Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 20:15 WIB | Jumat, 13 Oktober 2023

Ceko dan Denmark Akan Kirim Peralatan Militer Berat ke Ukraina

Prajurit Ukraina dari Brigade Mekanik Terpisah Kostiantyn Ostrozkyi ke-30 berdiri di samping tank tempur utama T-72 yang direbut sebelumnya dari pasukan Rusia, di posisi dekat garis depan kota Bakhmut, di tengah serangan Rusia ke Ukraina, di wilayah Donetsk, Ukraina 19 Juni, 2023. (Foto: dok. Reuters)

PRAHA, SATUHARAPAN.COM-Republik Ceko dan Denmark akan bersama-sama memasok peralatan militer berat ke Ukraina dalam beberapa bulan mendatang, kata Kementerian Pertahanan Ceko pada hari Kamis (12/10).

Dikatakan bahwa pasokan tersebut akan berasal dari perusahaan pertahanan Ceko dan dibiayai dari anggaran Denmark. Rencana bersama ini pertama kali diumumkan bulan lalu.

Kementerian Ceko merinci pada hari Kamis (12/10) bahwa pengiriman pertama akan mencakup hampir 50 kendaraan tempur infanteri dan tank tempur utama, 2.500 senjata tangan, 7.000 senapan, 500 senapan mesin ringan, 500 senapan sniper dan peralatan untuk peperangan elektronik dan intelijen.

Persediaan tersebut akan mencakup peralatan baru dan modern.

Kementerian tersebut mengatakan bulan lalu pengiriman pertama akan mencakup 15 tank tempur utama T-72EA yang dimodernisasi.

Pengiriman lebih lanjut akan mencakup 500 senapan mesin berat, 280 senjata recoilless, 7.000 senjata anti-tank, 10.000 granat tangan, 60 mortir, dan sejumlah besar sistem anti-drone.

Perjanjian pendanaan ini serupa dengan kesepakatan yang dicapai tahun lalu dengan Belanda dan Amerika. Kementerian tersebut mengatakan bulan lalu sekitar setengah dari perkiraan 90 tank berdasarkan perjanjian tersebut telah dikirimkan. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home