Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 11:15 WIB | Minggu, 11 Agustus 2024

Duplikat Bendera Merah Putih dan Teks Proklamasi Tiba di Istana IKN Nusantara

Tim Purna Pancasila Duta Paskibraka yang membawa duplikat bendera Sang Merah Putih dan teks proklamasi tiba di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur pada Sabtu, 10 Agustus 2024. (Foto: BPMI Setpres/Rusman)

IKN NUSANTARA, SATUHARAPAN.COM-Duplikat bendera Sang Merah Putih dan teks proklamasi tiba di Istana Negara, Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Provinsi Kalimantan Timur pada hari Sabtu, 10 Agustus 2024. Kirab yang membawa duplikat bendera Sang Merah Putih dan teks proklamasi tiba di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur pada Sabtu, 10 Agustus 2024.

Tepat di depan Istana Negara IKN, Purna Paskibraka Duta Pancasila yang bertugas membawa bendera Merah Putih yakni Naila Aulita Alqubra Sinapoy dan pembawa teks proklamasi, Lilly Wenda, turun dari mobil “Maung”. Keduanya kemudian berjalan melewati jajar kehormatan Paspampres dan Purna Paskibraka Nasional tahun 2023.

Duplikat bendera Sang Merah Putih dan teks proklamasi kemudian dibawa melewati selasar barat koridor utama menuju Ruang Bendera di Istana Negara IKN. Di ruang tersebut, duplikat bendera Merah Putih dan teks proklamasi diserahkan kepada Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono.

Selanjutnya, duplikat bendera Merah Putih dan teks proklamasi akan disimpan di ruang tersebut. Nantinya, bendera tersebut akan diserahkan oleh Presiden Joko Widodo kepada Paskibraka untuk dikibarkan di Istana Negara IKN pada 17 Agustus 2024 mendatang pada Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kirab ini menjadi sejarah karena untuk pertama kalinya duplikat bendera Sang Merah Putih dan teks proklamasi dibawa menuju ke IKN. Selain itu, kirab ini juga menempuh perjalanan sekitar 1.320 kilometer dari Monas menuju Istana Negara IKN.

Prosesi kirab ini tidak hanya menjadi simbol penghormatan terhadap sejarah dan perjuangan bangsa, tetapi juga menggambarkan tekad untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Usai menempuh penerbangan selama kurang lebih dua jam, duplikat bendera Sang Merah Putih dan teks proklamasi tiba di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur pada Sabtu, 10 Agustus 2024. Pesawat Boeing 737-400 TNI AU yang membawa bendera dan teks proklamasi mendarat sekitar pukul 12.55 WITA.

Pada kesempatan kali ini, Purna Paskibraka Duta Pancasila yang bertugas membawa bendera Merah Putih yakni Naila Aulita Alqubra Sinapoy dari Provinsi Banten. Adapun bertugas sebagai pembawa teks proklamasi adalah Lilly Wenda dari Provinsi Papua Pegunungan.

Keduanya menuruni tangga pesawat dengan disambut jajar kehormatan Paspampres, Purna Paskibraka dari Provinsi Kalimantan Timur, dan jajaran Duta Budaya Provinsi Kalimantan Timur. Kedua Purna Paskibraka Duta Pancasila tersebut kemudian menaiki kendaraan taktis “Maung”.

Bendera Merah Putih dan teks proklamasi kemudian diarak menuju ke Istana Negara di Ibu Kota Nusantara. Lautan masyarakat dan pelajar menyambut antusias kirab, begitu rangkaian kendaraan keluar area bandara. Mereka melambaikan bendera Merah Putih dan bersorak menyambut.

Rute iring-iringan kirab melewati Jalan Mulawarman, Gerbang Tol Manggar, lalu Jalan Tol Seksi III A, melintasi Jembatan Pulau Balang, lalu ke Jalan Negara, kemudian memasuki Jalan IKN, hingga tiba di Istana Negara IKN. Perjalanan menempuh waktu sekitar 2 jam.

Penerbangan bendera duplikat Sang Merah Putih dan teks proklamasi dipimpin oleh Mayor Pnb. Kresna Hendra. Bertindak selalu kapten pilot adalah Kapten Pnb. Khairizal Netani, dengan dibantu dua kopilot masing-masing Lettu Pnb. Mufid Denico dan Letda Pnb. Burhanuddin Ihsan, serta kru lainnya.

Turut serta dalam penerbangan tersebut yakni Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Rudy Saladin, dan Kepala Staf Komando Garnisun Tetap I Jakarta Brigjen TNl Edi Saputra.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home