Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:59 WIB | Jumat, 07 Juni 2024

Denmark, Yunani, Pakistan, Panama dan Somalia Akan Dapat Kursi Dewan Keamanan PBB

Dewan Keamanan PBB bertemu mengenai situasi di Timur Tengah, di markas besar PBB di New York City pada 18 April 2024. (Foto: dok. AFP/Angela Weiss)

PBB, SATUHARAPAN.COM-Denmark, Yunani, Pakistan, Panama dan Somalia akan mendapatkan kursi di Dewan Keamanan PBB melalui pemungutan suara rahasia di Majelis Umum.

Badan dunia yang beranggotakan 193 negara itu dijadwalkan melakukan pemungutan suara untuk memilih lima negara yang akan menjabat selama dua tahun di dewan tersebut. Sepuluh kursi tidak tetap di dewan yang beranggotakan 15 orang itu diberikan kepada kelompok-kelompok regional yang biasanya memilih calon mereka, namun terkadang tidak bisa menyepakati salah satu calon. Tidak ada kejutan seperti itu tahun ini.

Tahun lalu, Slovenia mengalahkan sekutu dekat Rusia, Belarusia, untuk mendapatkan kursi mewakili kelompok regional Eropa Timur, sebuah pemungutan suara yang mencerminkan penolakan global yang kuat terhadap invasi besar-besaran Rusia ke Ukraina.

Kali ini, kelompok-kelompok regional mengajukan Somalia untuk kursi di Afrika, Pakistan untuk kursi di Asia-Pasifik, Panama untuk kursi di Amerika Latin dan Karibia, serta Denmark dan Yunani untuk dua kursi yang didominasi negara-negara Barat.

Lima anggota dewan yang dipilih hari ini akan memulai masa jabatan mereka pada 1 Januari, menggantikan mereka yang masa jabatan dua tahunnya berakhir pada 31 Desember – Mozambik, Jepang, Ekuador, Malta dan Swiss.

Mereka akan bergabung dengan lima anggota tetap yang memegang hak veto – Amerika Serikat, Rusia, Tiongkok, Inggris dan Perancis – dan lima negara yang terpilih tahun lalu – Aljazair, Guyana, Korea Selatan, Sierra Leone dan Slovenia. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home