Loading...
EKONOMI
Penulis: Prasasta Widiadi 22:57 WIB | Senin, 17 Juni 2013

DPR Setuju atas APBNP 2013

lobi - lobi yang dilakukan oleh anggota DPR pada saat skorsing sidang Paripurna

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Setelah persidangan dan lobi-lobi yang dilakukan selama 10 jam sejak pukul 11 pagi, akhirnya Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI memutuskan untuk meyetujui Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (RAPBNP) 2013 yang diajukan oleh pemerintah.

Proses pengambilan keputusan dilakukan dengan cara voting. Setelah sebelumnya fraksi-fraksi menyatakan sikap mereka dan memaparkan alasannya. Fraksi – fraksi yang menolak RAPBNP 2013 adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Gerakan Indonesia Raya (Gerindra),  Hati Nurani Rakyat (Hanura), dan Partai Keadilan Sosial (PKS). Sedangkan fraksi –fraksi yang menyetujui RAPBNP 2013 adalah Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Golongan Karya (Golkar), Partai Persatuan Pembangunan (P3), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Voting yang dilakukan menghasilkan 338 orang yang menerima APBNP 2013. Sedangkan yang menolak adalah 181 orang. Dengan persetujuan terhadap APBNP 2013 ini, memang tidak otomatis menaikan harga BBM, namun itu berarti DPR memberikan persetujuan terhadap kenaikan harga BBM. Karena salah satu poin yang diajukan oleh pemerintah pada APBNP 2013 adalah pencabutan subsidi BBM.  

Ketok palu Persetujuan terhadap APBNP 2013 ini disambut dengan protes yang dilakukan oleh mahasiswa dari balkon gedung. Namun aksi protes mahasiswa ini langsung diredam oleh Pengamanan dan Pengendalian (Pamdal) DPR. Sedangkan Pemerintah yang diwakili oleh Menteri Keuangan, Muhammad Chatib Basri, menyatakan rasa terimakasihnya atas dukungan DPR. Ia juga menyatakan akan segera mengumumkan kenaikan harga BBM, tanpa menyebutkan kapan waktunya.   

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home