Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 18:14 WIB | Rabu, 02 Oktober 2024

Gempa Bumi Berkekuatan 4,5 Gucang Sukabumi, Jawa Barat

Peta lokasi pusat gempa. (Foto: BMKG)

SUKABUMI, SATUHARAPAN.COM-Gempa bumi berkekuatan 4,5 mengguncang wilayah Sukabumi, Jawa Barat, hari Rabu (2/10/2024).

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gempa bumi terjadi pada pukul: 08:09:18 WIB, dengan koordinat pusat gempa pada 7.35 Lintang Selatan dan 106.49 Bujur Timur.

Pusat gempa ini berada di darat pada kedalaman 36 kilometer, dan terletak sekitar 40 kilometer barat daya Kabupaten Sukabumi.

BMKG menyebutkan getarannya tercatat pada skala (MMI) IV di Simpenan Sukabumi, Ujung Genteng, dan Tegal Buelud. Di Kali Bunder getarannya tercatat pada skala III-IV.

Gempa ini juga dirasakan dan tercatat pada skala III di Cikakak, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Bayah, Panggarang, Malingping. Dicabngkas Bitung getarannya ter4catat pada skala II-III.

Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mencatat tidak ada kerusakan yang disebabkan gempa 4,5 magnitudo dengan pusat gempa darat di wilayah Kabupaten Sukabumi pada Rabu,namun masyarakat diminta tetap waspada.

Kepala Pelaksana BPBD Cianjur, Asep Sukma Wijaya, di Cianjur, hari Rabu, mengatakan getaran gempa dirasakan cukup kencang di sebagian besar wilayah Cianjur, terutama yang berbatasan dengan Sukabumi pada Rabu pagi.

"Getaran gempa cukup keras dirasakan, terutama di wilayah perkotaan dan perbatasan dengan Sukabumi, sehingga kami menyebar petugas ke sejumlah wilayah untuk melakukan pendataan termasuk melibatkan relawan di setiap desa," katanya dikutip Antara.

Laporan petugas hingga Rabu siang, kata dia, tidak ada kerusakan yang disebabkan gempa Sukabumi, namun sebagian besar warga sempat panik berhamburan keluar rumah dan bertahan di halaman selama beberapa belas menit karena takut ada gempa susulan.

Karena itu pihaknya meminta masyarakat tetap waspada dan tidak panik ketika merasakan getaran gempa dan jeli membaca tanda alam akan terjadi bencana baik longsor atau banjir, agar dapat melakukan evakuasi secara mandiri.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home