Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 09:48 WIB | Kamis, 15 Agustus 2024

Gempa Bumi Berkekuatan 5,2 Mengguncang Wilayah Banten

Peta pusat gempa bumi berkekuatan 5,2 di barat daya Bayah, Lebak, Banten, hari Kamis (15/8/2024). (Foto: BMKG)

SERANG, SATUHARAPAN.COM-Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi gempa berkekuatan 5,2 magnitudo mengguncang Lebak, Banten, hari Kamis (15/8).

Dalam peringatan dini yang diekspose melalui sistem aplikasi infoBMKG di Jakarta, hari Kamis, dilaporkan pusat gempa terletak di laut pada kedalaman 10 kilometer dengan koordinat 7.70 Lintang Selata, dan 106.08 Bujur Timur atau berjarak 87 kilometer dari arah barat daya Kecamatan Bayah, Lebak, Banten.

Gempa terjadi pada pukul: 00.55 WIB, dan getarannya dilaporkan ​​​​​ sampai ke Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat yang berjarak 94 kilometer dari pusat gempa berdasarkan analisa sementara seismologis BMKG.

Gempa tersebut dinyatakan tidak berpotensi tsunami. Namun masyarakat diimbau waspada seraya tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya sampai hasil analisis peristiwa menyeluruh dilaporkan oleh BMKG.

Getaran gempa tercatat pada skala (MMI) III di Cianjur, Kabupaten Sukabumi, dan Kabupaten Bandung, serta skala II di Bogor dan Garut. Sejauh ini belum ada informasi tentang kerusakan bangunan akibat gempa tersebut.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home