Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 10:12 WIB | Kamis, 19 September 2024

Film Serial TV “Shogun” dan “Hacks” memenangkan Penghargaan Emmy

Selain itu “The Bear” dan “Baby Reindeer” masing-masing meraih empat penghargaan
Film Serial TV “Shogun” dan “Hacks” memenangkan Penghargaan Emmy
Anna Sawai menerima penghargaan untuk aktris utama terbaik dalam serial drama untuk "Shogun" selama Primetime Emmy Awards ke-76 pada hari Minggu, 15 September 2024, di Peacock Theater di Los Angeles. (Foto: AP/Chris Pizzello)
Film Serial TV “Shogun” dan “Hacks” memenangkan Penghargaan Emmy
Justin Marks, tengah, dan Hiroyuki Sanada, tengah kanan, dan tim dari "Shogun" menerima penghargaan untuk serial drama terbaik selama Primetime Emmy Awards ke-76 pada hari Minggu, 15 September 2024, di Peacock Theater di Los Angeles. (Foto: AP/Chris Pizzello)

LOS ANGELES, SATUHARAPAN.COM-Film serial “Shogun” meraih kemenangan bersejarah dalam musim pertama yang luar biasa dengan 18 penghargaan Emmy, sementara film “Hacks” mencetak kejutan untuk kategori komedi terbaik pada malam yang masih menjadi malam dengan empat penghargaan untuk “The Bear,” dan “Baby Reindeer” di Penghargaan Emmy yang memiliki beberapa kejutan.

“Shogun,” serial FX tentang perebutan kekuasaan di Jepang feodal, memenangkan serial drama terbaik, Hiroyuki Sanada memenangkan aktor terbaik dalam drama, dan Anna Sawai memenangkan aktris terbaik. Sanada adalah aktor Jepang pertama yang memenangkan Emmy. Sawai menjadi yang kedua beberapa saat kemudian.

“‘Shogun’ mengajari saya bahwa ketika kita bekerja sama, kita dapat membuat keajaiban,” kata Sanada dalam pidato penerimaannya dari panggung Peacock Theater di Los Angeles.

Bersama dengan 14 Emmy yang diraihnya pada ajang Creative Arts Emmy sebelumnya, acara ini tampil tak tertandingi dengan 18 penghargaan secara keseluruhan untuk satu musim.

Film “Hacks” secara mengejutkan memenangkan penghargaan serial komedi terbaik pertamanya, mengalahkan “The Bear,” yang diharapkan banyak orang akan memenangkannya setelah menang besar sebelumnya malam itu.

Jean Smart memenangkan penghargaan aktris terbaik ketiganya dalam penghargaan komedi untuk musim ketiga “Hacks” garapan Max, di mana karakter komika stand-up-nya Deborah Vance mencoba tampil di TV larut malam. Smart telah meraih enam penghargaan Emmy secara keseluruhan.

Meskipun kalah dalam penghargaan komedi terbesar malam itu setelah memenangkannya untuk musim pertamanya pada upacara yang tertunda karena pemogokan pada bulan Januari, bintang “The Bear” garapan FX, Jeremy Allen White memenangkan penghargaan aktor terbaik dalam komedi untuk tahun kedua berturut-turut, dan Ebon Moss-Bachrach kembali memenangkan penghargaan sebagai aktor pendukung terbaik.

Dan Liza Colón-Zayas secara mengejutkan memenangkan penghargaan aktor pendukung terbaik, mengalahkan pesaingnya, Meryl Streep, dan menjadi perempuan Latin pertama yang menang dalam kategori tersebut.

“Untuk semua perempuan Latin yang melihat saya,” katanya, matanya berkaca-kaca. “Teruslah percaya, dan pilih.”

Film “Baby Reindeer” yang gelap dan unik dari Netflix memenangkan penghargaan serial terbatas terbaik. Pencipta dan bintang Richard Gadd menang untuk akting utamanya dan penulisannya, dan Jessica Gunning, yang memerankan penyiksanya, memenangkan penghargaan aktris pendukung terbaik.

Saat menerima penghargaan serial tersebut, Gadd mendesak para pembuat acara televisi untuk mengambil risiko. “Satu-satunya hal yang konstan dalam setiap kesuksesan di televisi adalah penceritaan yang bagus,” katanya. “Penceritaan yang bagus yang berbicara tentang zaman kita. Jadi, ambil risiko, dorong batasan. Jelajahi hal-hal yang tidak nyaman. Berani gagal untuk meraih prestasi.”

“Baby Reindeer” didasarkan pada pertunjukan panggung satu orang di mana Gadd menggambarkan pelecehan seksual yang dialaminya bersama dengan perjuangan emosional lainnya.

Saat menerima penghargaan itu, ia berkata, "tidak peduli seberapa buruk keadaannya, keadaan akan selalu membaik."

Associated Press biasanya tidak menyebutkan nama orang yang mengaku telah mengalami pelecehan seksual kecuali mereka berani tampil di depan publik seperti yang dilakukan Gadd.

Jodie Foster memenangkan Emmy pertamanya bersama dua Oscar yang pernah diraihnya saat ia meraih aktris terbaik dalam serial terbatas untuk "True Detective: Night Country." Foster berperan sebagai kepala polisi yang sedang menyelidiki pembunuhan massal di tengah kegelapan musim dingin Alaska di acara HBO tersebut. Sementara rekan mainnya, Kali Reis, tidak berhasil menjadi aktor Pribumi pertama yang memenangkan Emmy dalam kategori pendukung, Foster memujinya dan kolaborasi acara tersebut dengan kontributor Pribumi.

"Orang-orang Inupiaq dan Inuit di Alaska utara yang menceritakan kisah mereka kepada kami, dan mereka mengizinkan kami untuk mendengarkan," kata Foster. "Itu adalah berkah. Itu adalah cinta, cinta, cinta, dan ketika Anda merasakannya, sesuatu yang luar biasa terjadi."

Greg Berlanti, produser dan penulis acara termasuk "Dawson's Creek" dan "Everwood," menerima Penghargaan Gubernur Akademi Televisi atas kontribusinya sepanjang kariernya untuk meningkatkan visibilitas LGBTQ di televisi. Ia bercerita tentang masa kecilnya ketika visibilitas semacam itu sangat minim.

"Dulu tidak banyak karakter gay di televisi, dan saya adalah anak gay yang tertutup," kata Berlanti. "Sulit untuk menggambarkan betapa sepinya saat itu," katanya.

Penurunan panjang siaran TV tradisional di Emmy terus berlanjut, dengan tidak ada satu pun kemenangan di antara keempat jaringan siaran.

Kejutan dari “Shogun”

Dalam monolog yang membuka siaran ABC, Dan Levy, yang menjadi pembawa acara bersama ayahnya dan lawan mainnya di "Schitt's Creek" Eugene Levy, menyebut Emmy sebagai "malam siaran TV terbesar untuk menghormati bintang film di layanan streaming."

Meskipun selain Foster, bintang film tidak terlalu beruntung. Rekan pemenang Oscar-nya, Streep dan Robert Downey Jr. termasuk di antara favorit, tetapi tidak berhasil.

“Robert Downey Jr., aku punya postermu di rumahku!” kata Lamorne Morris, yang mengalahkan Downey untuk kategori aktor pendukung terbaik dalam serial terbatas, dari atas panggung saat menerima Emmy pertamanya.

Malam itu berhasil memenuhi banyak harapan tetapi ada beberapa perubahan mendadak seperti kemenangan untuk “Hacks.”

“Kami benar-benar terkejut,” kata Jen Statsky, salah satu kreator Hacks, yang juga menang untuk kategori penulisan, setelah acara. ”Kami benar-benar, sangat terkejut.”

Dan “Shogun” memulai dengan tenang, tidak mendapatkan penghargaan awal dan tidak mendapatkan trofi pertamanya hingga melewati titik tengah.

Namun, acara itu memecahkan rekor Emmy untuk satu musim sebelumsebelumnya dipegang oleh serial terbatas tahun 2008 “John Adams” pada tahun 2008. Dan kemenangan aktingnya akan sulit dibayangkan sebelum serial tersebut menjadi fenomena yang diakui.

Sanada adalah bintang layar lebar berusia 63 tahun yang namanya kurang dikenal di luar Jepang, meskipun wajahnya muncul melalui film-film Hollywood seperti “The Last Samurai” dan “John Wick Chapter 4.” Sawai, 32 tahun, yang lahir di Selandia Baru dan pindah ke Jepang saat masih kecil, kurang dikenal di Amerika Serikat. Dia menangis ketika menerima penghargaan aktris terbaik.

“Ketika Anda melihat saya menangis di panggung, mungkin itu adalah kali ke-12 saya menangis hari ini,” kata Sawai di belakang panggung. “Itu hanya emosi yang campur aduk, ingin semua orang memenangkan semuanya. Saya mungkin menangis lagi sekarang.”

“The Bear” akan berada di posisi kedua dengan 11 Emmy secara keseluruhan, termasuk kemenangan akting tamu di upacara Seni Kreatif untuk Jamie Lee Curtis dan Jon Bernthal.

Keluarga Levy dalam monolog pembukaan mereka mengejek acara tersebut karena masuk dalam kategori komedi. "Untuk menghormati 'The Bear', kami tidak akan bercanda," kata Eugene Levy, yang disambut tawa.

Elizabeth Debicki meraih penghargaan aktris pendukung terbaik dalam drama karena memerankan Putri Diana di akhir hidupnya di musim keenam dan terakhir "The Crown."

"Memainkan peran ini, berdasarkan manusia yang tak tertandingi dan luar biasa ini, merupakan hak istimewa yang luar biasa bagi saya," kata Debicki saat menerimanya. "Ini adalah anugerah."

Beberapa penghargaan diberikan oleh tim bertema dari sejarah TV, termasuk para ayah sitkom George Lopez, Damon Wayans, dan Jesse Tyler Ferguson serta para ibu TV Meredith Baxter, Connie Britton, dan Susan Kelechi Watson. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home