Loading...
BUDAYA
Penulis: Eti Artayatini 10:37 WIB | Jumat, 13 September 2024

PENABUR International Choir Festival 2024, Ajang Merajut Persahabatan melalui Paduan Suara

PENABUR International Choir Festival 2024, Ajang Merajut Persahabatan melalui Paduan Suara
Press Conference PENABUR International Choir Festival 2024, 7 September 2024, di SPK PENABUR Kelapa Gading (Foto : BPKPJakarta)
PENABUR International Choir Festival 2024, Ajang Merajut Persahabatan melalui Paduan Suara
Opening PENABUR International Choir Festival 2024, 7 September 2024, di SPK PENABUR Kelapa Gading (Foto : BPKPJakarta)
PENABUR International Choir Festival 2024, Ajang Merajut Persahabatan melalui Paduan Suara
Salah satu kontestan PENABUR International Choir Festival 2024 (Foto : BPKPJakarta)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Musik adalah bahasa universal. irama, ritmik, dan melodi berpadu harmonis, menyatukan jiwa dalam alunan yang sama bagi setiap pendengarnya. Dikuatkan dengan lirik yang menyentuh dan dibawakan dengan suara yang apik berpadu, membuat musik dapat menjadi pintu gerbang pemersatu warga dunia.

Dengan semangat merajut persahabatan ke penjuru dunia melalui paduan suara, BPK PENABUR Jakarta kembali menggelar PENABUR International Choir Festival (PICF) 2024. Kenny Lim, Ketua BPK PENABUR Jakarta, mengungkapkan bahwa ajang dua tahunan ini mengajak para pecinta paduan suara dari berbagai belahan dunia untuk bertemu, belajar bersama, sekaligus berkompetisi.

“PICF menjadi perwujudan komitmen kami untuk menyalurkan dan mewadahi minat bakat siswa dalam bidang non akademik.” tegas Kenny.

Terkhusus bagi pelajar yang berpartisipasi dalam kompetisi PICF, ajang ini merupakan wadah mendukung nilai-nilai Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), yakni beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Berkebinekaan Global, Gotong Royong, Bernalar

Kritis, dan Kreatif.

“Enhance your well-being through choral singing” dipilih menjadi tema gelaran PICF keenam yang akan dihelat pada 7-14 September 2024 dan dipusatkan di Kompleks PENABUR International Kelapa Gading, Jalan Boulevard Bukit Gading Raya, Kelapa Gading Barat, Jakarta Utara. Perhelatan sebelumnya pada tahun 2022 berlangsung online usai pandemi Covid-19.

“Kami mengusung tema tersebut karena bernyanyi di dalam paduan suara dapat membawa energi positif yang membuat kita jadi sehat secara fisik dan mental. Selain itu, paduan suara juga dapat memberikan dampak positif dari aspek mental hingga sosial.” jelas Avip Priatna, Artistic Director & President of the Jury PICF 2024.

PICF 2024 diikuti oleh 5.038 peserta Indonesia terdiri dari 12 provinsi, yaitu Sumatera Utara, Lampung, Banten, Daerah Khusus Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Utara, serta peserta mancanegara asal Filipina.

Terbagi ke dalam 126 tim paduan suara, para peserta akan bertanding ke dalam dua kategori lomba. Pertama, school categories terdiri dari Kindergarten, Primary School, Junior High School, dan Senior High School. Kedua, general categories, yaitu Children’s Choir (9-17 tahun), Mixed Youth Choir level A (17-23 tahun), Mixed Choir Level A&B dan Equal Voices (di atas 17 tahun), FolkloreMusic of Religion, Pop & Jazz Choir, dan Gospel & Spiritual (tanpa batasan usia), serta Senior Choir (diatas 40 tahun).

Selain itu, ada juga kegiatan workshop, master class, dan choral clinic dengan menghadirkan pembicara profesional dari dalam maupun luar negeri.

“Kami mengadakan friendship concert yang rencananya akan berlangsung di mall dan gereja sekitar lokasi penyelenggaraan.” jelas Avip yang merupakan pendiri Jakarta Concert Orchestra (JCO), Batavia Madrigal Singers (BMS), dan The Resonanz Children’s Choir (TRCC) yang telah tampil di berbagai festival dunia.

Kompetisi yang didukung penuh oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) ini menghadirkan juri dari mancanegara, yaitu Ursa Lah dan Ragnar Rasmussen asal Norwegia, Andre Van Der Merwe asal Afrika Selatan, Brada Allred asal Amerika Serikat, serta Darius Lim asal Singapura.

Keterlibatan juri-juri ternama asal Indonesia semakin memperkuat penilaian yang diberikan kepada peserta, mereka adalah Avip Priatna, Ivan Yohan, Ken Steven, Agustinus B Jusana, Jessica F Amadea, dan Aning Katamsi.

“Kami mengundang juri dari berbagai belahan negara agar para peserta dapat berkenalan sekaligus menimba ilmu dengan tokoh-tokoh paduan suara tersebut. Di sisi lain, tentunya secara tidak langsung PICF turut memperkenalkan Indonesia kepada dunia, sebagai salah satu negara dengan tradisi paduan suara yang kuat dengan kebudayaannya.” ungkap Avip.

“We were very happy that our practice paid off and able to win the prize!” ujar Tamao Shimizu dari Voces Fidelis, paduan suara asal Jepang mengungkapkan rasa sukacita karena berhasil menjadi pemenang pada PICF 2019 yang lalu.

Seonha Jeon, konduktor dari Angelus Domini, paduan suara asal Korea Selatan yang berpartisipasi dalam PICF 2022 merasa bangga karena berhasil meraih special awards The Best Conductor”.

Para peserta PICF 2024 akan menunjukkan kemampuan terbaik yang dimiliki untuk meraih gelar juara. Termasuk “K11 Choir”, paduan suara besutan TKK 11 PENABUR, salah satu peserta dari kategori Kindergarten.

“Formasi tim sudah kami persiapkan sejak tiga bulan yang lalu. Menghadirkan pelatih profesional di bidang olah vokal, anak-anak diajarkan teknik pernafasan, teknik memproduksi suara, trigger reward setiap kali anak menunjukkan progres selama latihan, dan bekerja sama dengan orang tua untuk melatih mood anak.” tutur Tities Sandrariasti, Kepala TKK 11 PENABUR.

Selain itu, Tities menjelaskan setiap guru yang ikut melatih turut mengajarkan peserta didik agar mau saling berkomunikasi antar teman, bekerja sama, berpikir kreatif, dan bernalar kritis, sejalan dengan 4C (Critical Thinking, Communication, Creative Thinking, Collaboration), keterampilan abad 21 yang aktif ditanamkan kepada peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar di 79 sekolah BPK PENABUR Jakarta.

Latihan yang matang dengan dukungan penuh dari berbagai pihak, membuat “K11 Choir” 100% siap menggemparkan panggung PICF 2024 dan memukau para juri.

“Kami berharap melalui festival ini para peserta khususnya pelajar dapat menunjukkan sikap tekun dalam berlatih, kerja keras, konsisten, dan menjunjung tinggi sportivitas, serta menumbuhkan kecintaan terhadap seni juga kebudayaan Indonesia.” tutur Kenny.

Selain itu, Kenny menyampaikan dengan mengundang peserta dari mancanegara dapat menambah wawasan dan rasa percaya diri peserta termasuk peserta didik BPK PENABUR Jakarta, sehingga terbentuk profil lulusan BPK PENABUR yang BEST. Be Tough, memiliki jati diri, spiritualitas, dan karakter kristiani yang utuh dan tangguh. Excel Worldwide, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, menguasai bahasa internasional dan memiliki jiwa kepemimpinan untuk tujuan positif. Share with Society, bisa menghargai kemajemukan dan memiliki kepedulian sosial. Trust in God, memiliki sikap mengandalkan Tuhan dalam kehidupan keluarga, sekolah, gereja, dan masyarakat. Sehingga melalui PICF 2024, BPK PENABUR Jakarta mewujudkan komitmennya untuk menghadirkan pendidikan berkualitas dan berimbang.

Pastikan Anda hadir dalam PENABUR International Choir Festival 2024, dan jadilah saksi tumbuh kembangnya bakat, karakter dan keindahan persahabatan dari paduan suara berkualitas dunia.

Informasi selengkapnya tentang PICF 2024 klik tautan berikut ini https://www.picf.or.id/

Editor : Eti Artayatini


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home