Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 14:47 WIB | Minggu, 29 September 2024

Belgia: Korban Pelecehan Seksual Pastor Menuntut Pemulihan

Itu disampaikan dalam kunjungan Paus Fransiskus ke Brussels.
Paus Fransiskus sarapan bersama dengan orang-orang yang mengalami menjadi tuna wisma dan dibantu oleh gereja paroki St. Gilles di Brussels, hari Sabtu, 28 September 2024. (Foto: AP/Andrew Medichini)

BRUSSELS, SATUHARAPAN.COM-Paus Fransiskus berjanji pada hari Sabtu (28/9) untuk "menawarkan semua bantuan yang kami bisa" untuk membantu korban pelecehan seksual oleh pastor Katolik pulih setelah para korban menceritakan kepadanya secara langsung tentang trauma yang telah menghancurkan hidup mereka dan membuat banyak dari mereka hidup dalam kemiskinan dan penderitaan mental.

Kunjungan Fransiskus ke Belgia didominasi oleh isu skandal pelecehan, dengan Raja Philippe dan Perdana Menteri Alexander De Croo sama-sama mengecam warisan mengerikan Gereja Katolik berupa pemerkosaan dan pelecehan seksual terhadap anak-anak oleh para pastor dan upayanya menutup-nutupi kejahatan tersebut selama puluhan tahun.

Fransiskus bertemu selama lebih dari dua jam pada hari Jumat (27/9) malam dengan 17 korban yang mencari ganti rugi dari gereja atas trauma yang mereka derita dan untuk membayar terapi yang dibutuhkan banyak orang.

Mereka mengatakan memberi waktu satu bulan kepada Fransiskus untuk mempelajari tuntutan mereka — tuntutan yang menurut Vatikan sedang dipelajari oleh Fransiskus.

“Ada begitu banyak korban. Ada juga begitu banyak korban yang masih benar-benar bangkrut,” kata penyintas Koen Van Sumere kepada The Associated Press.

“Saya juga cukup beruntung untuk mendapatkan ijazah dan membangun hidup saya sendiri. Namun, ada begitu banyak orang yang benar-benar bangkrut dan yang membutuhkan bantuan dan yang tidak mampu membelinya dan yang benar-benar membutuhkan bantuan mendesak sekarang.”

Van Sumere mengatakan bahwa ia merasa terdorong oleh pertemuan “positif” dengan Paus, tetapi masih menunggu untuk melihat apa hasilnya.

Pada hari Sabtu (28/9), selama pertemuan dengan pastor dan biarawati Belgia di Basilika Koekelberg, Fransiskus mengakui bahwa pelecehan telah menciptakan “penderitaan dan luka yang mengerikan,” dan merusak iman.

“Ada kebutuhan akan banyak belas kasihan untuk mencegah kita mengeraskan hati kita di hadapan penderitaan para korban sehingga kita dapat membantu mereka merasakan kedekatan kita dan menawarkan semua bantuan yang kita bisa,” katanya.

“Kita harus belajar dari mereka … untuk menjadi gereja yang melayani semua orang tanpa meremehkan siapa pun. Memang, salah satu akar kekerasan berasal dari penyalahgunaan kekuasaan ketika kita menggunakan posisi yang kita miliki untuk menghancurkan atau memanipulasi orang lain.”

Fransiskus memulai hari dengan sarapan — kopi dan croissant — bersama sekelompok 10 orang tunawisma dan migran yang dirawat oleh paroki St. Gilles di Brussels.

Mereka duduk mengelilingi meja di pintu masuk gereja paroki dan menceritakan kisah mereka, dan memberinya sebotol bir yang dibuat oleh paroki, “La Biche Saint Gilles.” Hasil penjualan bir membantu mendanai karya amal paroki.

Fransiskus berterima kasih kepada mereka atas bir dan sarapan dan memberi tahu mereka bahwa kekayaan sejati gereja adalah merawat yang paling lemah.

“Jika kita ingin benar-benar mengetahui dan menunjukkan keindahan gereja, kita harus saling memberi seperti ini, dalam kekecilan kita, dalam kemiskinan kita, tanpa dalih dan dengan banyak cinta.”

Pertemuan sarapan dipimpin oleh Marie-Françoise Boveroulle, seorang vikaris episkopal tambahan untuk keuskupan tersebut. Jabatan ini biasanya diisi oleh seorang pastor, tetapi pengangkatan Boveroulle telah disorot sebagai bukti peran yang dapat dan harus dimainkan oleh perempuan di gereja. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home