Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:51 WIB | Jumat, 07 Juni 2024

Israel dan AS Teken Perjanjian Tambah 25 Jet Tempur F-35

Jet tempur F-35 Israel tampil dalam pertunjukan udara, di atas pantai di kota pesisir Mediterania, Tel Aviv. (Foto: dok. AFP)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-Israel mengatakan pada hari Selasa (4/6) bahwa pihaknya menandatangani kesepakatan senilai US$3 miliar untuk membeli skuadron ketiga yang terdiri dari 25 jet tempur siluman canggih F-35 yang diproduksi oleh Lockheed Martin, dengan pengiriman akan dimulai pada tahun 2028.

“Pada saat beberapa musuh kita bertujuan untuk merusak hubungan kita dengan sekutu terbesar kita, kita justru semakin memperkuat aliansi kita,” kata Menteri Pertahanan, Yoav Gallant, dalam sebuah pernyataan saat mengumumkan kesepakatan tersebut.

“Ini mengirimkan pesan yang kuat kepada musuh-musuh kita di seluruh kawasan.” Kementerian Pertahanan mengatakan kesepakatan itu akan menambah jumlah F-35 di armada Israel menjadi 75 unit.

“Pengiriman pesawat ke (tentara Israel) akan dimulai pada tahun 2028 dengan kecepatan tiga hingga lima pesawat per tahun,” kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

Israel adalah satu-satunya negara di Timur Tengah yang memiliki F-35, pesawat tempur tercanggih di dunia yang memiliki kemampuan siluman dan dapat digunakan untuk mengumpulkan informasi intelijen, menyerang jauh ke wilayah musuh, dan terlibat dalam duel udara.

Pada bulan Mei 2018, militer Israel mengatakan bahwa mereka telah menjadi negara pertama yang menggunakan F-35 dalam pertempuran.

Bahkan sebelum perang dengan Hamas meletus pada tanggal 7 Oktober, Israel telah melancarkan ratusan serangan di wilayah Suriah selama bertahun-tahun perang di negara tersebut, terutama menargetkan pasukan yang didukung Iran dan pejuang Hizbullah Lebanon serta posisi tentara Suriah.

Pada bulan April, Iran melancarkan serangan langsung pertamanya terhadap Israel dengan menggunakan lebih dari 300 drone dan rudal ketika perang dengan Hamas di Gaza berkecamuk. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home