Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 05:15 WIB | Sabtu, 28 September 2024

PM dan Raja Belgia Kritik Paus Fransiskus Menutup-nutupi Kasus Pelecehan Seksual

Paus Fransiskus, Ratu Mathilde, dan Raja Philippe mendengarkan pidato Perdana Menteri Belgia, Alexander De Croo, selama pertemuan dengan pihak berwenang dan masyarakat sipil di Grande Galerie, Kastil Laeken, Brussels, hari Jumat, 27 September 2024. (Foto: AP/Andrew Medichini)

BRUSSELS, SATUHARAPAN.COM-Perdana Menteri Belgia pada hari Jumat (27/9) mengecam Paus Fransiskus atas warisan mengerikan Gereja Katolik berupa pelecehan seksual oleh pastor dan upaya menutup-nutupi kasus di negaranya, dan dia menuntut "langkah konkret" untuk berterus terang tentang masa lalu dan mengutamakan kepentingan korban.

Pidato sambutan dari Alexander De Croo di awal kunjungan Fransiskus adalah salah satu pidato paling tajam yang pernah ditujukan kepada Paus selama perjalanan ke luar negeri, di mana aturan protokol diplomatik yang sopan biasanya tidak boleh membuat pernyataan publik yang mengandung kemarahan.

Namun, bahkan Raja Philippe memiliki kata-kata yang keras untuk Fransiskus, menuntut gereja untuk bekerja "tanpa henti" untuk menebus kejahatan dan membantu para korban untuk pulih.

Nada bicara mereka menggarisbawahi betapa parahnya skandal pelecehan seksual oleh pastor Katolik di Belgia, di mana dua dekade pengungkapan pelecehan dan upaya menutup-nutupi secara sistematis telah menghancurkan kredibilitas hierarki dan berkontribusi pada penurunan keseluruhan dalam Katolikisme dan pengaruh gereja yang dulunya kuat.

Fransiskus bertepuk tangan di akhir pidato De Croo dan diperkirakan akan bertemu dengan para korban secara pribadi pada hari Jumat. "Ini adalah aib dan penghinaan bagi kami," katanya dalam tanggapan yang dibuat-buat.

"Saat ini, kata-kata saja tidak cukup. Kami juga membutuhkan langkah-langkah konkret," kata De Croo kepada Fransiskus dan hadirin yang terdiri dari bangsawan, pejabat gereja, diplomat, dan politisi di Kastil Laeken, kediaman keluarga kerajaan Belgia.

"Para korban perlu didengar. Mereka perlu menjadi pusat perhatian. Mereka memiliki hak atas kebenaran. Perbuatan jahat perlu diakui," katanya. "Ketika terjadi kesalahan, kami tidak dapat menerima tindakan menutup-nutupi," katanya. "Agar dapat melihat ke masa depan, gereja perlu berterus terang tentang masa lalunya."

Pengungkapan skandal pelecehan seksual yang mengerikan di Belgia telah tersebar sedikit demi sedikit selama seperempat abad, yang ditandai dengan berita mengejutkan pada tahun 2010 ketika uskup yang menjabat paling lama di negara itu, Uskup Bruges Roger Vangheluwe, diizinkan mengundurkan diri tanpa hukuman setelah mengakui telah melakukan pelecehan seksual terhadap keponakannya selama 13 tahun.

Fransiskus baru saja mencopot Vangheluwe awal tahun ini, dalam sebuah langkah yang jelas dirancang untuk menghilangkan sumber kemarahan yang masih ada di antara warga Belgia sebelum kunjungannya.

Dua bulan setelah Vangheluwe mengundurkan diri, polisi Belgia menggelar penggrebegan yang belum pernah terjadi sebelumnya di kantor-kantor gereja Belgia, rumah Uskup Agung Godfried Danneels yang baru saja pensiun, dan bahkan makam seorang uskup — sebuah pelanggaran yang pada saat itu dikecam Vatikan sebagai "menyedihkan."

Danneels kemudian terekam dalam rekaman saat mencoba membujuk keponakan Vangheluwe untuk tetap diam sampai uskup tersebut pensiun. Akhirnya, pada bulan September 2010, gereja merilis laporan setebal 200 halaman yang menyatakan bahwa 507 orang telah menyampaikan cerita tentang pelecehan yang dilakukan oleh para pastor, termasuk saat mereka berusia dua tahun. Laporan tersebut mengidentifikasi sedikitnya 13 kasus bunuh diri oleh korban dan enam percobaan bunuh diri lainnya.

Para korban dan advokat mengatakan bahwa temuan-temuan tersebut hanyalah puncak gunung es dan bahwa lingkup skandal yang sebenarnya jauh lebih besar. Polisi akhirnya mengembalikan dokumentasi yang disita dalam penggrebegan tahun 2010 ke gereja, sehingga memupus harapan untuk penyelidikan kriminal.

Terlepas dari semua yang diketahui dan sudah menjadi domain publik, skandal tersebut muncul kembali dengan cara baru yang mengejutkan tahun lalu, ketika sebuah dokumenter Flemish empat episode, "Godvergeten" (Terkutuk) ditayangkan di penyiar publik VRT.

Untuk pertama kalinya, para korban Belgia menceritakan kisah mereka di depan kamera satu demi satu, menunjukkan kepada pemirsa Flemish tentang lingkup skandal di komunitas mereka, kebejatan kejahatan, dan upaya menutup-nutupinya secara sistematis oleh hierarki Katolik.

Di tengah kemarahan publik yang terjadi, baik komite parlemen Flanders maupun parlemen federal Belgia membuka penyelidikan resmi tahun lalu. Investigasi lanjutan yang diumumkan pekan ini akan menyelidiki apakah ada tekanan eksternal yang menyebabkan gagalnya investigasi kriminal.

Yang penting, baik Raja Philippe maupun De Croo menyampaikan pernyataan paling keras mereka tentang pelecehan dalam bahasa Belanda — bahasa yang digunakan di Flanders yang dulunya sangat Katolik, tempat kasus pelecehan paling terkenal — sementara bagian yang lebih netral dari pidato mereka disampaikan dalam bahasa Prancis dan Jerman.

Pidato De Croo juga berada di luar protokol khas Vatikan, yang biasanya hanya melibatkan raja yang berbicara kepada paus. Seperti yang terjadi di Kanada, ketika Perdana Menteri Justin Trudeau berbicara kepada paus bersama gubernur jenderal negara itu, kantor De Croo meminta agar ia dapat berbicara, kata para pejabat.

Paus juga merujuk pada pelecehan dalam pernyataannya, menegaskan bahwa gereja "menangani masalah dengan tegas" dengan menerapkan program pencegahan, mendengarkan para korban, dan mendampingi mereka untuk pulih.

Namun setelah teguran mengejutkan dari perdana menteri dan raja, Fransiskus keluar dari naskah untuk mengungkapkan rasa malu gereja atas skandal tersebut dan menyuarakan komitmennya untuk mengakhirinya.

“Gereja harus malu dan meminta maaf serta mencoba menyelesaikan situasi ini dengan kerendahan hati Kristen dan melakukan segala cara yang mungkin. "Kami meminta gereja untuk melakukan lebih banyak hal, termasuk menerapkan program ganti rugi yang kuat untuk memberi kompensasi atas trauma yang mereka alami dan membiayai terapi seumur hidup yang dibutuhkan banyak orang.”

Beberapa orang menulis surat yang menuntut program ganti rugi tersebut, yang rencananya akan mereka sampaikan kepada Fransiskus dalam pertemuan pribadi mereka. Perdana menteri, raja, dan paus juga merujuk pada skandal baru yang terkait dengan gereja yang mengguncang Belgia, atas apa yang disebut "adopsi paksa", yang menggemakan pengungkapan sebelumnya tentang apa yang disebut rumah ibu dan bayi di Irlandia.

Setelah Perang Dunia II dan hingga tahun 1980-an, banyak ibu tunggal dipaksa oleh gereja Belgia untuk menyerahkan bayi mereka yang baru lahir untuk diadopsi. Sering kali para ibu hampir tidak melihat bayi mereka sebelum para biarawati membawa mereka pergi, dan bayi-bayi itu kemudian ditempatkan untuk diadopsi, dengan uang berpindah tangan.

Bagi mereka yang diadopsi, hampir mustahil sekarang untuk menemukan ibu kandung mereka, karena catatannya telah lama hilang.

Fransiskus mengatakan dia "sedih" mendengar praktik-praktik ini, tetapi mengatakan kriminalitas semacam itu "bercampur dengan apa yang sayangnya merupakan pandangan umum di semua bagian masyarakat saat ini."

"Banyak yang percaya dalam hati nurani bahwa mereka melakukan sesuatu yang baik untuk anak dan ibu," katanya, mengacu pada stigma sosial seorang ibu yang tidak menikah di negara Katolik. Dia berdoa agar gereja "memberikan kejelasan" pada masalah ini.

Ketika Fransiskus bertemu dengan para penyintas adopsi paksa di Irlandia pada tahun 2018, dia menyampaikan permintaan maaf yang luas atas nama gereja.

Ini adalah masalah yang dipahami dengan baik oleh Paus Argentina mengingat sejarah Argentina sendiri tentang adopsi paksa anak-anak yang lahir dari orang-orang yang mengaku berhaluan kiri selama kediktatoran militer tahun 1970-an.

Menteri Kehakiman sementara Belgia, Paul Van Tigchelt, menyebut adopsi paksa sebagai ''praktik mengerikan oleh gereja." Tidak ada angka resmi yang tersedia, tetapi kelompok media HLN yang mengangkat kembali isu ini tahun lalu memperkirakan isu ini berdampak pada 30.000 orang. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home