Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Melki 05:23 WIB | Jumat, 23 Agustus 2024

Bus KPK Kunjungi Lebak Melawan Korupsi

Kunjungan keliling Bus KPK guna meningkatkan pendidikan antikorupsi di Alun-Alun Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Kamis (22/8/2024). (HO-Pemprov Banten)

SERANG, SATUHARAPAN.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berkolaborasi dengan pemerintah daerah mendatangkan kunjungan keliling Bus KPK 2024 guna meningkatkan partisipasi masyarakat melawan tindak pidana korupsi.

Kehadiran Bus KPK disambut positif oleh Pemerintah Provinsi Banten, sebagai upaya pendidikan dan pencegahan korupsi di wilayah tersebut.

"Banyak rangkaian kegiatan yang digelar dalam meningkatkan partisipasi publik, yakni kepada para tenaga pendidik, pelajar, mahasiswa, ASN, partai politik, komunitas hingga masyarakat", ujar Sekretaris Inspektorat Provinsi Banten Ratu Syafitri Muhayati di Rangkasbitung, Kamis (22/8).

Ketua Forum Pencegahan Anti Korupsi (Forpak) Provinsi Banten itu mengatakan bahwa Banten merupakan Provinsi keempat yang menjadi kunjungan keliling Bus KPK tahun 2024, bertema "Jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi."

KPK melaksanakan kegiatan sosialisasi dan kampanye antikorupsi, kuliah umum di kampus, diskusi publik, pameran pelayanan publik, dan lainnya dengan tujuan meningkatkan partisipasi publik dan meningkatkan kesadaran antikorupsi di kehidupan sehari-hari.

"Di Alun-alun Rangkasbitung ini, selain Bus KPK, juga ada stan permainan, penampilan film edukasi tentang bahaya korupsi, literasi terhadap anti korupsi, untuk anak-anak juga disediakan menggambar bersama. Jadi Bus KPK memang dirancang untuk semua kalangan," ujar dia.

Sementara itu, Direktur Sosialisasi dan Kampanye Anti Korupsi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia Amir Arief mengatakan bahwa Tim roadshow Bus KPK hadir di tengah masyarakat memberikan pendidikan anti korupsi sejak dini kepada semua kalangan.

“Kami lakukan sosialisasi memberikan pendidikan antikorupsi sejak dini sehingga menanamkan sikap jujur, disiplin, mandiri, tanggung jawab dan bekerja keras,” ucapnya.

Melalui kunjungan keliling Bus KPK tahun 2024 in, ia berharap dapat menumbuhkan budaya antikorupsi di masyarakat, sehingga generasi muda Banten mempunyai nilai-nilai integritas yang kuat.

Nilai-nilai itu dapat berasal dari nilai kode etik di tempat dia bekerja, nilai masyarakat atau nilai moral pribadi. KPK merilis sembilan nilai integritas yang bisa mencegah terjadinya tindak korupsi.

Kesembilan nilai itu adalah jujur, peduli, mandiri, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, berani, dan adil.

"Kami berharap tumbuh generasi muda yang memiliki pondasi berintegritas," tambahnya.

Di Provinsi Banten Rlroadshow Bus KPK hadir mulai tanggal 22 Agustus - 1 September 2024. Di Kabupaten Lebak tanggal 22-25 Agustus 2024.

Setelah itu Bus KPK melakukan kunjungan keliling ke Kabupaten Pandeglang pada tanggal 29 Agustus-1 September 2024 dan Kota Serang bertempat di Lapangan Kantor Gubernur Banten KP3B Kota Serang pada tanggal 5-8 September 2024.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home