Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:53 WIB | Sabtu, 01 Juni 2024

Europol Tangkap Empat Orang dalam Operasi Besar Anti Malware Internasional

Delapan orang dinyatakan buron sebagai yang paling dicarai di Eropa.
Pemandangan umum gedung Europol di Den Haag, Belanda. (Foto: dok. Reuters)

DEN HAAG, SATUHARAPAN.COM-Pihak berwenang Eropa menangkap empat orang dan mematikan atau mengganggu lebih dari 100 server dalam operasi besar anti malware internasional, Europol mengumumkan pada hari Kamis (30/5).

Europol menyebutnya sebagai “operasi terbesar yang pernah dilakukan terhadap botnet, yang memainkan peran utama dalam penyebaran ransomware”, dan menambahkan bahwa operasi tersebut melibatkan penangkapan di Armenia dan Ukraina, serta 16 penggeledahan polisi di empat negara berbeda.

Selain empat penangkapan tersebut, delapan tersangka buronan terkait kasus tersebut akan masuk dalam daftar Orang Paling Dicari di Eropa.

“Tindakan tersebut berfokus pada mengganggu layanan kriminal melalui penangkapan Target Bernilai Tinggi, menghancurkan infrastruktur kriminal, dan membekukan hasil ilegal. Pendekatan ini berdampak global pada ekosistem dropper,” kata Europol, mengacu pada jenis perangkat lunak yang digunakan untuk memasukkan malware ke dalam sistem target.

Server yang ditargetkan berlokasi di beberapa negara Eropa, serta Amerika Serikat dan Kanada.

Badan tersebut mengatakan operasi, yang dijuluki Endgame, sedang berlangsung dan diperkirakan akan terjadi lebih banyak penangkapan. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home