Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Kartika Virgianti 17:05 WIB | Kamis, 19 Desember 2013

Basuki: Kalau APBD DKI 100 Triliun, Bus Kota Digratiskan Semua

Ilustrasi (Foto: jakarta.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Pemprov DKI akan tetap membeli sebanyak 3000 unit bus untuk merealisasikan New Metro Mini. Wakil Gubernur DKI, Basuki Tjahaya Purnama optimis bahwa ke depannya, bus-bus ini bisa digratiskan jika APBD mencapai 100 triliun rupiah.

“Kita bisa gratiskan semua, sekarang saja APBD kita sudah mendekati itu (70 triliun rupiah). Mudah-mudahan 2016/2017 APBD bisa mencapai 100 triliun, kalau bisa mungkin bus-bus bisa kita bayar per kilometer,” jelas Basuki di Balai Kota, Kamis (19/12).

Selain itu, dia juga ingin nantinya ada bus yang bisa masuk sampai ke perumahan, karena persoalan utama hampir semua perumahan menengah ke atas mempunyai mobil. Oleh karena itu dia ingin meminimalkan penggunaan mobil oleh kalangan ini sejak mereka keluar dari rumahnya.

“Kebiasaan keluar rumah sedikit sudah naik mobil, dia maunya dari rumah ke mall bisa naik bus, makanya kita mesti masuk ke situ. Nanti Metro Mini, Kopami, Kopaja akan masuk ke perumahan-perumahan. Nanti bus-bus di luar kota juga seperti itu,” tutur Basuki dengan harapan bahwa Menhub (Menteri Perhubungan) akan menyetujui rencana ini.

Kalau desainnya seperti bus TransJakarta, orang-orang dari luar kota yang suka naik bus bisa turunkan di halte TransJakarta gratis, atau turunkan di lokasi tujuan atau bisa juga melanjutkan perjalanan dengan bus tingkat gratis.

“Nah konsepnya seperti itu. Kalau tidak, 2014 akan deadlock, macet total, belum lagi kita mau bangun MRT, jalan layang untuk busway, ada tiga koridor lagi yang belum selesai, ini pasti macet,” kata Basuki.
 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home