saya bahas.

Konsultasi ini membantu kami menyelenggarakan kemitraan yang saya serukan di Kairo - memperluas program pertukaran pendidikan; untuk mendorong kewirausahaan dan menciptakan lapangan kerja, dan meningkatkan kerjasama ilmu pengetahuan dan teknologi. Kami juga bergerak maju dalam bermitra dengan negara-negara anggota OKI dan bersama OKI memberantas polio, juga bekerja sama dengan masyarakat internasional untuk memerangi tantangan kesehatan seperti virus H1N1 - yang saya sadari merupakan keprihatinan khusus bagi banyak warga Muslim yang mempersiapkan diri untuk naik haji mendatang.

Semua usaha ini diarahkan pada usaha memajukan aspirasi kita bersama - untuk hidup dalam damai dan aman; untuk mendapatkan pendidikan dan pekerjaan yang terhormat, untuk mencintai keluarga kita, masyarakat kita, dan Tuhan kita. Ini akan memakan waktu dan kesabaran. Kita tidak bisa mengubah hal-hal dalam semalam, tapi kita bisa secara jujur ​​bertekad melakukan apa yang harus dilakukan, sementara berangkat ke arah yang baru - menuju tujuan yang kita cari untuk diri kita sendiri, dan bagi anak-anak kita. Itu adalah perjalanan yang harus kita lewati bersama.

Saya berharap untuk melanjutkan dialog penting ini dan mengubahnya menjadi tindakan. Dan hari ini, saya ingin bergabung dengan 1,5 miliar umat Islam di seluruh dunia - dan keluarga Anda dan teman-teman - dalam menyambut awal Ramadhan, dan berharap dengan Anda di bulan yang diberkahi. Semoga Tuhan damai akan berada di atas Anda.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home