Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 16:00 WIB | Senin, 22 Juli 2013

LDP Menang Mayoritas Pemilu Jepang

PM Jepang, Shinzo Abe, (Foto: istimewa)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM - Koalisi yang dipimpin Partai Demokratik Liberal (LDP) menang mayoritas dalam pemilihan umum Jepang. Dengan demikian koalisi yang dipimpin Perdana Menteri, Shinzo Abe, menguasai majelis tinggi dan parlemen  dan mendapatkan kontrol pada dua lembaga serta mandat untuk melakukan reformasi ekonomi.

Pada hari Senin (22/7)  Abe mengatakan, pemerintah akan kehilangan kepercayaan publik jika mundur dari program reformasi. Kemenangan koalisi itu dicapai melalui dukungan terhadap program  "Abenomics"  LDP yang mendorong pemulihan ekonomi  di Jepang.

Hasil pemilu kali ini menegaskan bagi kepemimpinan Abe yang sempat kehilangan dukungan pada pemilihan majelis tinggi tahun 2007, selama dia  menjabat  perdana menteri. "Kami telah memenangkan dukungan publik untuk politik yang tegas dan stabil, sehingga kita bisa mengejar kebijakan ekonomi kita, dan kita akan pastikan untuk hidup sesuai dengan harapan," kata Abe yang disiarkan televisi NHK.

Pada hari Minggu (21/7), dia  telah diproyeksikan memenangi yang didasarkan pada jajak pendapat dan hasil awal. Hasil resmi pemilihan umum di Jepang akan disampaikan Senin ini. Namun  menurut hasil penghitungan awal yang dikumpulkan media setempat, LDP dan mitra koalisinya, New Komeito, memenangi 76 kursi gabungan.

Hal itu berarti koalisis menguasai total 133 dari 242 kursi di parlemen. Untuk mendapatkan kemenangan mayoritas,  diperlukan 122 kursi. Sementara itu, Partai oposisi utama di Jepang, Partai Demokrat Jepang, mendapatkan  59 kursi.

Pemilihan umum di Jepang kali ini dinilai dengan partisipasi yang rendah, antusiasme dan kehadiran pemilih, menurut kantor berita Kyodo, hanya 52 perse, dan merupakan pemilihan umum dengan partisipasi terendah ketiga sejak Perang Dunia II.

Pemerintahan Abe diberitakan akan fokus pada perbaikan ekonomi. Jepang sendiri dikenal sebagai negara dengan ekonomi ketiga terbesar di dunia. Abe menjajikan kebijakan moneter yang lebih mudah, perubahan kebijakan fiskal dan strategi pertumbuhan, serta perubahan regulasi. 

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home