Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:45 WIB | Rabu, 18 Oktober 2023

DK PBB: Proposal Rusia untuk Gencatan Senjata Hamas-Israel Ditolak

Duta Besar Rusia untuk PBB, Vassily Nebenzia, memberikan suara mendukung resolusi tersebut dalam pertemuan Dewan Keamanan PBB mengenai konflik antara Israel dan Hamas di markas besar PBB di New York, AS, pada hari Senin, 16 Oktober 2023. (Foto: Reuters)

PBB, SATUHARAPAN.COM-Resolusi Dewan Keamanan PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa) yang dirancang Rusia yang menyerukan gencatan senjata kemanusiaan dalam perang antara Israel dan militan Palestina Hamas di Gaza gagal mendapatkan minimal sembilan suara yang dibutuhkan di badan beranggotakan 15 negara itu pada hari Senin (16/10).

Rancangan resolusi tersebut memperoleh lima suara mendukung, empat suara menentang, dan enam suara abstain.

Rusia mengusulkan rancangan teks satu halaman pada hari Jumat (13/10), yang juga menyerukan pembebasan sandera, akses bantuan kemanusiaan dan evakuasi aman bagi warga sipil yang membutuhkan.

Teks tersebut mengutuk kekerasan terhadap warga sipil dan semua tindakan terorisme, namun tidak menyebutkan nama Hamas, yang membunuh 1.300 orang di Israel pada hari Sabtu, 7 Oktober.

Sementara itu, Amerika Serikat dan Israel telah sepakat untuk mencari cara agar bantuan internasional dapat masuk ke Jalur Gaza yang diblokade, kata Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, pada Selasa (17/10) pagi.

“Atas permintaan kami, Amerika Serikat dan Israel telah sepakat untuk mengembangkan rencana yang memungkinkan bantuan kemanusiaan dari negara-negara donor dan organisasi multilateral menjangkau warga sipil di Gaza,” kata Blinken setelah hampir delapan jam pembicaraan semalam dengan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu. (Reuters/AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home