Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 07:12 WIB | Jumat, 03 Februari 2023

Finlandia dan Swedia Sepakat Menjadi Anggota NATO Bersama

Perdana Menteri Finlandia, Sanna Marin, dan Perdana Menteri Swedia, Ulf Kristersson, mengadakan konferensi pers bersama di kantor pusat pemerintah Rosenbad saat mereka bertemu di Stockholm, Swedia, pada hari Kamis 2 Februari 2023. (Foto: Reuters)

STOCKHOLM, SATUHARAPAN.COM - Finlandia dan Swedia tetap berkomitmen untuk bergabung dengan NATO pada saat yang sama, meskipun Turki menentang pencalonan Swedia, kata perdana menteri kedua negara dalam konferensi pers bersama di Stockholm pada Kamis (2/2).

Turki mengatakan pihaknya dapat menyetujui aplikasi keanggotaan NATO Finlandia sebelum Swedia, tetapi presiden dan menteri luar negeri Finlandia sama-sama menolak gagasan ini, dengan alasan bahwa keamanan kedua negara Nordik saling bergantung.

“Saya tidak suka suasana ini, posisi di mana Swedia ditampilkan sebagai anak bermasalah di kelas. Saya kira bukan itu masalahnya,” kata Perdana Menteri Finlandia, Sanna Marin. “Swedia juga mencentang semua persyaratan yang diperlukan untuk menjadi anggota NATO,” tambahnya.

Perdana Menteri Swedia, Ulf Kristersson, mengatakan negaranya terus mematuhi perjanjian trilateral tentang aksesi NATO yang ditandatangani tahun lalu antara Swedia, Finlandia dan Turki.

“Kami memulai perjalanan ini bersama dan kami melakukan perjalanan menuju keanggotaan bersama,” kata Kristersson, mengacu pada upaya Swedia dan Finlandia untuk bergabung dengan aliansi militer. (Reuters)

 

Petugas kepolisian mengamankan kawasan pasar Natal di Dresden, Jerman, 10 Desember 2022. (Reuters)

Sembilan pria yang diduga terlibat dalam meledakkan puluhan mesin ATM di Jerman dan mencuri sekitar 5,2 juta euro (hampir $5,7 juta) telah ditangkap di Belanda dan Belgia, kata pihak berwenang Jerman, Kamis.

Penangkapan itu dilakukan selama penggerebekan di 16 properti di dua negara tetangga pada Senin, kata jaksa dan polisi di negara bagian Bavaria dan Baden-Wuerttemberg di Jerman selatan.

Para tersangka berusia antara 25 dan 41 tahun dan merupakan warga negara Belanda, Maroko, Afghanistan, Turki, dan Rumania yang tinggal di Belanda atau Belgia, kata pihak berwenang. Jaksa Jerman mencari ekstradisi mereka. Penyidik masih memburu tiga tersangka lainnya.

52 ledakan di mesin ATM di Jerman, semuanya kecuali satu di dua negara bagian selatan, dimulai pada November 2021 dan berlanjut hingga 19 Januari.

Mereka kebanyakan terjadi jauh di malam hari.

Para pelaku menyebabkan kerusakan yang diperkirakan lebih dari 6,7 juta euro, lebih dari nilai total uang tunai yang mereka curi dengan meledakkan mesin yang berisi uang tersebut. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home