Loading...
SAINS
Penulis: Eti Artayatini 13:29 WIB | Selasa, 31 Mei 2022

BPK PENABUR Metro Resmikan Gedung SMPK di Metro, Lampung

dr. H. Wahdi Siradjuddin, Sp.OG (K), : Niat, komitmen dan gotong royong adalah kunci keberhasilan Pembangunan SMPK PENABUR Metro.
BPK PENABUR Metro Resmikan Gedung SMPK di Metro, Lampung
Ketua Umum Yayasan BPK PENABUR, Adri Lazuardi, Ketua BPK PENABUR Bandung Erwien Kosasih, Ketua BPK PENABUR Jakarta, Antono Yuwono dan Ketua BPK PENABUR Metro, Alexander K. Ruslim melakukan pengguntingan pita, meresmikan gedung SMPK PENABUR Metro
BPK PENABUR Metro Resmikan Gedung SMPK di Metro, Lampung
BPK PENABUR Metro Resmikan Gedung SMPK di Metro, Lampung
BPK PENABUR Metro Resmikan Gedung SMPK di Metro, Lampung
BPK PENABUR Metro Resmikan Gedung SMPK di Metro, Lampung

LAMPUNG, SATUHARAPAN.COM - Bless, change dan do more merupkan  tema dari peresmian Gedung SMPK PENABUR Metro, melalui tema ini BPK PENABUR Metro sangat mengharapkan dengan adanya Gedung SMPK PENABUR Metro yang baru ini, BPK PENABUR Metro dapat menghasilkan siswa/I yang berkarakter, dan berprestasi baik akademik maupun non akademik, dan tentunya terus  berpengharapan hanya kepada Tuhan yang adalah Sang Empunya hidup, sehingga siswa- siswa seperti pohon yang tertanam di tepi air dan yang akarnya merambat ke batang air yaitu Tuhan sendiri dan akhirnya ada buah- buah yang dihasilkan melalui karya siswa – siswi SMPK BPK PENABUR Metro yang menjadi jawaban atas anugerah Allah yang dinyatakan kepada Bapak/Ibu guru, Ungkap Ketua BPK PENABUR Metro Alexander Karmali Ruslim dalam sambutannya.

BPK PENABUR Metro berdiri dari tahun 1967 hingga saat ini di Kota Metro, perjalanan yang Panjang hingga saat ini  kami masih ada itu semua karena kemurahan Tuhan semata, BPK PENABUR sudah sejak lama memiliki kerinduan untuk memiliki jenjang SMP. Dan Tuhan jawab, kerinduan BPK PENABUR Metro pada tahun 2019 dan Gedung SMPK PENABUR metro ini mulai di bangun bulan Februari 2020, kisah Alex seperti dikutip satuharapan.com.

Guru dan karyawan harus menjadi teladan bagi anak- anak, melibatkan anak- anak dalam setiap pembelajaran yang diberikan hingga anak- anak bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan siap menghadapi tantangan ke depan, Pesan Alex kepada Guru dan Karyawan SMPK PENABUR Metro.

Alex berharap bangunan Gedung SMPK PENABUR Metro dapat dimanfaatkan dengan baik, secara optimal sesuai bakat dan minat anak berdasarkan nilai- nilai Kristiani.

Ucapan terima kasih diberikan Alex kepada Yayasan BPK PENABUR, BPK PENABUR Jakarta dan BPK PENABUR Bandung yang selama ini telah memberikan dukungan dalam proses pembangunan SMP PENABUR Metro. Serta Pemerintah kota Metro yang mendukung dan menfasilitasi BPK PENABUR Metro sehingga Gedung SMPK PENABUR Metro dapat selesai dibangun.

Yayasan BPK PENABUR ada di 15 kota dengan 164 sekolah yang dikelola dengan 48 ribu siswa dengan kurang lebih didukung oleh 5400 karyawan. Jenjang Pendidikan BPK PENABUR terdiri dari TK, SD , SMP, SMA dan sekolah International. Dalam lingkup yang lebih luas gereja Sinode Wilayah Jawa Barat tempat BPK PENABUR dinaungi memilik dua universitas yaitu Ukrida di Jakarta dan Universitas Kristen Marantha yang ada di Bandung. Dan Memiliki dua Rumah Sakit, RS Ukrida di Jakarta, Rs. Maranatha Imanuel Di Bandung, Jelas Adri Lazuardi Ketua Umum Yayasan BPK PENABUR.

Dalam sambutannya , Adri menjelaskan bahwa  BPK PENABUR telah berdiri di Indonesia selama 72 tahun , yaitu sejak tanggal 19 Juli 1950. Dan Adri bersyukur karena selama 72 Tahun BPK PENABUR telah ikut serta berperan mencerdaskan anak Bangsa.

Kehadiran di kota Metro merupakan bagian tanggung jawab BPK PENABUR bersama- sama dengan pemerintah kota Metro melakukan upaya bagaimana masyarakat Metro dapat maju dan berkembang, jelas Adri.

Adri juga melaporkan , Ketika SMPK PENABUR Metro berdiri adalah bentuk kolaborasi daripada Yayasan dan kota- kota , yaitu dukungan dari BPK PENABUR Jakarta dan BPK PENABUR Bandung. Dan ini merupakan bentuk sebuah usaha sebagai bagian keluarga besar PENABUR yang ada di 15 kota , mengupayakan kerjasama satu sama lain sehingga bisa membangun satu demi satu Lembaga Pendidikan yang bermutu di kota masing- masing.

Peresmian SMPK PENABUR Metro, adalah sebuah jawaban dari tantangan bahwa tidak ada yang tidak mungkin, segala sesuatu adalah mungkin. Tidak adalagi BPK PENABUR yang tertinggal, tidak adalagi BPK PENABUR yang kecil. Tetapi kita semua dalah bagian yang diberi keunikan dan kekhasan sebagai BPK PENABUR, tumbuh dan berkembang dikota masing- masing, sesuai dengan identitas dikota masing- masing, bagaimana memasuki budaya yang ada di kota masing- masing dan mencerdaskan anak- anak bangsa dikota masing - masing , Ujar Adri.

Adri menekankan bahwa tanggung jawab sebagai pengurus BPK PENABUR adalah bagaimana tetap mempertahankan kepercayaan yang diberikan Tuhan kepada kita dalam tahun tanggung jawab moral sebagai pemimpin, bagaimana kita bisa menghidupkan setiap Lembaga Pendidikan yang dipercayakan dengan penuh tanggung jawab.

Kalau secara hitung- hitungan BPK PENABUR tidak punya kemampuan membangun SMPK PENABUR Metro , Metro dibangun dengan sebuah tekad sederhana yang mungkin berawal pemikiran, sudah waktunya Metro punya SMP. Dan jujur Yayasan BPK PENABUR tidak memiliki dana untuk membangun. Ide ini kemudian di bawa ke 15 kota, bahwa kolaborasi akan mewujudkan tekad dan impian yang ada. Dan hari ini diresmikan Gedung SMPK PENABUR Metro.

Jadi tidak ada yang tidak mungkin, jika kita meyakini kita adalah keluarga besar, kita pasti berusaha tidak ada yang tertinggal.

Adri juga mengapresiasi ketua BPK PENABUR Jakarta Antono Yuwono dan rekan- rekan pengurus BPK PENABUR Jakarta , ketua BPK PENABUR Bandung Erwien Kosasih dan rekan- rekan Pengurus BPK PENABUR Bandung, dengan jiwa yang tulus mau membantu pembangunan SMPK PENABUR Metro.

Hal yang paling membanggakan menurut Adri, Tahun ini SMPK PENABUR metro meraih nilai  UNBK dua terbaik sekota Metro, dalam bidang esensial mereka menjadi nomor satu dalam lima mata pelajaran.

Adri berpesan kepada guru dan karyawan SMPK PENABUR Metro, bahwa Gedung SMPK PENABUR Metro adalah talenta Tuhan yang harus dikelola dengan baik, inilah saatnya mempunyai tekad yang sama , mengelola Gedung SMPK PENABUR Metro menghasilkan generari yang hebat, jadilah role model, jadilah teladan yang membawa inspirasi yang baik sehingga dari kota Metro, dari Gedung SMPK PENABUR Metro lahir pemimpin-pemimpin masa depan untuk membuat Indonesia maju, dan itu yang harus terjadi.

Peresmian SMPK PENABUR Metro dihadiri oleh Walikota Metro dr. H. Wahdi Siradjuddin, Sp.OG (K), Wahdi mengatakan perlunya niat, komitmen dan gotong royong maka SMPK PENABUR Metro dapat dibangun, Visi ini tidak jauh berbeda dengan Visi yang diangkat oleh Kota Metro yaitu mewujudkan kota Metro yang berpendidikan, sehat sejahtera, berbudaya, satu lintasan jalan Panjang menuju Indonesia emas  2045,  Indonesia merdeka 100 tahun.

Wahdi mengungkapkan, apa yang ditampilkan anak-anak dalam penampilannya menghadirkan rasa cinta terhadap bangsa dan negaranya. Dimana di dalamnya terdapat toleransi beragama dan toleransi terhadap suku- suku dan budaya yang ada di Indonesia.

Perbedaan itu fitrah dan ia harus diletakkan dalam prinsip kemanusiaan universal memuliakan manusia berarti memuliakan penciptaannya merendahkan dan menistakan manusia berarti merendahkan menistakan penciptaannya maka ketika Tuhan menciptakan manusia berbeda-beda hanya satu yang ingin dicapai agar kita saling mengenal memberikan nilai kasih sayang saling menghormati dan menghargai dalam kehidupan berbangsa dan bernegara hormati perbedaan dan kemajemukan yang ada, kutip Wahdi dari salah satu tulisan yang ditulis oleh Alm. Gus Dur.

Wahdi mengajak siapapun untuk membangun Bangsa Indonesia agar menjadi bangsa yang besar dengan SDM (sumber daya manusia) yang tangguh,  generasi ke depan harus mempunyai nilai-nilai toleransi dan akhlak yang baik sehingga  bisa mencapai tujuan berbangsa dan bernegara.

Wahdi menilai SMPK PENABUR Metro akan menjadi salah satu SMP yang akan memiliki kualitas yang baik karena dalam usianya yang masih tergolong baru sudah menjadi juara 2 dalam beberapa mata pelajaran esensial di kota Metro. Dan juga mengembangkan dan menghasilkan karakter yang tanggu, dan berakhlak.

Wahdi berharap, keberadaan gedung yang sangat mewah dan representatif ini akan menambah motivasi dan kenyamanan dalam proses belajar mengajar serta penyelenggaraan pendidikan di SMP BPK PENABUR dan Wahdi berpesan kepada Siswa/ISMP BPK Penabur untuk  terus berprestasi dan kepada guru-guru disampaikan untuk mendidik anak-anak bangsa sehingga menjadi generasi yang tangguh, berakhlak dan mampu mewujudkan Indonesia maju.

Wahdipun menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada semua pihak termasuk dalam jajaran pengurus BPK PENABUR se-indonesia atas kepercayaannya terhadap kota Metro sehingga SMPK PENABUR boleh di bangun.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home