Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 15:20 WIB | Senin, 30 September 2024

Keluarga: Polisi Pakistan Bunuh Tertuduh Penistaan Agama Dalam Pertemuan Palsu

Keluarga dokter yang dituduh lakukan penistaan agama di Pakistan mengatakan polisi membunuhnya dalam sebuah pertemuan palsu.
Keluarga Shah Nawaz, seorang dokter yang dituduh melakukan penistaan agama, dari kiri, ibu Rehmat Kunbhar, istri Niamat Bibi, dan putri Hareem Nawaz, berbicara kepada media di kediaman mereka di Umerkot, sebuah distrik di Provinsi Sindh, Pakistan, hari Sabtu, 21 September 2024. Keluarga tersebut mengatakan pada hari Senin (23/9) bahwa Shah Nawaz dibunuh oleh polisi saat ditahan di Pakistan selatan setelah ia menyerahkan diri secara sukarela menyusul jaminan bahwa ia akan diberi kesempatan untuk membuktikan tidak bersalahan, menyangkal pernyataan polisi bahwa ia tidak sengaja terbunuh dalam baku tembak. (Foto: AP/Allah Bux)

MULTAN-PAKISTAN, SATUHARAPAN.COM-Keluarga seorang dokter yang dituduh melakukan penistaan ​​agama mengatakan pada hari Senin (23/9) bahwa ia dibunuh oleh polisi saat ditahan di Pakistan selatan setelah ia menyerahkan diri secara sukarela menyusul jaminan bahwa ia akan diberi kesempatan untuk membuktikan tidak bersalahan, menyangkal pernyataan polisi bahwa ia tidak sengaja terbunuh dalam baku tembak.

Jika benar, ini akan menjadi pembunuhan di luar hukum kedua dalam sepekan, yang menuai kecaman dari kelompok-kelompok hak asasi manusia.

Shah Nawaz, seorang dokter di distrik Umerkot, Provinsi Sindh, Pakistan telah bersembunyi pekan lalu setelah dituduh menghina Nabi Muhammad dan membagikan konten yang menghujat di Facebook. Nawaz mengatakan seseorang telah meretas akunnya dan bahwa ia tidak mengunggah apa pun yang menentang Islam.

Keluarganya mengatakan ia ditangkap Rabu (18/9) lalu dan dibunuh beberapa jam kemudian dalam sebuah pertemuan palsu dengan polisi. Massa juga membakar klinik Nawaz pada hari Rabu (18/9), kata para pejabat.

Polisi mengatakan Nawaz terbunuh secara tidak sengaja ketika petugas di kota Mirpur Khas memberi isyarat kepada dua pria di atas sepeda motor untuk berhenti. Alih-alih berhenti, kedua pria itu malah melepaskan tembakan dan mencoba melarikan diri, yang menyebabkan polisi menembak dan menewaskan salah satu dari mereka, kata polisi.

Mereka mengatakan bahwa setelah baku tembak itu, petugas baru mengetahui bahwa pria yang terbunuh itu adalah dokter yang mereka cari atas tuduhan penistaan ​​agama.

“Saya menginginkan keadilan bagi anak saya yang terbunuh saat dia dalam tahanan polisi,” kata Rehmat Kunbhar, ibu Nawaz.

“Kami meminta dia untuk menghadapi penyelidikan setelah polisi meyakinkan kami bahwa dia akan diberi perlindungan,” katanya melalui telepon. “Saya tidak tahu bahwa polisi akan membunuhnya,” katanya sambil terisak.

Dia mengatakan bahwa unggahan di Facebook terus berlanjut setelah penangkapannya, yang menunjukkan bahwa seseorang telah meretasnya.

Ayah Nawaz, Mohammad Saleh, mengatakan bahwa segerombolan orang telah merampas jasad putranya setelah kematiannya dan membakarnya di depannya. “Mereka menyiramkan bensin ke tubuh anak saya dan membakarnya, sementara saya hanya bisa menyaksikannya tanpa daya,” katanya.

Polisi mengatakan mereka telah menangkap sembilan orang atas tuduhan mengambil dan membakar tubuh anak saya. Noor Mohammad, seorang pejabat polisi yang sedang menyelidiki kasus tersebut, mengatakan bahwa petugas sedang berupaya menangkap lebih dari 100 orang yang terlibat dalam kekerasan yang terjadi sebelum dan sesudah penangkapan Nawaz.

Pada hari Jumat (20/9), pihak berwenang menjatuhkan skors pada polisi yang telah melepaskan tembakan dan membunuh Nawaz, yang mendapat tepuk tangan dan dihadiahi bunga mawar oleh penduduk setempat setelah pembunuhan tersebut.

Anggota masyarakat sipil mengunjungi desa Nawaz pada hari Kamis (19/9) dan bertemu dengan keluarganya serta meletakkan bunga di makamnya sebagai tanda penghormatan dan dukungan.

“Kami ketakutan dan kami tidak dapat menyekolahkan anak-anak kami,” kata Niamat Bibi, janda Nawaz.

Tuduhan penistaan ​​agama — terkadang hanya sekadar rumor — dapat memicu kerusuhan dan amukan massa di Pakistan. Meskipun pembunuhan tersangka penistaan ​​agama oleh massa merupakan hal yang umum, pembunuhan di luar hukum oleh polisi jarang terjadi.

Sepekan sebelum pembunuhan Nawaz, seorang petugas melepaskan tembakan di dalam kantor polisi di kota Quetta, Pakistan barat daya, menewaskan Syed Khan, tersangka lain yang ditahan atas tuduhan penistaan ​​agama.

Khan ditangkap setelah petugas menyelamatkannya dari massa yang marah yang mengklaim bahwa ia telah menghina nabi Islam. Petugas polisi yang membunuhnya, Mohammad Khurram, segera ditangkap. Namun, keluarga korban kemudian mengatakan bahwa mereka memaafkan petugas tersebut.

Berdasarkan undang-undang penistaan ​​agama Pakistan yang kontroversial, siapa pun yang terbukti bersalah menghina Islam atau tokoh agama Islam dapat dijatuhi hukuman mati — meskipun pihak berwenang belum melaksanakan hukuman mati untuk penistaan ​​agama. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home