Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 11:56 WIB | Sabtu, 17 Juni 2023

Gempa Bumi Berkekuatan 5,9 Guncang Wilayah Tonga

Gempa berkekuatan 5,8 juga mengguncang wilayah Prancis.
Gempa bumi. (Foto ilustrasi: dok. Ist)

TONGA, SATUHARAPAN.COM-Gempa berkekuatan 5,9 skala Richter melanda wilayah dekat Tonga pada hari Sabtu, kata Survei Geologi Amerika Serikat (USGS). Pusat gempa terletak sekitar 270 km (170 mil) selatan Tonga, pada kedalaman 10 kilometer (6,2 mil), menurut USGS.

Sistem Peringatan Tsunami AS mengatakan tidak ada ancaman tsunami untuk Pantai Barat AS, British Columbia, atau Alaska setelah gempa tersebut. Biro Meteorologi Australia mengatakan tidak ada ancaman tsunami ke Australia. USGS merevisi pengukuran sebelumnya dari gempa berkekuatan 6,5.

Gempa 5,8 Mengguncang Prancis

Sementara itu, gempa bumi berkekuatan 5,8 juga melanda sebagian besar Prancis barat pada hari Jumat malam, dengan biro seismologi BCSF menyebutnya "sangat kuat" di tengah laporan kerusakan bangunan.

Menteri transisi ekologi Christophe Bechu mengatakan itu adalah "salah satu gempa terkuat yang tercatat di daratan."

Catatan AFP menunjukkan gempa bumi terakhir dengan kekuatan serupa di Prancis terjadi pada awal tahun 2000-an.

Jaringan nasional untuk pengawasan seismik RENASS mencatat gempa berkekuatan 5,3 sementara Biro Seismologi Pusat Prancis (BCSF) menempatkannya di 5,8.

Di departemen Deux-Sevres, satu orang terluka ringan dan dirawat di tempat, kata prefektur. "Serangkaian kerusakan material dilaporkan dari barat daya departemen," dengan batu jatuh dari bangunan dan retakan muncul di dinding, kata pernyataan prefektur itu.

Lebih jauh ke selatan di departemen tetangga Charente-Maritime, retakan muncul di gedung-gedung dan kabel listrik turun meninggalkan 1.100 rumah dalam kegelapan. Gempa dirasakan hingga ke Rennes di utara dan Bordeaux di barat daya.

Di kota Tours, di sungai Loire, mahasiswa hukum Lea Franke mengatakan dia sedang membaca di tempat tidurnya ketika merasakan getaran. "Saya berdiri dan seluruh apartemen berguncang ... berlangsung selama beberapa detik lalu berhenti," katanya kepada AFP. "Saya sangat ketakutan, saya tinggal di lantai tiga ... Saya pikir lantai itu akan runtuh."

Gempa bumi berkekuatan di atas lima jarang terjadi di Prancis dengan yang terakhir tercatat di bagian tenggara Drome pada 2019. (Reuters/AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home