Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 17:28 WIB | Minggu, 24 Desember 2023

Belanda Akan Kirim 18 Jet Tempur F-16 ke Ukraina

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, berpidato pada konferensi pers di depan jet tempur F-16 di hanggar Pangkalan Udara Skrydstrup di Vojens, Denmark utara, pada 20 Agustus 2023. (Foto: dok. AFP)

AMSTERDAM, SATUHARAPAN.COM-Belanda akan mengirimkan 18 jet tempur F-16 ke Ukraina untuk membantu pertempuran melawan invasi Rusia, kata pemerintah Belanda pada hari Jumat (22/12).

“Hari ini saya memberi tahu Presiden Zelensky tentang keputusan pemerintah kami untuk menyiapkan 18 pesawat tempur F-16 awal untuk dikirim ke Ukraina,” kata Perdana Menteri sementara Mark Rutte dalam sebuah postingan di platform media sosial X.

“Pengiriman F-16 adalah salah satu elemen terpenting dari perjanjian yang dibuat mengenai dukungan militer untuk Ukraina.”

Pengiriman jet tempur tersebut masih menunggu izin ekspor dari Kementerian Luar Negeri Belanda dan pemenuhan kriteria staf dan infrastruktur di Ukraina, tambah Rutte tanpa memberikan batas waktu keputusan tersebut.

Namun pengumuman tersebut memungkinkan adanya cadangan dana dan sumber daya manusia untuk mempersiapkan pesawat untuk pengiriman, kata pemerintah.

“Saya berbicara dengan Mark Rutte untuk berterima kasih kepada pemerintah Belanda atas keputusannya untuk mulai mempersiapkan 18 jet F-16 awal untuk dikirim ke Ukraina,” kata Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, pada X.

Belanda mengirim F-16 pertama buatan Amerika Serikat ke fasilitas pelatihan baru untuk pilot dan staf Ukraina di Rumania bulan lalu.

Denmark, Norwegia dan Belgia juga telah mengumumkan bahwa mereka akan memberikan jet F-16 ke Ukraina, setelah pemerintah AS menyetujui pengiriman mereka untuk bertahan melawan Rusia segera setelah pelatihan pilot selesai. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home