Loading...
DUNIA
Penulis: Fransiska Sari Indah 16:05 WIB | Senin, 22 Juli 2013

Gempa Berkekuatan 5,98 SR Mengguncang Provinsi Gansu China

Gempa Berkekuatan 5,98 SR Mengguncang Provinsi Gansu China
Peta Lokasi Pusat Gempa di Provinsi Gansu, China. (Foto : bbc.co.uk)
Gempa Berkekuatan 5,98 SR Mengguncang Provinsi Gansu China
Hampir 300 orang mengalami luka-luka akibat gempa di Provinsi Gansu, China.

GANSU, SATUHARAPAN.COM – Gempa yang meluluh lantahkan Provinsi Gansu, sebelah Barat laut China telah menewaskan sedikitnya 20 orang dan 81 orang lainnya mengalami luka-luka. Gempa yang terjadi pada hari Senin (22/7) pukul 07:45 waktu setempat dan terjadi kembali di daerah yang sama pada pukul 09:12 waktu setempat.

Menurut keterangan lembaga survei Geologi Amerika Serikat gempa tersebut yang berkekuatan 5,98 SR berlokasi dekat kota Dingxi dengan kedalaman hanya 9,8 km (6 mil). Menurut keterangan media pemerintah setidaknya sebanyak 47 orang tewas dan 300 orang lainnyanya mengalami luka-luka. Korban tewas tersebut dilaporkan berasal dari Distrik Min dan daerah selatan kota Dingxi. Gempa tersebut juga dirasakan di Provinsi Lanzhou, 177 km dari pusat gempa dan Provinsi Xian, 400 Kilometer dari pusat gempa.

Pejabat lembaga Administrasi Provinsi Gansu mengatakan setidaknya akibat gempa tersebut telah menewaskan sebanyak 20 jiwa.  Di kota Zangxian, Gansu saat ini setidaknya sebanyak 5.600 rumah rusak berat dan 380 roboh. Sementara di beberapa daerah terjadi pemadaman listrik dan terganggunya komunikasi udara.

Menurut salah satu situs dari Partai Dingxi, bahwa pejabat dari departemen sipil dan transportasi telah melakukan kunjungan di kota-kota yang terkena gempa untuk menilai kerusakan yang terjadi disana.

Seperti yang dilansir dari BBC, awak pemadam kebakaran dan anjing pelacak telah tiba di lokasi kejadian. Semakin dekat dengan pusat gempa semakin banyak kerusakan yang terjadi disana.

Gansu merupakan provinsi yang memiliki 26 juta penduduk dan secara geografis terdapat pegunungan, gurun dan padang rumput. Sebagian besar di wilayah China bagian barat rawan terhadap gempa bumi. Gempa terdahsyat pernah di alami China di sebelah barat daya Provinsi Shichuan pada tahun 2008 silam. Gempa tersebut berkekuatan 7,9 SR dan menewaskan 90.000 jiwa.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home