Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 06:07 WIB | Minggu, 25 Oktober 2015

Disorda DKI Berharap Hadiah JakMar 2015 Memacu Prestasi

Ilustrasi: Pelari putri Indonesia, Triyaningsih (kaus biru) yang akan berlaga di Jakarta Maraton 2015, saat dia berpartisipasi di Kejuaraan Nasonal Atletik 2015. (Foto: Dok. satuharapan.com/ Prasasta Widiadi).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM –  Kepala Dinas Olah Raga dan Pemuda (Kadisorda DKI) Firmansyah berharap, hadiah uang tunai Rp 2,6 miliar yang disiapkan untuk pemenang Jakarta Maraton (JakMar) 2015 dapat menjadi stimulus positif dalam mendorong kemajuan dan prestasi olahraga marathon di Indonesia, khususnya di DKI Jakarta.

"Kami berharap dengan hadiah senilai Rp 2,6 miliar ini dapat menjadi stimulus positif dalam mendorong kemajuan dan prestasi olahraga marathon di Indonesia," kata Firmansyah di Jakarta, hari Jumat (23/10).

Dia menambahkan Jakarta Marathon 2015 tidak hanya meningkat dari sisi jumlah peserta, tetapi juga mengalami peningkatan total hadiah uang tunai.

"Kita  berharap even yang digelar rutin setiap tahun ini bisa disejajarkan dengan lomba marathon bergengsi lainnya di dunia dan dapat mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan internasional datang ke Jakarta," kata Firmansyah.

 “Kita telah siapkan total hadiah senilai Rp 2,6 miliar bagi para peserta yang berhasil menjadi juara lomba lari terbesar di Indonesia ini," kata Firmansyah.

Jakarta Marathon 2015 akan melombakan lima kategori nomor lari, yaitu Marathon 42,195 kilometer,  Half Marathon 21 km, 10K (10 km), 5K (5 km) dan Maratoonz (Children’s Sprint).

Tak hanya itu, lanjut Firmansyah, lomba Mandiri Jakarta Marathon‎ juga mampu memberikan efek yang lebih luas bukan hanya dari segi pariwisata, tetapi juga menggerakan perekomian daerah di Jakarta.

Firmansyah memerinci peserta JakMar 2015 diperkirakan mencapai 15 ribu orang. Beberapa atlet dari sejumlah negara pun ikut bergabung. Setidaknya ada 53 negara yang mengirimkan perwakilannya.

Titik start dan finish pada pelaksanaan kali ini sama seperti tahun-tahun sebelumnya, yakni di Silang Monas Barat Daya, Jakarta.

"Tahun ini jumlah pendaftar mampu menembus target peserta dalam waktu relatif cepat. Setidaknya ada 15.000 pelari dari 53 negara telah resmi mendaftar Mandiri Jakarta Marathon 2015," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya, hari Kamis (22/10).

Arief mencatat, sebanyak 1.300 peserta adalah pelari mancanegara. Raihan jumlah peserta tersebut memberikan sinyal positif bahwa Mandiri Jakarta Marathon telah menjadi perhatian dan pilihan para pelari nasional dan dunia untuk unjuk kemampuan di Jakarta.

Menurut Arief, peta persaingan Mandiri Jakarta Marathon 2015 dipastikan akan ketat dan menarik. Karena beberapa atlet nasional juga turut bergabung, seperti Agus Prayogo, Atjong Tio Purwanto, Ishari, Nikolas Albinus Sila, Sukarno, Triyaningsih, Feri Marince Subnafeu, Nyai Agita, Yulianingsih dan Novita Andrayani.

Sementara pelari elite dunia yang akan ikut meramaikan seperti Weldon Kirui (Kenya) dan Andrea Sambu Sipe (Tanzania). (beritajakarta.com).

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home