Loading...
SAINS
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 13:20 WIB | Selasa, 29 Oktober 2013

Ganja Dapat Membunuh Sel Kanker

Para peneliti menemukan bahwa adanya senyawa dari daun ganja yang dapat membunuh sel-sel kanker. (Foto: time.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Baru-baru ini peneliti menemukan senyawa dari daun ganja dapat membunuh sel-sel kanker pada penderita leukimia.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Penelitian Antikanker, yang sebagian didanai oleh GW Pharmaceuticals telah menghasilkan obat ganja yang diturunkan untuk membantu orang dengan penderita multiple sclerosis .

Dr Wai Liu mempelajari enam cannabinoids non-psikoaktif yang berbeda (senyawa yang berasal dari ganja yang tidak membuat penggunanya menjadi ‘mabuk’seperti yang dihasilkan komponen THC).

Dia menemukan bahwa cannabinoids non-psikoaktif tertentu menghasilkan penurunan dramatis dalam kelangsungan hidup sel dan menyebabkan penangkapan serentak pada semua fase siklus sel.

Penyakit leukemia membunuh sekitar 23.720 orang tahun ini.

Penelitian ini bukan pertama kalinya ketika ganja dikaitkan dengan sel penghambat kanker. Pada 2012, para peneliti di Pacific Medical Center California di San Fransisco menemukan bahwa CBD – suatu senyawa kimia non-psikoaktif yang ditemukan dalam ganja – dapat menghentikan metastasis di beberapa jenis kanker yang bersifat agresif.

Liu juga mengatakan bahwa perokok ganja tidak mungkin memiliki efek penghambat kanker yang sama. (healthland.time.com

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home