Loading...
SAINS
Penulis: Melki Pangaribuan 08:18 WIB | Selasa, 03 Desember 2013

Elang Cengkeram Kamera, Rekam Lanskap Alam di Australia

Elang yang memnbawa kabur kamera tersembunyi di Kimberley, Australia. (Foto: ABC)

KIMBERLEY, SATUHARAPAN.COM - Seekor elang secara tidak sengaja merekam lanskap alam di pedalaman Kimberley di Australia Barat, setelah membawa kabur sebuah kamera tersembunyi yang dimaksudkan untuk memonitor buaya di sebuah sungai di daerah itu.

Elang laut itu bahkan sempat terlihat dalam rekaman berdurasi sekitar 40 detik bersamaan dengan gambar pemandangan alam di wilayah itu, meskipun gambar  videonya terbalik. Tampak pula dalam rekaman itu sang elang membawa kamera tersebut secara terbalik.

Seorang pejaga hutan, Roneil Skeen mengatakan, para penjaga hutan memasang kamera tersembunyi itu di Sungai Margaret pada Mei lalu, guna merekam gambar buaya air tawar di daerah itu. Namun kamera itu hilang tidak lama setelah dipasang mereka. "Tadinya kami mengira, kamera itu jatuh ke air," kata Roneil Skeen.

Namun beberapa waktu lalu, pihak penjaga hutan mendapat telepon dari seseorang yang mengabarkan telah ditemukannya kamera kecil di Sungai Mary, sekitar 110 km dari Sungai Margaret. Setelah mendapatkan kamera itu kembali, para petugas pejaga hutan kemudian mencoba melihat isi rekamannya. Alhasil, mereka berhasil menyelamatkan rekaman berdurasi sekitar 40 detik.

Menurut Roneil Skeen, mereka kaget melihat isi rekaman kamera itu. Rekaman menunjukkan elang itu menggaruk-garuk kamera sebelum membawanya terbang ke udara. Kemudian, kamera itu dilepas, dan si elang tampak mematukinya.

"Ini yang pertama kali terjadi, kamera dibawa terbang oleh burung dan tetap merekam," kata penjaga hutan itu. (ABC)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home