Loading...
INDONESIA
Penulis: Prasasta Widiadi 11:23 WIB | Jumat, 01 November 2013

Bawaslu Gandeng Media dan Ormas Awasi Pemilu

Gedung Komisi Pemilihan Umum (foto: kpu.go.id)

PALU, SATUHARAPAN.COM - Badan Pengawas Pemilu menggandeng media massa dan organisasi kemasyarakatan di Sulawesi Tengah untuk mengawasi Pemilu 2014.

Ketua Bawaslu Sulawesi Tengah Ratna Dewi Pettalolo di Palu, Jumat, mengatakan program Bawaslu itu akan dilaksanakan di Palu pada Jumat sore melalui tahapan pelatihan pengawasan pemilu selama tiga hari.

Dia mengatakan pelatihan tersebut sebagai upaya penguatan teknis pengawasan pemilu di kalangan wartawan dan organisasi kemasyarakatan.

"Pelatihan itu juga menyangkut titik rawan dalam pelaksanaan pemilu sehingga bagaimana media massa dan ormas bisa berpartisipasi dalam pengawasan pemilu," katanya.

Pelatihan dan pendidikan tersebut menghadirkan pembicara dari Bawaslu dan tim asistensi Bawaslu.

Ratna Dewi mengatakan keterlibatan media dan ormas tersebut diharapkan semakin banyak instrumen yang mengawasi seluruh tahapan pemilu sehingga diharapkan pemilu kali ini akan semakin berkualitas.

Sebelumnya Bawaslu Sulawesi Tengah juga sudah menggandeng pemilih pemula utusan pengurus Osis di Kota Palu. Mereka dinobatkan sebagai duta pengawas pemilu.

Ratna mengatakan minimal keterlibatan siswa tersebut bisa mengawasi seluruh tahapan pemilu secara partisipatif di lingkungan sekolah dan lingkungan tempat tinggal mereka.

Ia mengatakan lingkungan sekolah kerap menjadi sasaran kampanye untuk menggaet pemilih pemula. Padahal dalam ketentuan di lingkungan sekolah dilarang dijadikan sasaran kampanye. (Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home