Loading...
SAINS
Penulis: Sotyati 11:51 WIB | Sabtu, 18 Januari 2014

California Umumkan Status Darurat Kemarau

Kebakaran hutan di California Selatan. (Foto: randsco.com)

LOS ANGELES, SATUHARAPAN.COM - Kemarau terparah di California, Amerika Serikat, dalam satu abad terakhir menghancurkan pertanian dan hutan, yang dilanda kebakaran hutan, kata Gurbenur Jerry Brown pada Jumat (17/1) saat mengumumkan status darurat.

Peryataan status darurat itu membuat California bisa mengakses bantuan federal untuk mengatasi kemarau tersebut, yang mengakibatkan kekeringan hutan hingga membuatnya rentan terbakar.

Pada Kamis (16/1), kebakaran besar terjadi tepat di luar Los Angeles, menghancurkan beberapa rumah dan membuat penduduk terpaksa mengevakuasi area itu, tempat risiko kebakaran meningkat selama beberapa pekan terakhir.

Brown mendesak penduduk negara bagiannya untuk mengurangi penggunaan air sedikitnya 20 persen. “Saya sudah menyatakan ini adalah kondisi darurat dan saya menyerukan kepada semua warga California untuk menghemat air sebisa mungkin,” katanya dalam pernyataannya.

“Kita tidak bisa menurunkan hujan. Namun, kita bisa lebih siap menghadapi konsekuensi mengerikan yang mengancam California akibat kemarau ini, termasuk kurangnya air untuk ladang dan komunitas kita, dan meningkatnya kebakaran di area perkotaan dan pedesaan,” ia menambahkan. (AFP/Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home