Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 09:46 WIB | Kamis, 15 Agustus 2024

WHO Nyatakan Cacar Monyet sebagai Keadaan Darurat Kesehatan Masyarakat Global

Orang menderita cacar monyet (mpox). (Foto: dok. Ist)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM-Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada hari Rabu (14/8) menyatakan mpox (cacar monyet) sebagai keadaan darurat kesehatan masyarakat global untuk kedua kalinya dalam dua tahun. Ini menyusul merebaknya infeksi virus di Republik Demokratik Kongo yang telah menyebar ke negara-negara tetangga.

Mpox dapat menyebar melalui kontak dekat. Biasanya ringan, tetapi berakibat fatal dalam kasus yang jarang terjadi. Penyakit ini menyebabkan gejala seperti flu dan lesi berisi nanah pada tubuh.

Menetapkan wabah penyakit sebagai "keadaan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional" atau PHEIC — tingkat kewaspadaan tertinggi WHO — dapat mempercepat penelitian, pendanaan, dan tindakan kesehatan masyarakat internasional serta kerja sama untuk mengatasi penyakit.

Wabah di Kongo dimulai dengan penyebaran strain endemik, yang dikenal sebagai klade I. Namun, varian baru, klade Ib, tampaknya menyebar lebih mudah melalui kontak dekat rutin, termasuk kontak seksual.

Penyakit ini telah menyebar dari Kongo ke negara-negara tetangga, termasuk Burundi, Kenya, Rwanda, dan Uganda, yang memicu tindakan dari WHO.

"Jelas bahwa respons internasional yang terkoordinasi sangat penting untuk menghentikan wabah ini dan menyelamatkan nyawa," kata Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Awal pekan ini, badan kesehatan masyarakat tertinggi Afrika mengumumkan keadaan darurat mpox untuk benua itu setelah memperingatkan bahwa infeksi virus itu menyebar pada tingkat yang mengkhawatirkan.

Lebih dari 17.000 kasus mpox yang diduga dan 517 kematian telah dilaporkan di benua Afrika sepanjang tahun ini, peningkatan kasus sebesar 160 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, kata Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Afrika. Sebanyak 13 negara telah melaporkan kasus.

Bentuk virus mpox yang berbeda — klade IIb - menyebar secara global pada tahun 2022, sebagian besar melalui hubungan seksual di antara pria yang berhubungan seks dengan pria. Hal ini mendorong WHO untuk mengumumkan keadaan darurat kesehatan masyarakat saat itu, yang berakhir 10 bulan kemudian. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home