Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 11:56 WIB | Selasa, 01 Oktober 2024

Gerhana Matahari Cincin Api Akan Terjadi Pekan Ini

Ini hanya terlihat di sebagian Amerika Selatan dan Pasifik
Gerhana Matahari Cincin Api Akan Terjadi Pekan Ini
Gerhana Matahari “cincin api” pada Albuquerque International Balloon Fiesta di Albuquerque, N.M., pada Sabtu, 14 Oktober 2023. (Foto: dok. Chancey Bush/The Albuquerque Journal via AP)
Gerhana Matahari Cincin Api Akan Terjadi Pekan Ini
Pemantau menggunakan kacamata khusus untuk menyaksikan bulan bergerak di depan matahari selama gerhana matahari cincin, atau cincin api, Sabtu, 14 Oktober 2023, seperti yang terlihat dari San Antonio. (Foto: dok. AP/Eric Gay)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM-Gerhana matahari “cincin api” akan segera terjadi. Namun, hanya sedikit orang yang beruntung yang akan berada di jalur tersebut.

Gerhana matahari cincin akan terlihat pada hari Rabu (2/10) di atas Pulau Paskah dan ujung Argentina serta Chili. Berikut cara aman untuk menyaksikan tontonan matahari terakhir tahun ini.

Apa itu gerhana matahari cincin?

Gerhana matahari terjadi saat matahari, bulan, dan Bumi sejajar. Bulan menghasilkan bayangan yang dapat menghalangi sebagian atau seluruh cahaya matahari.

Selama gerhana annular, bulan menutupi semua kecuali sebagian kecil matahari yang berbentuk cincin. Itu karena bulan berada di titik orbitnya yang lebih jauh dari Bumi.

"Bulan tidak cukup besar untuk menutupi matahari," kata Carolyn Sumners di Museum Ilmu Pengetahuan Alam Houston.

Gerhana ini sebagian besar akan terjadi di atas air di Pasifik. Rapa Nui, yang dikenal sebagai Pulau Paskah, berada di jalur tersebut bersama dengan beberapa bagian Argentina dan Chili.

Gerhana matahari sebagian, saat matahari muncul sebagai bulan sabit, dapat dilihat dari beberapa lokasi termasuk Brasil, Paraguay, Uruguay, dan Hawaii.

Gerhana matahari terjadi sekitar dua hingga lima kali setahun. Gerhana matahari total pada bulan April memukau para pengamat langit di beberapa bagian Meksiko, Kanada, dan Amerika Serikat.

Bagaimana cara melihat gerhana matahari dengan aman?

Melihat matahari secara langsung dapat menyebabkan kerusakan mata, meskipun sebagian besar mata tertutup.

Gerhana matahari cincin aman untuk dilihat dengan mengenakan kacamata gerhana matahari, yang menghalangi sinar ultraviolet dari matahari dan hampir semua cahaya tampak. Kacamata hitam atau teropong tidak akan berhasil.

Kacamata harus mencantumkan standar ISO 12312-2, meskipun pemasok palsu juga dapat mencantumkannya pada produk mereka.

Jika Anda tidak memiliki kacamata gerhana, Anda tetap dapat menikmati tontonan tersebut secara tidak langsung. Buat proyektor lubang jarum menggunakan bahan-bahan rumah tangga atau angkat saringan dan lihat ke bawah untuk melihat gambar gerhana yang diproyeksikan di bawah.

Mengintip tanah di bawah pohon yang rindang juga dapat memperlihatkan bayangan bulan sabit saat sinar matahari menyaring melalui cabang-cabang dan dedaunan.

Apa yang akan terjadi selanjutnya?

Dua gerhana matahari parsial akan menghiasi langit tahun depan pada bulan Maret dan September.

Gerhana matahari total berikutnya tidak akan terjadi hingga tahun 2026 dan akan melewati pinggiran utara Greenland, Islandia, dan Spanyol. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home