Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:23 WIB | Sabtu, 05 Agustus 2023

Ethiopia Menyatakan Keadaan Darurat atas Kekerasan di Amhara

Perdana Menteri Ethiopia, Abiy Ahmed, berbicara di sebuah stadion di kota Jimma di wilayah Oromia barat daya Ethiopia, 16 Juni 2021. (Foto: dok.AP)

ADIS ABABA, SATUHARAPAN.COM-Pemerintah federal Ethiopia pada hari Jumat (4/8) mengumumkan "keadaan darurat" menyusul meningkatnya kekerasan di wilayah utara Amhara, kata kantor Perdana Menteri Abiy Ahmed.

"Menjadi perlu untuk menyatakan keadaan darurat karena situasi telah muncul di mana menjadi sulit untuk mengendalikan gerakan yang tidak dapat diterima ini di bawah undang-undang saat ini," katanya dalam sebuah pernyataan yang diposting di media sosial.

Pernyataan itu tidak menjelaskan apakah keadaan darurat berlaku secara nasional atau hanya untuk Amhara, yang terletak di sebelah utara ibu kota Addis Ababa. Pemerintah Abiy tidak segera menjawab pertanyaan dari AFP.

Bentrokan di Amhara antara tentara nasional dan pejuang lokal telah meningkat dalam beberapa pekan terakhir, mendorong peringatan perjalanan dari pemerintah asing dan pembatalan penerbangan oleh maskapai nasional Ethiopian Airlines.

Ketegangan meningkat sejak April ketika pemerintah federal mengumumkan akan membubarkan pasukan regional termasuk di Amhara, di mana kaum nasionalis merasa langkah itu akan melemahkan wilayah terpadat kedua di Ethiopia. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home