Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Heri Darmanto 13:50 WIB | Minggu, 15 Agustus 2021

Berlatih Opening (Pembukaan) Catur Dengan Bantuan Teknologi

Chessbase Fritz Trainer (Foto: shop.chessbase.com)

SATUHARAPAN.COM - Postingan ini adalah seri artikel Akselerasi Kemajuan Catur Dengan Memanfaatkan Teknologi (Bagian-5). Di jaman milenial ini peran teknologi sangat signifikan untuk mengakselerasi kemajuan catur. Pecatur bisa belajar catur, berlatih catur di mana saja, kapan saja, tidak harus tatap muka dengan pelatih caturnya. Apalagi di masa wabah pandemi covid-19 yang saat ini semakin mewabah sampai pemerintah memberlakukan PPKM Darurat. 

 

Tulisan ini adalah seri ke-5 lanjutan tulisan sebelumnya yang membahas peran teknologi dalam proses belajar berlatih catur. Di tulisan pertama telah dibahas secara ringkas belajar dan berlatih catur berbantu teknologi baik dengan laptop ataupun HP. Dalam tulisan kedua telah dibahas secara rinci bagaimana belajar teori catur baik dari buku catur (buku cetakan dan ebook digital catur), dari artikel di website catur baik yang bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, juga dari video catur di youtube dan lain-lainnya. Selain tentu saja belajar teori catur dari klub dan sekolah catur serta les catur secara private dari pelatih catur manusia secara langsung. Pada tulisan ketiga tempo hari dibahas berlatih taktik catur berbantu teknologi secara rinci. Dan bagian ke-4 telah dibahas secara lebih rinci lagi berlatih ending catur berbantu teknologi, baik dari laptop ataupun dari HP.

 

Pada seri ke-5 kali ini akan dibahas secara lebih rinci lagi berlatih opening (pembukaan) catur berbantu teknologi, baik dari laptop ataupun dari HP.

 

Berlatih Opening (Pembukaan) Catur dari Software Catur di komputer/laptop. Opening atau Babak Pembukaan adalah tahap awal dari permainan catur. Permainan catur secara umum dibagi menjadi 3 (tiga) fase atau tahap atau babak yaitu Fase Opening (Tahap Pembukaan), Fase Middle (Babak Tengah) dan Fase Ending (Permainan Akhir). Umumnya opening catur ini berkisar antara 10-20 langkah tergantung pertukaran langkah yang dibuat oleh pemain. Semakin awal banyak melakukan pertukaran perwira maka akan lebih cepat memasuki fase babak tengah (middle game). Belajar berlatih opening (pembukaan) catur bisa menggunakan software catur, bisa dari web catur dan juga dari app ending catur di HP kita seperti halnya berlatih taktik dan ending catur (telah dibahas di seri tulisan sebelumnya).

 

Banyak sekali software catur yang bisa digunakan untuk berlatih ending catur dan bisa kita install di komputer atau laptop kita. Salah satu software yang bisa dipakai berlatih opening catur adalah Chessbase Fritz Trainer (https://shop.chessbase.com/en/openings/tree) yang merupakan software catur sangat terkenal dan populer di dunia yang dipakai oleh banyak Grandmaster dan pecatur Pro sekalipun. Disajikan berupa video dari para coach GM yang menjelaskan opening yang sedang dibahas. Satu produk hanya membahas satu opening repertoire, sehingga pengguna musti membeli banyak produk opening sesuai yang dimainkannya. Investasi yang mahal adalah kelemahan produk ini.

 

Software kedua yang saya sarankan untuk berlatih ending catur adalah software Chess Opening Trainer yang bisa kita install di laptop atau PC kita. Kelebihan software ini adalah latihan opening berupa quiz interaktif berupa Flash Card dengan fitur statistik hasil latihan berupa grafik yang menarik. Bahan materi openingnya bisa kita import berupa file PGN ke software CPT tersebut – Repertoire dibagi menjadi 2 bagian, pegang putih dan pegang hitam. Software ini bagus sekali, namun sayangnya tidak diupadte lagi oleh pengembangnya https://www.chesspositiontrainer.com/index.php/en/features 

 

Berlatih Opening Catur dari App Catur di HP/Smartphone atau TAB. Seperti halnya berlatih taktik dan ending catur, selain berlatih dari laptop atau PC dengan software, berlatih opening catur bisa dilakukan dari HP/Smartphone atau TAB dengan App catur opening. Kelebihan latihan opening catur dari HP adalah lebih fleksibel karena bisa dilakukan dimana saja, bahkan sambil berdiri di jalanan, sedang perjalanan dalam kendaraan atau bahkan sedang di toilet sekalipun, hal semacam ini yang tak bisa dilakukan dengan laptop/PC. Beberapa app opening catur yang sering digunakan antara lain, Chess Opening Trainer misalnya https://play.google.com/store/apps/details?id=com.beadapps.chessrepertoiretrainer.paid

Seperti halnya sebagian besar app atau software untuk belajar catur, umumnya bertujuan untuk membantu pecatur untuk menghafalkan varian-varian langkah opening repertoire yang jumlah bisa belasan, ratusan bahkan ribuan. Tanpa ada tools, app, software khusus opening semacam ini maka pecatur akan kesulitan melatih dan menghafal openingnya secara teratur, tercatat, terukur, terpantau.

 

Selain app opening catur Chess Opening Trainer, ada app CHESSIMO yang selain bisa untuk melatih taktik dan ending catur juga bisa untuk melatih opening catur. Chessimo ini mungkin lebih ke pemula catur, karena kandungan opening catur di app ini tidak lengkap. Selain merilis versi PC (Windows), Chessimo juga dibuat di sistem operasi Android yang dimainkan dari HP atau TAB. Jadi sangat praktis bisa melatih ending catur di mana saja berada. Alamat app Chessimo for Android adalah:

https://play.google.com/store/apps/details?id=de.chessimo.app

 

Berlatih Opening Catur dari WEB CATUR. Berlatih opening catur dari web catur dengan aplikasi web (tidak harus diinstall) adalah cara tercanggih saat ini berlatih catur dengan bantuan teknologi. Kelebihan latihan opening catur dari web adalah selain hasil latihan tercatat dan terukur, latihan ini juga bisa dipantau kapanpun 24 Jam non stop karena data hasil latihan tercatat di server ending catur di web tersebut. Berlatih opening catur ada yang FREE/GRATIS dan juga ada yang berbayar. Tapi semuanya membutuhkan yang namanya AKUN keanggotaan agar bisa berlatih ending catur. Cara daftarnya biasanya melalui email atau HP dari pengguna.

 

Banyak sekali web catur yang menyediakan latihan opening catur secara online sebagai berikut, yang pertama adalah CHESSTEMPO - https://www.chesstempo.com/opening-training/  Server chesstempo menyediakan fitur yang lengkap dan interaktif, salah satunya yang canggih adalah statistik reportnya yang lengkap berbentuk grafis sehingga mudah untuk dievaluasi untuk perbaikan latihan selanjutnya. Bahan materi langkah openingnya dari pengguna yang mengimport file PGN ke dalam chesstempo yang hanya bisa dilihat oleh pengguna tersebut.

 

Web catur lainnya selain Chesstempo yang menyediakan latihan opening catur adalah CHESSABLE. Website ini walaupun masih relatif baru namun fiturnya sangat menarik dan telah bergabung ke PLAY MAGNUS GROUPS. Dengan dukungan Juara Dunia Magnus Carlsen, maka kualitas chessable sudah tak perlu diragukan lagi. Bahkan PEMECAH REKOR gelar GM termuda sepanjang sejarah catur dunia dari USA, anak kecil berdarah India bernama ABIMANYU MISHRA belajar berlatih catur dari website ini.  Dengan mengandalkan teknologi canggih yang disebut Move Trainer memang harus diakui, Chessable adalah metode terbaik belajar berlatih opening catur saat ini.

 

Chessable dilengkapi dengan QUIZ, text penjelasan dari para master pembuat web course dan juga video penjelasan, sehingga UNSUR PEMAHAMAN CATUR bisa dipenuhi dari sini. Belajar berlatih opening harus hafal namun juga WAJIB PAHAM. HAPAL saja tidak cukup. Sebaliknya PAHAM SAJA tanpa punya hafalan juga kurang. Hafal dan PAHAM kedua harus dipenuhi agar punya skill opening catur yang baik. Web course chess opening di chessable seringkali dibuat menurut 1 sisi saja (sebagai hitam atau sebagai putih), biasa disebut dengan istilah opening repertoire yang terdiri dari langkah-langkah varian opening tertentu. https://www.chessable.com/chess-openings/ 

 

Selain Chesstempo dan Chessable, server catur lainnya yang terkenal dan sekarang populer adalah server catur chess,com, yang merupakan layanan web catur online yang dikenal dipakai untuk pertandingan catur online. Di server ini selain tersedia puzzle taktik catur, juga ada latihan untuk ending catur. Di web chess dotcom ini Opening catur dijelaskan dalam video berbahasa Inggris dari coach GM yang mengajar dalam video tersebut disertai dengan latihan quiz posisi opening beserta penjelasan. https://www.chess.com/lessons/openings 

 

Tambahan lain opening catur bisa juga dilatih dengan Web App buatan Chessbase di alamat: https://openings.chessbase.com/ Langkah-langkah opening catur yang merupakan repertoire kita, bisa kita catat tandai di Chessbase versi Web ini dan lalu dilatih berupa quiz di waktu mendatang. Hanya berbekal akun chessbase, kita bisa menaruh opening repertoire kita secara private ke dalam server chessbase yang mana hanya kita saja yang tahu isinya. Pengguna premium mempunyai fitur lebih lengkap tanpa keterbatasan.

 

MN Heri Darmanto


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home